4 Destinasi Wisata Besuki Yang Instagramabble! Cocok untuk Nongkrong Bareng Teman atau Pasangan

Halo guys, dalam kesempatan kali ini Saya bakal berbagi informasi tentang 4 destinasi wisata yang instagramable banget di daerah Besuki. Tapi, sebelum ngobrol lebih lanjut "Apakah kalian tau dimana itu besuki?"

Jika kalian melakukan pencarian di google. Kalian bakal menemukan kalau Besuki adalah sebuah kecamatan kecil yang masuk kedalam teritori kabupaten Situbondo. lalu dimana Situbondo? Meski Situbondon terkenal karena Taman Nasional Baluran, sayang masih banyak orang yang tidak tau dengan Kabupaten Situbondo.

Situbondo adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Terletak bersebelahan dengan Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa.

Destinasi Wisata Besuki
Kecamatan Besuki di Google Maps


Sejarah Keresidenan Besuki

Jika kita belajar sejarah, tentu kita akan mengenal dengan istilah keresidenan Besuki. Yups, dahulu Besuki adalah sebuah keresidenan yang bisa dibilang cukup besar. Karena wilayahnya mencakup Situbondo, Bondowoso, Jember, serta Banyuwangi.

Salah satu hal yang cukup dikenal dari Keresidenan Besuki adalah plat nomer P yang digunakan untuk kendaraan yang ada di wilayah tersebut meliputi wilayah-wilayah yang sudah disebutkan sebelumnya. Nah, segitu saja untuk pembahasan sejarah tentang Keresidenan Besuki, yuk lanjut bahas tentang 4 destinasi wisata Instagrammable di Besuki yang bisa Kalian kunjungi!

1. Pantai Dubibir

Pantai Dubibir
Potret spot foto dan destinasi wisata Pantai Dubibir Besuki / via Instagram


Pantai yang terletak di desa Ketah, kecamatan Besuki ini secara resmi dibuka pada awal tahun 2019. Meski tergolong sebagai tempat wisata yang baru dibuka, keelokan panorama alamnya tidak bisa dikesampingkan dan berhasil membuat banyak wisatawan datang berkunjung.

Secara umum, pantai yang diselimuti oleh hutan mangrove ini adalah tempat wisatayang cukup asik. Bagi kalian yang membawa anak-anak ada beberapa wahana yang bisa kalian coba. Mulai dari berkuda, quad bike, serta berbagai wahana lainnya. Tempatnya cukup instagramable dan tiket masuknya cuukup murah. 2K untuk parkir kendaraan, serta 5K untuk tiket masuknya. Selengkapnya tentang Pantai Dubibir bisa dibaca disini ya!

2.  Pantai Tamporah

Pantai Tamporah



Pantai yang satu ini bisa dibilang sebagai wisata yang sudah cukup lama dikenal. Sudah anyak media yang mengekspos tempat ini. Pantai Tamporah sendiri terletak di desa Tampora, Kalianget, Kecamatan Banyuglugur.

Untuk tiket masuknya hanya 5K saja lo gaes. Cukup murah jika dibandingkan dengan panorama yang ada di tempat tersebut. Terdapat beberapa spot foto selain pasir puti yang ada di Pantai Tampora antara lain spot foto sampan buatan yang terletak di sisi barat serta susunan karang dan bebatuan yang cukup aesthetic di bagian timur.

Selain spot foto yang cukup keren dan bagus, Pantai Tampora juga kerap dijadikan tempat berkemah karena suasana pantainya yang cukup nyaman lokasinya yang aman dan tidak ada hewan liar.

Keindahan panorama senja begitu indah lo. Jika kalian adalah pecinta sunset atau sunrise, Pantai Tamporah adalah spot yang sangat saya rekomendasikan.

3. Air Terjung Telempong

Keindahan Air Terjun Telempong


Air terjun Telempong adalah sebuah air terjun alami yang terletak di desa Telempong, Kalianget, kecamatan Banyuglugur. Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang gratis. Kita hanya perlu membayar karcis parkir sebesar 5K saja per kendaraan.

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Situbondo Yang Instagramable Banget

Untuk menuju air terjunnya kita harus berjalan kaki sekitar 4 KM untuk menuju air terjun tersebut. Tapi lelah perjalanan saya rasa akann terbayar dengan suasanaserta keindahan panorama air terjun yang satu ini.

Jika kalian berkunjung ke Air Terjun ini, saya sangat menyarankan untuk mandi atau bermain air sejenak. Selain segar, air disini rasanya sejuk banget. Dan juga jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, saya sarankan untuk menuju tempat ini bebrapa jam setelah hujan. Karena pada hari biasa debit air di air terjun ini bisa dibilang kecil. Selengkapnya tentang Air Terjun Telempong bisa dibaca disini ya!

4. Plaza Rengganis

Eksotisme pemandangan Plaza Rengganis


Nah, tempat yang satu ini bisa dibilang tempat yang cukup indah. Hamparan hijau dan indahnya pegunungan Argopuro serta Rengganis. Suasana dingin pegunungan, serta beberapa wahana yang cukup instagramable banyak terdapat di tempat ini.

Ada anjungan cinta, balkon kaca dan masih banyak spot foto instagrammable lain yang bisa kalian explore dan jelajahi. Kalau bosen bisa lanjut mendaki, tapi pastikan untuk membawa bekal dan akomodasi yang cukup yah untuk mendaki.

Plaza Rengganis sendiri terletak di pos pendakian pertama gunung Argopuro. Tepatnya berada di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang. Untuk tiket masuknya sih hanya 5K saja. Cukup murah bukan!

Oh ya, di Plaza Rengganis ini sering diadakan event-event keren lo! Seperti Event Festival Rengganis yang diadakan secara rutin setiap tahunnya. Kapan lagi bisa menikmati alunan musik nan merdu ditemani oleh suasana pegunungan yang adem nan syahdu kan!

____

Nah, itu dia 4 destinasi wisata yang saa rekomendasikan. Sudahkah ada keinginan untuk berwisata di daerah Besuki?  


11 Komentar

  1. Balasan
    1. rekomende banget mas! dan jangan lupa bawa air mminum ya kalau kesana! tempatnya agak jauh dan juga tidak ada penjual asongan disana. DAn jaga sampahnya ya! jangan buang sembarangan :)

      Hapus
  2. Wah jadi nostalgia, saya dulu punya rumah di situbondo gan. Deket koramil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih jadi iri, tempatnya penuh dengan bangunan bangunan bersejarah....

      Omong omong sekarang domisili mana mas?

      Hapus
  3. wah indah2 , jadi pingin ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mbak, siap jadi guide yang melayani dengan senang hati :)

      Hapus
  4. For next, boleh lah ke Talempong haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap,, olahraga dulu, soalnya treknya lumayan jauh nih Juga mending rame soalnya rada sepi tempatnya

      Hapus
  5. Wah cakep-cakep ya tempat wisatanya. Semoga kapan-kapan bisa melihat langsung keindahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibookmark mas, siapa tau suatu hari adakesempatan mampir nih. Boleh lah meet up serta diskusi sebenetar :)

      Hapus
  6. Ternyata di Situbondo banyak tempat wisata yang mungkin belum banyak terekspos ya. Kudu dimampirin ah kalau kapan2 lewat sana. Bekal camilan dan minuman itu harus ya, kayaknya agak sulit jajan hahaha dasar emak2 😂

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.