Breaking

Sudahkah Kalian Memandikan si Kucing? Yuk Simak Kiat dan Tips Memandikan Kucing Dengan Baik dan Benar


 Kiat dan Tips Memandikan Kucing Dengan Baik dan Benar

Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Selain imut, perawatannya pun cukup mudah dan tidak memakan banyak biaya. Selain itu, kucing merupakan hewan peliharaan yang bisa dibilang mudah diatur dan tidak liar.

Selain mudah dirawat dan bisa diberi makan dengan banya macam, selain tentunya makanan khusus kucing, sering kali aku juga menemukan kucing yang diberi makan ikan laut dan tumbuh sehat. Selain dari kemudahan tersebut, banyak pula yang memelihara kucing karena kucing sudah terbukti dan berguna untuk mengusir tikus. Hama yang sangat dibenci dan kadang banyak ditemukan di rumah-rumah.

Fakta yang menyebutkan bahwa kucing bisa mengusir tikus dikuatkan dengan bukti sejarah yang menyebutkan bahwa  Sejak tahun 3.500 sebelum masehi orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus dari rumah.

Tapi, meskipun merawat kucing adalah hal yang mudah, perlu diingat bahwa kucing adalah hewann yang dikenal tidak suka dengan air. Orang-orang yang memelihara kucing mungkin sering bertanya, boleh nggak sih memandikan seekor kucing?

Memandikan kucing pada dasarnya boleh, namun perlu diingat bahwa sifat alamiah kucing yang tidak suka air membuat memandikan kucing perlu dilakukan dengan hati-hati dan beberapa tindakan lain. Hal ini tentu agar kucing tidak melawan yang akhirnya bisa membuat si kucing mencakar secara membabi buta, atau membuat si kucing mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun secara alami kucing membersihkan diri dengan cara menjilati sekujur tubuhnya , namun sebagai hewan peliharaan, memandikan kucing diperlukan dikala kucing sedang dalam keadaan atau kondisi yang cukup kotor. Sebut saja saat kucing terkena lumpur atau kubangan air yang kotor, cakarnya terkena cairan yang lengket, serta beberapa hal lain yang membuat kucing perlu dimandikan secara menyeluruh. Selain untuk membersihkan kucing, memandikan kucing juga berguna untuk menjaga kesehatan serta bulu kucing itu sendiri.

Berikut, beberapa hal terkait tips dan kiat memandikan kucing yang baik dan benar yang aku harap dapat bermanfaat buat kalian yang memelihara atau punya rencana untuk memelihara kucing di rumah kalian. Langsung aja yuk bahas selengkapnya!

Kapan Saat yang Tepat Untuk Memandikan Kucing?

Waktu terbaik memandikan kucing adalah saat mereka dalam kondisi tenang dan mengantuk, misalnya setelah makan. Hal ini untuk meminimalisir penolakan dari Kucing sehingga proses memandikan kucing bisa selesai dengan cepat dan kucing pun tidak meronta-ronta saat dimandikan.

Cara Memandikan Kucing yang Benar

Berikut beberapa tatacara memandikan kucing yang baik dan benar yang udah kurangkum dari beberapa sumber

  • Sikat bulu kucing terlebih dahulu sebelum dimandikan. Dengan menyikat terlebih dahulu, bulu kucing jadi tidak kusut sehingga proses memandikan akan lebih mudah kemudian.
  • Letakkan kucing di dalam wadah dengan ukuran yang cukup besar. Pastikan kucing Kalian sedang dalam kondisi tenang. Beri mainan dan usap kucing untuk membuatnya merasa nyaman dan santai. Biar tidak nyakar-nyakar gitu πŸ˜‚πŸ˜
  • Masukkan air perlahan ke dalam ember. Pastikan suhu air telah sesuai. Tambahkan shampoo dengan formulasi khusus untuk kucing.
  • Gosok kucing Anda dengan lembut dan perlahan. Pastikan bagian mata dan telinga kucing tidak terkena air. Kucurkan air dari bagian kepala supaya air mengalir turun ke tubuh bagian bawah.
  • Setelah selesai dimandikan, keringkan kucing. Bisa dengan handuk atau dianginkan dengan blower.


Kalo kucingnya takut sama air?

Tenang, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika kucing peliharaan kalian takut dengan air. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika kucing peliharaan kalian benar-benar takut dengan air

  • Mandikan kucing kalian secara perlahan karena jika terburu-buru, kucing akan menjadi stress.
  • Berbicaralah dengan kucing Anda selama proses memandikan. Meow, meong meong….πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚
  • Usap tubuh kucing terus menerus.
  • Cobalah mengasosiasikan saat mandi dengan mainan kesukaan kucing. Pengandaiannya sih seperti mandiin adek/ponakan dengan embel-embel mainan bebek atau semacamnya gitu 😁


Selama proses memandikan kucing pun cukup mudah, mungkin hanya bagian telinga kucing yang perlu diberi perhatian. Gunakan juga pembersih khusus kucing agar bulu kucing tidak rusak dan kucing merasa nyaman saat dimandikan.

Seusai memandikan kucing, jangan lupa pula untuk membersihkan tempat mandi yang dipakai untuk memandikan si kucing ya! Agar bersih dan tidak kotor tentunya!

Itu dia beberapa tips perihal memandikan kucing yang bisa aku share ke kalian! Semoga bisa bermanfaat buat yang melihara kucing atau lagi pengen melihara kucing dirumahnya ya! Sekian untuk tulisan ini, sampai jumpa di tulisan yang lain.

Im Rahman, and  till next time…
____
Sumber tulisan :
https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/cara-memandikan-kucing.html
Sumber gambar :
Photo by Mikhail Vasilyev on Unsplash



20 komentar:

  1. betul semua tuh mas! wah kucing emang asik terlebih manja sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkah gemesnya tuh, gk ada obat penawarnya mas :D

      Hapus
  2. Saya pernah mandiin kucing, dan itu penuh perjuangan banget. Karena kucingnya takut sama air. Alhasil kena cakar sana-sini....πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang butuh perjuangan banget kalo si kucing tipe yang gak doyan sama sekali sama air, tapi kalo dibiasakan dan rutin dimandikan, akhirnya kucingnya bakal lunak juga kok! akhirnya ndak meronta-ronta lagi kalau dimandikan

      Hapus
  3. Ya ampun, jadi ingat dulu suka mandiin kucing, pakai air dingin, dikasih shampo, terus kucingnya gemetaran, ckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa dikeringkan ya mbak, jangan dibiarin basah, kasian :D

      Hapus
  4. kalau kucing di rumah saya sih ya mas itu kalau di mandiin, jadinya mandi semua ama yang mandiin, soalnya kucing nya galak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, majikannya kena juga dong ujung-ujungnya. Tapi setidaknya sama sama bersih pada akhirnya, kucingnya bersih, majikannya juga bersih :D

      Hapus
  5. Wah bagus juga ya, saya lagi jarang mandiin kucing nih, kalau Sabtu cerah saya coba yak sarannya hehehe. Ini saya mas yang dari froteast

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cerah ya mas, soalnya akhir" ini sering mendung terus

      Hapus
  6. Memandikan kucing??

    Aku kalo ada kucing malah kubuang karena suka buang kotoran sembarangan, ya di dapur, di kamar tidur, ya di ruang tamu. Semuanya jadi bau kotoran.

    Jadi daripada marah terus sama kucing mending aku buang saja kang.

    Maafkan ya puss...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehe, dulu awalnya saya juga gitu, tapi akhirnya nyoba buat ngelatih kucing biar buang kotoran gak semabrangan. Hasilnya pun nyaman, si kucing kini jarang ngambeg deh

      Hapus
  7. Aku ada berapa ekor kucing dirumah dan sepertinya cara diatas bisa dicoba agar kucing senantiasa sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo, coba aja diterapkan, semoga bermanfaat ya :D

      Hapus
  8. Aku ga pernah punya kucing sih, tapi aku selalu suka nonton kucing di yt. Dan di saat mandinya ituloh, perlu perhatian banget, tricky, pake air hangat dan kucing nya selalu diajak ngobrol yg aku lihat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kadang ada kucing yang rada bersahabat dengan air, ada yang anti banget juga. Tinggal nyesuaikan aja dan bikin kucing nyaman saat dimmandikan, agar gak main cakar-cakar an aja :D

      Hapus
  9. Saya punya kucing liar. Sama air takut sekali.
    Jadi jarang mandi deh, kalau mau dimandiin, sudah kabur duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha, kalau jenis kucing liar memang amat susah kalau mau dimandikan mas. Perlu banyak perjuangan dan perhatian untuk jenis kucing yang satu ini

      Hapus
  10. Halo, jadi ingat zaman masih remaja dulu. AKu juga punya kucing sampai 13 ekor loh. Cara memandikan mereka ya diguruy aja di kamar mandi. Meong2 sih tapi lama2 diem juga karena terbiasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya doang yang susah ya, namun kemudian jadi terbiasa dan akhirnya nurut deh hehehe

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.