White Space : Elemen Penting yang Sering Dilupakan

Selamat pagi semuanya 🙌🥳 Semoga Kalian selalu sehat dan beraktivitas dengan lancar.

Pernah dengar tentang White space kah sebelumnya? atau belum pernah sama sekali? hayoo, ngaku nih. Siapa yang sudah tau dan siapa yang belum? hehe

Nah, sebelum berbincang lebih lanjut, mungkin Kita bahas tentang apasih white space itu terlebih dahulu ya! Lalu Kita lanjut ngobrol yang lain setelahnya 🥳
Ilustrasi White Space via https://happybeansdesign.com/



Apa itu White Space?

Kalo katanya wikipedia, White Space itu adalah :

"In page layout, illustration and sculpture, white space is often referred to as negative space. It is the portion of a page left unmarked: margins, gutters, and space between columns, lines of type, graphics, figures, or objects drawn or depicted. The term arises from graphic design practice, where printing processes generally use white paper. White space should not be considered merely "blank" space — it is an important element of design which enables the objects in it to exist at all; the balance between positive (or non-white) and the use of negative spaces is key to aesthetic composition. Inexpert use of white space, however, can make a page appear incomplete." - Wikipedia (Whte Space)


Arti kasarnya tuh begini "Dalam tata letak halaman, ilustrasi dan pahatan, ruang putih (white space) sering disebut sebagai ruang negatif (negative space). Ini adalah bagian dari halaman yang dibiarkan tanpa tanda: margin, talangan, dan spasi di antara kolom, jenis baris, grafik, gambar, atau objek yang digambar atau digambarkan. Istilah tersebut muncul dari praktik desain grafis, dimana proses pencetakan umumnya menggunakan kertas putih. Ruang putih tidak boleh dianggap hanya sebagai ruang "kosong" — itu adalah elemen penting desain yang memungkinkan objek di dalamnya ada sama sekali; keseimbangan antara positif (atau non-putih) dan penggunaan ruang negatif adalah kunci komposisi estetika. Namun, penggunaan ruang putih yang tidak ahli dapat membuat halaman tampak tidak lengkap.

Secara sederhana, White space adalah salah satu elemen dalam desain grafis dan kegiatan seni visual lainnya yang sering kali disepelekan. Proporsi white space yang baik akan memberikan keseimbangan dalam sebuah desain maupun karya visual lain. Sebaliknya, white space yang terlalu sedikit juga akan memberikan kesan yang terlalu menumpuk dan padat sehingga tidak ada jeda untuk bernafas -mata yang bernafas setelah mencerna informasi visual dari sebuah gambar, poster ataupun media grafis lainnya-.

Sedangkan itu, White Space yang terlalu banyak juga tidak baik karena membuat sebuah gambar nampak kurang lengkap dan kosong. Oleh karenanya White space merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam desain grafis. Kehadirannya dapat memberikan kestabilan dan keseimbangan jika digunakan dengan baik dan proporsional.

Sampai sini sudah paham kan apa itu White Space?

Lalu, kenapa Kita membahas tentang White Space dalam tulisan ini? Karena meski mempunya dampak yang sangat penting (White Space) terkadang dilupakan. Tidak hanya dalam desain, namun juga dalam kehidupan sehari-hari

  • Kita terlalu fokus kepada duniawi sampai lupa kepada urusan Ilahi dan nurani
  • Kita terlalu fokus kepada obesesi sampai lupa kepada batasan dan kemampuan diri. Hasilnya, lelah dan letih kemudian pasrah.
  • Kita terlalu fokus kepada diri sendiri, akhirnya lupa kalau Kita ini punya dan butuh orang lain. tidak semuanya bisa dihandle dan diselesaikan sendiria, acapkali ada saatnya Kita harus berbagi beban dan menyelesaikan sebuah masalah bersama.

Sama seperti white space, beberapa hal dalam kehidupan sering kali Kita lupakan. Padahal eksistensinya sangat penting untuk menyeimbangkan dan memberikan Kita rasa nyaman. Berbagi, berterima kasih, meminta tolong, tersenyum, bersyukur atas hari ini serta hal lainnya. Hal-hal sederhana seperti white space dalam desain. Sederhana, mudah dilakukan, namun sering dilupakan.


Segala sesuatu dalam hidup itu berimbang. Saat Kita sudah lelah bekerja, maka taruhlah white space dalam kesibukan kerja Kita. Liburan sejenak untuk melepas penat bisa dilakukan untuk kembali mengisi ulang tenaga dan semangat setelah pekan kerja yang panjang nan berat.

  • Sisihkanlah istirahat dan liburan di tengah jadwal kerja yang begitu padat
  • Sisihkanlah urusan Ilahiah dalam kepadatan urusan duniawi yang tak kunjung usai
  • Sisipkan canda dan tawa dalam setiap pekerjaan serius yang menguras tenaga dan emosi

Sisipkanlah sedikit ruang untuk bernafas, sedikit celah untuk meregangkan badan, sedikit momen untuk menyegarkan pikiran. Apresiasi kecil untuk setiap perjuangan, makan enak atas sebuah pencapaian serta hal-hal sederhana lain sebagai apresiasi adalah contoh penerapan white space dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting untuk diletakkan dalam kehidupan Kita.

Beri hidup kita ruang, beri hidup Kita waktu untuk istirahat. Jangan terlalu ngoyo, santai namun pasti. Sehat selalu dan terus berkreasi semuanya 🙌🥳

____
Celoteh lain tentang dunia per-desain-an bisa dibaca disini

____

Sumber gambar :
https://unsplash.com/photos/UOwvwZ9Dy6w
Rujukan :
https://happybeansdesign.com/white-space-and-why-its-okay/









Posting Komentar

3 Komentar

  1. keren mas, analogi white space dgn kehidupan ruhani kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bang Bede, awalnya terinspirasi saat mengerjakan sebuah desain. Dipikir-pikir kok ya nyambung sama kehidupan sehari-hari. Yaudah tulis aja biar bermanfaat

      Terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  2. bener bangettt apresiasi kecil untuk setiap perjuangan, self reward <3

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)