Thursday, November 30, 2017

3 Cara Menghasilkan Uang Lewat Tulisan Dengan Mudah

Tags

Menulis adalah suatu kegiatan yang mulia. Dengan menulis berarti kita membagi ilmu kepada yang membaca tulisan kita. Tapi menulis bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Banyak penulis yang mendapat rintangan. Mulai dari mood yang hilang, motivasi yang kocar kacir, dan berbagai rintangan yang membatasi penulis untuk terus membuahkan karya.
 
Untuk mengatasi mood yang hilang dan semangat yang kocar-kacir, terkadang penulis biasanya menuli dengan motivasi untuk mendapat uang. Memang dengan menulis kita bisa menghasilkan uang? Tentu doang. Banyak sekali cara untuk mendapatkan uang dari tulisan. Nah, berikut saya paparkan beberapa cara menghasilkan uang dengan tulisan dengan mudah.
 
Mengirim tulisan ke media masa
 
Terdapat banyak sekali media masa yang memberikan imbalan terhadap pembaca yang turut berkontribusi menyumbangkan tulisannya. Tulisan bisa berupa opini, cerita pendek, puisi dan esay. Setiap media masa pun memiliki topik dan imbalan masing-masing terhadap setiap tulisan.
 
Setiap media juga memiliki penilaian masing-masing terhadap karya yang layak dipublikasikan. Jadi, sebelum mengirim tulisan tulisan kita, pastikan tulisan kita sudah memenuhi kriteria dari media masa yang akan kita kirimi tulisan.
 
Selain itu, untuk mengirim karya ke media masa kita tidak perlu biaya. Cukup akses internet untuk mengirim tulisan via e-mail atau biaya untuk mengirim tulisan via pos ke alamat redaksi.
 
Baca juga : Jurus sederhana agar tulisan dimuat media masa

Menjadi blogger

Nah cara lain untuk mendapatkan uang dari tulisan adalah menjadi blogger. Bagaiaman caranya? Banyak blogger yang mendapat pundi rupiah dari iklan berbayar, iklan Adsense, lomba blogging, dan kerjasama promosi sebuah produk lewat blog.
 
Cara menjadi blogger pun cukup mudah, cukup dengan punya e-mail dan akses internet kita sudah bisa menjadi blogger. Sisanya bergantung kepada kreativitas kita dalam menulis dan mempromosikan blog kita.
 
Ikut lomba menulis 
Banyak sekali info lomba menulis yang bertebaran di internet. Cukup tuliskan kata kunci lomba menulis atau lomba esay maka dengan mudah kita temukan banya infonya. Lomba menulis kini biasanya memberikan hadiah yang cukup lumayan untuk juaranya.
 
Biaya regstrasi lomba menulis pun cukup terjangkau. Bahkan ada lomba yang Cuma-Cuma, alias gratis. Cukup isi formulir registasi dan kirim tulisan kita.
Nah itulah 3 cara sederhana untuk menghasilkan uang lewat tulisan. Selebihnya teruslah menulis. Karena menulis itu adalah kegiatan yang mulia. Dengan menulis berarti kita turut mencerdaskan pembaca tulisan kita 😂.
 
Sebagai catatan. Bagi agan-agan yang pesismis dengan kualitas tulisannya, teruslah mencoba. Karena menulis itu adalah skill yang bisa diasah dengan cara terus berlatih dan berlatih, berbeda dengan bakat yang sudah tertanam sejak lahir. Jadi teruslah menulis, telurkan karya dan turut serta mencerdaskan bangsa dengan tulisan.
 
Selain itu untuk semakin menambah ilmu menulis biasakan membaca. Dengan membaca kita tercerahkan dan imajinasi, pemikiran, dan ide pun akan dengan deras mengalir. Yuk, entas buta huruf dan naikkan tarafliterasi dengan membaca dan menulis.
Salam hangat dari Situbondo 😁

Artikel Terkait

4 comments

Sudah coba ketiga-tiganya..meski belum optimal hasilnya, tapi sudah bikin hati senang rasanya...
Semangaaat!

Saya baru bisa jadi blogger... itu pun belum menghasilkan uang. Hehehehee

lanjutkan mas. karena buah termanis adalah buah dari kesabaran

entah ada rasa yang membikin kita bahagia :D
suatu rasa yang tidak mudah dijelaskan :D

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon