Breaking

Pentingkah Vaksin Untuk Orang Dewasa? - Mengenal Vaksin, Jenis dan Manfaatnya

Pentingkah Vaksin Untuk Orang Dewasa? - Mengenal Vaksin, Jenis dan Manfaatnya


Ketika mendengar kata vaksin hal pertama yang mungkin familiar adalah Vaksin untuk anak-anak. Yups, berbagai macam vaksin yang diberikan kepada anak-anak mulai dari kecil sampai ke sekolah dasar dan sekolah menengah. Hal itu memang benar, tapi perlu kita ketahui, vaksin itu ternyata ada banyak macamnya lo!

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga kini sudah tersedia vaksin untuk lebih dari 25 penyakit. Cukup banyak bukan, selain itu perlu diketaui bahwa vaksin itu tidak terbatas hanya untuk anak anak semata, orang dewasa juga bisa dan dalam beberapa kondisi memerlukan vaksin untuk daya tahan tubuhnya.

Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya kalau kita mengenal lebih jauh tentang vaksin, kegunaan dan bagaimana mekanisme vaksin menjaga dan menguatkan tubuh kita

Apa itu Vaksin?

Mengutip dari wikipedia Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin (imunisasi) dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit - penyakit tertentu.

Lalu, bagaimana sih sebuah vaksin bisa menangkal penyakit atau virus? Wait!!! sebelum itu, mari kita pahami dulu kenapa tubuh kita butuh vaksindan bagaimana vaksin berkeja menjaga daya tahan tubuh kita!

Vaksinasi itu bagaikan kita memberikan kursus atau pelatihan bagi daya tahan tubuh. Dilansir dari Live Science, vaksin bekerja dengan cara mempersiapkan tubuh untuk melawan suatu penyakit. Saat virus atau bakteri memasuki tubuh, sel-sel daya tahan tubuh yang bernama limfosit akan secara alami merespons keberadaan virus dan bakteri dengan memproduksi antibodi. Antibodi sendiri adalah sebuah molekul protein yang digunakan tubuh melawan penyerang (antigen) dan melindungi tubuh agar tidak ada infeksi lanjutan akibat dari virus dan bakteri. 

Bagaimana Vaksin bekerja menjaga daya tahan tubuh

Dalam kondisi sehat, seseorang bisa menghasilkan jutaan antibodi setiap harinya. Kemampuan produksi antibodi inilah yang membuat orang sehat bisa melawan infeksi saat terpapar antigen (Virus/bakteri). Sayangnya, saat menghadapi serangan virus atau bakteri baru, tubuh butuh beberapa hari untuk meningkatkan respons antibodi. Beberapa jenis virus atau bakteri seperti campak, batuk rejan, atau corona biang Covid-19, jeda beberapa hari ini terlalu lama. Bagi orang yang tidak sehat, infeksi bisa menyebar ke berbagai organ vital dan berdampak fatal sebelum sistem daya tahan tubuhnya mampu melawan. Di situlah vaksin berperan.

Jenis-Jenis Vaksin

Secara umum, vaksin terbagi kedalam 2 macam jenis vaksin. Kedua vaksin ini dibedakan sesuai dengan manfaat dan kandungannya, diantaranya :

Vaksin Hidup

Vaksin hidup adalah vaksin yang mengandung virus atau bakteri yang dibiarkan hidup/tidak dubunuh, virus atau bakteri hanya dilemahkan saja. Vaksin jenis ini akan memberikan kekebalan tubuh yang lebih kuat.


Vaksin Mati

Kebalikan dari sebelumnya yakni vaksin hidup, vaksin jenis ini memiliki bakteri yang telah dimatikan dengan suhu panas. Namun, jenis ini cenderung memberikan kekebalan tubuh yang lemah.

Di Indonesia, ada banyak jenis vaksin yang di anjurkan kepada masyarakatnya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Polio, untuk mencegah poliomyelitis. Vaksin ini biasanya diberikan pada anak-anak sebanyak 4 kali mulai dari usia 0-4 bulan.
  • Campak, untuk mecegah campak dan biasanya diberikan pada anak-anak yang sudah berusia 9 bulan.
  • Hepatitis B, vaksin ini untuk mencegah hepatitis b dan diberikan dengan takaran yang disesuaikan dengan usia anak.
  • BCG, vaksin jenis ini akan diberikan untuk mecegah penyakit tuberkulosis dan diberikan pada anak usia 0-2 bulan.
  • TT, yang satu ini berguna untuk mencegah tetanus ataupun neunatal tetanus.

