Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini, Bekal Penting untuk Masa Depan Anak

Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini Bekal Penting untuk Masa Depan Anak

"Your world is as wide as your language"
Duniamu seluas bahasamu


Di dunia yang serba terhubung, bahasa memiliki peran penting sebagai penghubung orang-orang di seluruh belahan dunia. Dari sekian banyak bahasa, bahasa inggris menjadi bahasa yang banyak berperan dan digunakan dalam interaksi global. Hal itu membuat Bahasa Inggris berevolusi menjadi Lingua Franca (Basantara) atau bahasa penghubung antar kebudayaan dan negara.

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam dunia modern. Oleh karenanya, kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga menjadi keunggulan kompetitif di berbagai bidang.

Untuk itu, penting bagi anak-anak untuk mempelajari bahasa ini sejak dini. Lantas, apa saja manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak dan kenapa harus diajarkan sejak dini? Yuk, kita simak bareng penjelasannya berikut ini.


Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini untuk Anak


Belajar bahasa Inggris sejak dini membantu meningkatkan berbagai keterampilan dan pertumbuhan serta perkembangan anak. Aktivitas belajar bahasa Inggris bisa membantu anak menjadi lebih percaya diri, serta mampu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, lho.

Manfaat belajar bahasa inggris untuk anak

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain belajar bahasa Inggris untuk anak. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak


Kemampuan komunikasi anak dapat berkembang pesat dengan mempelajari suatu bahasa, lho. Dengan belajar Belajar bahasa Inggris sejak dini, dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa tersebut, lho.

Keterampilan itu membuka pintu bagi si Kecil untuk berkomunikasi lebih baik dengan siapa saja di masa depan.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak


Belajar bahasa Inggris sejak dini membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Ketika buah hati belajar untuk mengenal kosakata baru, memahami struktur bahasa, disaat bersamaan kemampuan kognitifnya semakin terasah.

Tidak hanya itu, mempelajari bahasa kedua seperti bahasa Inggris bisa menjadi stimulus pemikiran dan pemecahan masalah bagi si kecil. Mendorongnya memiliki kemampuan problem solving dan pemikiran kritis. Dua kemampuan itu akan sangat berguna di masa depan.

Tidak hanya itu, anak-anak yang terbiasa dengan bahasa Inggris di masa kecil cenderung lebih siap untuk mempelajari bahasa lain di masa depan. Si Kecil akan memiliki pondasi linguistik yang kuat yang dapat membantu mereka belajar bahasa-bahasa lain dengan lebih cepat.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Nalar Kritis Anak


Saat mempelajari kata-kata baru dan mengadopsi aturan tata bahasa, anak-anak secara aktif menggunakan otak dan melatih ingatan mereka. Melalui proses ini, anak akan mengembangkan dan memperkuat kemampuan berpikirnya.

Belajar bahasa Inggris sejak dini juga memungkinkan si Kecil untuk mengakses berbagai sumber informasi dalam bahasa ini. Hal ini pun dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir kritis dan menilai informasi.

4. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah


Manfaat belajar bahasa Inggris sejak dini lainnya adalah dapat membantu si kecil melatih kemampuan memecahkan masalah atau problem solving. Otak anak terus bekerja saat mereka mencoba membedakan bahasa mana yang harus diucapkan dan kapan waktu tepat mengucapkannya mendorong si kecil untuk melatih kemampuan problem solving.

Selain itu, para peneliti telah menemukan bahwa anak-anak dwibahasa (Dengan kemampuan 2 bahasa) cenderung unggul dalam perencanaan, konsentrasi, dan kemampuan kognitifnya.

Manfaat belajar bahasa inggris untuk berbagai usia
Manfaat belajar Bahasa Inggris untuk berbagai usia.(Foto: rahmankamal.com)

Kapan Waktu Terbaik Mengenalkan Bahasa Asing pada Anak?


Lalu, kapan sih waktu yang tepat untuk mengenalkan bahasa asing kepada anak? Jawabannyak ternyata cukup bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kebijakan keluarga, lingkungan budaya, dan preferensi individu.

Sejumlah penelitian juga telah mengungkapkan beberapa pandangan umum tentang kapan waktu yang baik untuk memulai belajar bahasa asing pada anak-anak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Anak-anak memiliki kemampuan alami untuk belajar bahasa sejak lahir. Sehingga, semakin awal anak mulai terpapar pada bahasa asing, semakin baik dan besar kemungkinan mereka untuk menguasainya. Hal itu bisa dilihat dari bagaimana anak dapat belajar bahasa Ibu dan dengan cepat memahaminya.
  • Sebuah penelitian oleh Harvard University terkait perkembangan anak, menunjukkan bahwa usia 18-36 bulan merupakan usia kritis dimana anak mengembangkan kemampuan bahasa merekat dengan cepat. 
  • Dalam penelitian lain, menunjukkan bahwa sejak lahir hingga usia 10 tahun adalah waktu terbaik untuk memperkenalkan bahasa baru kepada si Kecil. Karena di masa tersebut anak dapat memproses dan mempelajari bahasa baru dengan lebih cepat.
  • Selain itu, penelitian juga menunjukan bahwa language confusion” atau kebingungan bahasa (yang menyebabkan keterlambatan bicara, kebingungan, atau gangguan belajar) pada anak karena belajar dua bahasa secara bersamaan hanyalah mitos belaka. Jadi, tak perlu khawatir jika Ibu ingin mengajarkan bahasa asing pada anak sejak dini. Sebaliknya, dengan mempelajari beberapa bahasa sejak dini, kemampuan itu bisa menjadi pondasi bagi si kecil untuk mengembangkan kemampuan kebahasaan di masa depan. 

Tidak hanya itu, ketika mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal pendukung sehingga proses belajar menjadi optimal dan anak tidak merasa tertekan dalam prosesnya. 

Cobalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran menyenangkan dan relevan dengan minat mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui bermain, membaca buku, menonton film, dan berinteraksi dengan cara yang mendukung perkembangan bahasa mereka.

Selain itu, peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam memberikan dukungan dan dorongan selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah mengikutkan anak kursus bahasa inggris sejak dini seperti di Kumon Digital.

Perkembangan Teknologi Permudah Proses Pembelajaran


Belajar semakin mudah dengan teknologi

Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dan kemudahan. Salah satunya dalam belajar dan mengenal bahasa baru. Kini, untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa tidak lagi terikat dengan batasan tempat dan waktu. Kita bisa belajar, dimanapun dan kapanpun. Bahkan, kita bisa belajar Bahasa Inggris dari rumah melalui gadget dengan Kumon Connect, cara baru belajar Bahasa Inggris secara digital.

Dengan dukungan teknologi, proses pembelajaran menjadi lebih inovatif, menarik, variatif, dan tidak monoton. Pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan membuat proses pembelajaran kini tidak terikat dengan pertemuan tatap muka dan bisa dijalankan lebih efisien dimanapun dan kapanpun. 

Perkembangan teknologi juga membuat bahan ajar menjadi semakin inovatif. Tidak terpaku kepada hanya penjelasan guru di papan tulis, namun juga berkembang ke dalam berbagai media pembelajaran seperti audio, visual, dan keduanya. 

Pengalaman Belajar yang Lebih Interaktif


Teknologi membuat proses belajar makin interaktif

Kemajuan teknologi telah mendorong terciptanya pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif dan menarik. Melalui penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, dan tablet, siswa sekarang dapat mengakses sumber belajar yang beragam dan inovatif. 

Buku teks digital, media pembelajaran interaktif, dan simulator virtual adalah beberapa contoh penggunaan teknologi yang telah mengubah cara siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

Dengan bantuan teknologi, guru pun dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Audio visual, presentasi multimedia, dan video pembelajaran dapat meningkatkan daya serap siswa serta memungkinkan mereka untuk mempelajari konsep secara lebih visual dan praktis. Media pembelajaran digital juga bisa dipelajari secara berulang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami materi pembelajaran lebih mendalam.

Selain itu, teknologi juga telah menghadirkan ruang diskusi online dan platform kolaboratif, memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru di luar batas lingkungan kelas fisik. Membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel, interaktif, dan menyenangkan.