Vaksin Untuk orang dewasa


Vaksin tidak hanya sebatas diberikan kepada anak-anak. Ada banyak macam vaksin yang juga bisa diberikan kepada orang dewasa. Contoh yang mudah adalah vaksin yang ditujukan untuk memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu, ada juga Vaksin TT yang biasanya diberikan kepada pasangan yang akan menikah.

Nah lo, kenapa orang mau nikah harus divaksin? Suntik tetanus, atau yang juga dikenal dengan istilah “imunisasi TT”, merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk menekan angka terjadinya penyakit tetanus. Latar belakang dari diperlukannya vaksinasi ini bagi pasangan yang akan menikah adalah dari banyaknya ibu yang melakukan persalinan di dukun beranak, pada masa lalu. 

Resiko ini muncul karena budaya melahirkan melalui dukun beranak di masa lalu yang tidak sesuai dengan proseedur medis, terutama dalam penggunaan alat-alat untuk melahirkan yang tidak steril dan kadang berkarat. Hal ini menimbulkan resiko tetanus pada sang wanita dan bayi yang dikandungnya kelak. Risiko ini kemungkinan besar akan dirasakan oleh wanita yang menjalani proses persalinan dengan bantuan dukun beranak atau dengan peralatan seadanya karena kondisi darurat. Berangkat dari hal tersebut, tentu pemberian vaksin TT kepada pasangan yang akan menikah terutama pasangan wanita sangatlah penting. 

Selain penting bagi pasangan yang akan menikah, vaksinasi juga penting bagi orang dewasa yang memiliki kondisi tubuh dan daya tahan tubuh yang lemah. Terlebih di tengah kondisi pandemi ini yang membuat kita penuh dengan keterbatasan. Menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan adalah hal yang mutlak.

Dimana Bisa Mendapatkan Vaksin?

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, kita dapat dengan mudah mencari lokasi dan jasa vaksinasi yang tentunya sudah bersertifikat dan diberi ijin oleh instansi medis. Mari sebut kalian sedang ada di Yogyakarta. Kalian bisa dengan mudah mencari Vaksin Yogyakarta di aplikasi Halodoc


Cari Tempat Vaksin Yogyakarta
Tampilan menu pencarian tempat vaksi Yogyakarta di Halodoc

Dengan menggunakaan aplikasi Halodoc, kalian bisa dengan mudah dan fleksibel melakukan reservasi pengobatan dan konsultasi dengan banyak pilihan tempat dan dokter yang tersedia. Dengan registrasi yang cukup mudah serta tampilan interface yang cukup ramah pengguna kita sebagai pengguna baru sekalipun tidak akan mengalami kendala berarti.

Saat membuat reservasi kalian bisa menentukan apakah kalian ingin memeriksakan kondisi pribadi atau anggota keluarga lainnya. Setelah itu kalian akan diminta mengisi data pasien yang akan melakukan perawatan lalu reservasi pun selesai dilakukan. Kalian tinggal datang ke tempat yang ditentukan sesuai dengan jadwal reservasi yang telah kalian pesan. Cukup mudah bukan.

Sudah tau kan apa itu vaksin dan apa saja kegunaan serta macamnya! Selalu jaga kesehatan kalian semua ya 😁😊 

Stay healty and keep creative!




6 komentar:

  1. Baru tahu bro..ternyata sdh byk vaksin utk 25 penyakit...Congrat bro..salam dari Banjarmasin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups... Itu menurut data dari WHO ternyata sejauh ini sudah ada 25 vaksin yang dikhususkan untuk penyakit tertentu

      Salam hangat dari Situbondo ☺

      Hapus
  2. Ternyata untuk mendapatkan vaksin di jaman sekarang ini mudah banget ya bang. Melalui aplikasi sudah bisa janjian dengan dokter dan dapat vaksin. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, sekarang semuanya jadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi bro

      Hapus
  3. Wah.artikel yang bermanfaat, ternyata zaman sekarang tidak sulit untuk mendapatkan vaksin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups mas, sekarang jadi mudah banget buat dapetin Vaksin

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.