Aksebilitas dan Akses Materi yang Lebih Luas


Teknologi permudah akses pendidikan

Dalam era digital ini, aksesibilitas pendidikan telah meningkat secara signifikan. Teknologi telah membuka pintu bagi siswa yang sebelumnya terbatas oleh geografis, jarak, atau keterbatasan fisik. 

Melalui konetivitas internet, siswa sekarang dapat mengakses sumber daya pendidikan dari seluruh penjuru dunia. Mereka dapat mengambil kursus online, mengikuti webinar, atau berpartisipasi dalam diskusi online tanpa harus meninggalkan rumah.

Bagi siswa di daerah terpencil, teknologi menjadi “jembatan” penghubung mereka dengan guru dan materi belajar berkualitas. Ini menjadikan pendidikan lebih inklusif dan merata, memungkinkan para siswa untuk memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan berkualitas.

Belajar Bahasa Inggris Mudah dengan Kumon Connect



KUMON CONNECT
merupakan cara terbaru belajar Kumon secara digital, bertujuan untuk menjalin kedekatan anak-anak, orang tua, dan Pembimbing Kumon melalui komunikasi yang intens serta hubungan personal yang erat.

KUMON CONNECT adalah program belajar mandiri yang sama dengan saat mengerjakan soal menggunakan lembar kerja kertas Kumon. Cara ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan belajar, dan memacu anak-anak untuk memaksimalkan potensi mereka. Dengan KUMON CONNECT, semua yang dibutuhkan anak-anak untuk belajar ada di perangkat tablet mereka!

Siswa Kumon menulis di perangkat tablet dengan stylus pen, sama seperti saat mereka menulis di lembar kerja Kumon dengan pensil. Pembimbing Kumon dapat memantau kemajuan belajar harian siswa dan memberikan feedback untuk memotivasi atau mendukung siswanya. Orang tua juga dapat meninjau catatan belajar anak-anak mereka kapan saja dan terhubung dengan Pembimbing untuk mendukung proses belajar anak-anak mereka.

Tujuan dari Metode Kumon tetap sama, yaitu memberikan kesempatan belajar bagi setiap siswa agar mereka maju secara bertahap tanpa adanya perbedaan pembelajaran dalam proses belajarnya di Kumon.

Kumon Connect Bikin Belajar Makin Seru dan Menyenangkan


Kumon Connect Bikin Belajar Makin Seru dan Menyenangkan

Cara baru belajar bahasa inggris dengan Kumon Connect menawarkan berbagai kemudahan dan membuat proses belajar makin seru dan menyenangkan. Terdapat beberapa kelebihan dari fitur yang ditawarkan oleh Kumon Connect, antara lain:

Belajar Kapan Saja, Dimana Saja Tanpa Ribet


Belajar Kapan Saja, Dimana Saja Tanpa Ribet dengan Kumon

Semua yang dibutuhkan oleh siswa untuk belajar ada di dalam perangkat tablet mereka! Hanya butuh tablet dan stylus, siswa dapat mengakses lembar kerja mereka dengan satu ketukan layar, mengerjakan lembar kerja dengan stylus pen dan mengirimkannya ke Pembimbing di mana saja dan kapan saja.

Optimalkan Potensi Belajar



Catatan belajar digital dibuat berdasarkan lembar kerja yang telah diselesaikan oleh siswa dan digunakan oleh Pembimbing untuk mengamati kondisi belajar, kemampuan, dan perkembangan mereka. Ini dapat membuka kesempatan dalam mengoptimalkan potensi belajar siswa.

Akses dan Evaluasi Kemajuan Belajar yang Mudah


Akses dan Evaluasi Kemajuan Belajar yang Mudah di Kumon Connect

Siswa dan orang tua dapat dengan mudah mengakses dan meninjau catatan belajarnya, seperti nilai, waktu, dan kemajuan belajar mereka melalui perangkat tablet. Siswa dapat mengakses riwayat belajar mereka hanya dengan satu klik, melihat seberapa cepat dan akurat hasil pembelajarannya. Pada saat yang sama, teknologi ini juga memudahkan orang tua untuk mengapresiasi pencapaian anak-anak mereka.

Dapatkan Pengalaman Berharga


Orang tua dapat mengakses informasi berharga yang dibuat oleh Pembimbing Kumon mengenai kondisi belajar anak-anak mereka, baik di kelas maupun di rumah. Melalui KUMON CONNECT, orang tua dapat memahami rutinitas dan konsistensi belajar anak-anak mereka serta mengetahui dengan tepat seberapa baik kemajuan belajar anak-anak mereka setiap hari. 

Dengan teknologi ini, Pembimbing dapat menyesuaikan rencana belajar siswa dengan segera untuk membantu siswa belajar secara konsisten dan efisien.

Selain itu, metode belajar unik dan berbeda dari Kumon dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan setiap anak, yang memungkinkan anak maju selangkah demi selangkah untuk mencapai target. Lalu, apasih yang membuat metode Kumon unik dan berbeda? Berikut penjelasannya:

  1. Mengembangkan kemampuan motorik. Kumon memahami pentingnya kemampuan motorik yang dapat menggali potensi anak, dan Program Keterampilan memegang pensil dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis anak. Latihan dapat mengembangkan kemampuan anak secara bertahap mulai dari mewarnai gambar dengan pensil krayon hingga menarik garis sederhana dan kompleks yang membutuhkan konsentrasi.
  2. Menanamkan kemampuan dan keterampilan akademik. Di Kumon, anak belajar konsep membaca dan matematika. Berdasarkan pada kemampuannya masing-masing, siswa usia dini yang belajar matematika di Kumon akan belajar berhitung, membaca, menebalkan dan menulis angka. Sedangkan anak yang belajar bahasa Inggris di Kumon akan belajar mengucapkan kata, frasa, dan kalimat singkat, serta menebalkan dan menulis huruf alfabet.
  3. Menumbuhkan Sikap Belajar yang Baik. Pada dasarnya, anak-anak senang belajar dan lembar kerja Kumon disusun semenarik mungkin agar anak tetap belajar dan semangat. Peran Pembimbing Kumon dan asisten, serta orang tua siswa Kumon dapat membantu mendukung minat belajar anak dengan memberikan pujian dan apresiasi atas sekecil apapun pencapaian anak.

Serunya Les Bahasa Inggris Anak di Kumon


Serunya belajar bahasa inggris di Kumon
Tenaga pengajar di Kumon memberikan pembelajaran maksimal dan optimal sehingga anak dapat mencapai target belajarnya.(Foto: Kumon Indonesia)

Belajar bahasa Inggris makin seru dengan metode Kumon. Metode Kumon bertujuan agar siswa belajar melampaui tingkatan kelasnya melalui pembelajaran mandiri dan maju ke bahan pelajaran SMA sedini mungkin.

Ketika belajar pada “tingkatan yang tepat”, siswa berpikir dan menyelesaikan sendiri soal-soalnya. Ketika menemui kesulitan, mereka akan melihat petunjuk dan contoh soal yang terdapat di lembar kerja serta menemukan sendiri cara mengerjakannya. Dengan belajar pada “tingkatan yang tepat” secara berkelanjutan, siswa akan mengembangkan kemampuan untuk belajar sendiri atau yang dikenal di Kumon sebagai “belajar mandiri”.

Siswa kemudian menggunakan kemampuan belajar mandiri tersebut untuk maju dengan kemampuannya sendiri melampaui tingkatan kelasnya ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih sulit.

Karena itu, belajar dengan Kumon memungkinkan siswa untuk maju ke materi pelajaran SMA sedini mungkin. Melalui pembelajaran itu, Kumon adalah tempat terbaik untuk Les Bahasa Inggris Anak.

Salah satu program belajar bahasa Inggris unggulan dari Kumon adalah English as a Foreign Language atau Kumon EFL yang menekankan pentingnya siswa bisa menikmati membaca dalam bahasa Inggris. Hal tersebut merupakan langkah pertama dalam mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris yang merupakan dasar dari program ini.

Keunggulan Program Bahasa Inggris Kumon (EFL)


Siswa belajar Bahasa Inggris dengan Metode Kumon.(Foto: Kumon Indonesia)

Kumon EFL (English as a Foreign Language) adalah program belajar Bahasa Inggris yang disusun untuk siswa yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, sehingga siswa bisa memperoleh kemampuan bahasa Inggris yang baik walaupun tidak berada di lingkungan berbahasa Inggris. 

Kumon EFL bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam pemahaman bacaan bahasa Inggris tingkat tinggi. Oleh karena itu, program Kumon EFL (Bahasa Inggris), siswa didorong untuk bisa memahami bacaan, meningkatkan kemampuan mendengar, dan memahami ekspresi dalam Bahasa Inggris dengan banyak berlatih membaca, menulis, dan mendengarkan suara berbahasa Inggris.

Penggunaan suara di Kumon EFL ditampilkan melalui audio dari native speaker. Audio ini harus didengarkan siswa setiap kali mengerjakan lembar kerja. Selain itu, pada saat mengerjakan lembar kerja Kumon EFL siswa berlatih membaca bersuara, serta menulis sambil mengamati gambar atau ekspresi. Kegiatan ini dilakukan siswa setiap hari yang membuat siswa bisa mengingat dan memahami bacaan dan ekspresi Bahasa Inggris.

Kemampuan pemahaman bacaan yang tinggi merupakan hal yang mendasar, tidak hanya untuk mata pelajaran bahasa Inggris, namun juga untuk mata pelajaran lainnya di sekolah. Selain EFL, terdapat juga program bahasa inggris untuk penutur asli (EE). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan dan membangkitkan minat baca pada siswa, yang akan membuat siswa mampu membaca dengan tema yang luas dan dengan percaya diri.

Program EE dimulai dengan memperkaya kosakata siswa dan membentuk kemampuan membaca dasar. Selanjutnya, siswa akan mempelajari struktur kalimat, pengembangan paragraf, membuat ringkasan, dan membaca secara kritis.

Manfaat dan Kelebihan Program Kumon



Meningkatkan Kepercayaan Diri


Dengan metode belajar secara mandiri dan perseorangan, kami memastikan setiap anak belajar pada tingkatan yang tepat sesuai dengan kemampuannya. Ini berarti, anak Anda dapat maju melampaui tingkatan kelasnya melalui bahan pelajaran Kumon yang dirancang dengan saksama dan dapat digunakan untuk siswa prasekolah hingga perguruan tinggi.

Siswa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasai suatu materi tidak akan merasa tertekan, sementara siswa unggul dapat diberikan materi yang lebih sulit sebagai tantangan baginya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri setiap anak karena mereka mengetahui bahwa mereka terus berkembang dengan kemajuan yang sesuai dengan kemampuan belajar mereka.


Membentuk Kemandirian


Lembar kerja Kumon dirancang untuk membentuk kebiasaan belajar secara mandiri. Siswa dibimbing untuk mengerjakan soal-soal secara mandiri.

Setiap lembar kerja Kumon dilengkapi dengan contoh soal dan penjelasan yang diperlukan untuk mendorong siswa berpikir dan menjawab soal-soal secara mandiri. Menyelesaikan soal-soal dengan kemampuan sendiri membuat siswa belajar bagaimana menentukan target dan menyelesaikan soal-soal yang belum pernah ditemuinya sebelumnya. Ini akan menumbuhkan kemandirian dan kegigihan pada diri siswa.


Mendapatkan “LIFE SKILLS”


Tidak hanya dunia akademis, pengembangan life skills yang penting juga didapatkan melalui Metode Kumon.

Pada diri siswa terbentuk kemampuan-kemampuan seperti disiplin, manajemen waktu yang baik, percaya diri terhadap kemampuan diri, dan tekad untuk menghadapi tantangan.

Kumon melakukan pendekatan pendidikan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi masa depan, memastikan mereka unggul di kelas, dan memiliki life skills yang penting untuk meraih impian dan cita-cita mereka.

17 Komentar

  1. Wah, zaman now belajar bahasa Inggris sedini mungkin sudah menjadi kewajiban ya. Bagus nih Metode Kumon ga hanya memberikan pelajaran bahasa saja melainkan juga life skills-nya dapat. Belajar secara face to face maupun digital atau online bagus semua. Yang penting hasilnya bisa dicapai secara optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan. Salah satunya dalam belajar dan mengembangkan kemampuan kebahasaan seperti lewat Kumon Connect

      Hapus
    2. Mampu berkomunikasi dalam bahasa INggris juga dapat membuat anak makin percaya diri. Bersosialisasi dengan baik dan tentunya demi masa depan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Jadi memang sudah sepatutnya bahasa Inggris dikuasai.

      Hapus
  2. Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu bekal penting untuk masa depan anak. Kemampuan ini membuka berbagai peluang bagi mereka untuk meraih kesuksesan di berbagai bidang, seperti pendidikan, pekerjaan, dan pergaulan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mulai mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Bekal ilmu adalah bekal penting yang harus diberikan orang tua agar anak dapat bertumbuh dengan optimal dan baik. Salah satu keilmuan yang memiliki banyak manfaat adalah kemampuan kebahasaan yang bisa membantu banyak di bidang pekerjaan, pendidikan, dan bahkan pergaulan.

      Hapus
  3. Belajar bahasa inggris saat masih usia kanak-kanak memang cepet sekali nangkepnya.. gak sedikit anak-anak balita di Indonesia yang bisa berbahasa Inggris dengan fasih

    BalasHapus
  4. Sekarang bisa kursus bahasa Inggris juga di Kumon. Saya baru tau, nih. Tadinya taunya hanya tempat kursus matematika. Udah punya nama bagus sih kalau Kumon.

    BalasHapus
  5. Sekarang ini memang bahasa Inggris jadi hal penting, apalagi ketika tujuan kita mendunia.

    Belajar bahasa Inggris dari kecil sangat mempengaruhi tumbuh kembang bahasa anak. Tinggal orangtua pintar2 memilih mana bahasa yang mau ditonjolkan penggunaannya.

    BalasHapus
  6. Setuju sekali! Belajar bahasa Inggris sejak dini sangat bermanfaat untuk meraih kesuksesan di masa depan.

    BalasHapus
  7. Oh rupanya sekadar mitos ya, mengenai adanya kebingungan anak bila belajar multibahasa. Masuk akal sekali sebenarnya. Kenyataannya 'kan mayoritas orang tumbuh dengan minimal 2 bahasa. Bahasa ibu dan bahasa tempat dia tinggal.

    BalasHapus
  8. Lagian bahasa itu kalau udah bisa gak berat bawanya, banyak banget manfaatnya. Kuncinya sih ortu atau lingkungan keluarga karena bahasa itu kan perlu praktek sehari-hari jadi dukungan ortu dan keluarga untuk dukung anak belajar atau ngobrol dengan bahasa asing ini diperlukan banget

    BalasHapus
  9. Aku baca tulisan ini sampai selesai, awalnya penasaran dengan caption pak Sukarno, lalu baca dan baca lagi tidak terasa sudah di penutup. Hihihi, dan ternyata sehebat itu Kumon ya, melatih anak mandiri belajar sesuai kemampuan anak.

    BalasHapus
  10. Untuk bisa beradaptasi di era globalisasi, memang penting sekali untuk menguasai Bahasa Inggris yaa...
    Dan kemajuan teknologi telah mendorong terciptanya pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif dan menarik seperti belajar bahasa Inggris bersama Kumon.

    BalasHapus
  11. Berkembangnya teknologi memudahkan kita untuk dapat belajar bahasa Inggris, terlebih untuk gen Alpha sekarang, di mana akses informasi mereke cepat dan mudah. Sayangnya, itu bukan jaminan mereka bisa mendapatkan pembelajaran sistematis. Butuh lembaga khusus yang bisa memandu mereka. Kumon, jelas adalah solusi terbaik

    BalasHapus
  12. semakin cepat anak belajar bahasa Inggris, akan lebih bagus sih karena mereka akan terbiasa dan menjadi bisa, secara bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu dunia yang akan menjadi modal anak di masa depan bahkan sekarang pun juga sudah penting banget anak untuk tahu dan bisa bahasa Inggris. Keren ya sistem belajar di Kumon.

    BalasHapus
  13. Nice info kak. Makasih sudah sharing.

    Saya memang lagi cari info untuk les bahasa inggris buat adik saya

    BalasHapus
  14. Bener banget sih ini, di era persaingan global yang ketat ini, mengajarkan anak bahasa inggris pasti bakal bermanfaat banget buat masa depannya.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.