Breaking

Tips Sederhana Mengatur Pola Tidur Bayi dan Mengembangkan Saraf Motorik Halus Anak

Tips Sederhana Mengatur Pola Tidur Bayi dan Mengembangkan Saraf Motorik Halus Anak

Hal yang paling susah diatur dari bayi 1-3 bulan tentu adalah pola tidurnya. Tidak sering si kecil menangis ditengah malam dan bahkan bisa begadang semalaman. Pola tidur ini hampir pasti dan dialami oleh pasangan yang punya bayi kecil 

Tapi ternyata ada beberapa tips untuk mengatur pola tidur bayi baru lahir dan hal-hal tersebut cukup mudah dilakukan. Selain itu dengan mengatur pola tidur si bayi kecil, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. 

Yuk kita bahas satu persatu secara lebih mendalam tips dan penjelasannya 

Mengatur Jam Tidur si Kecil di Usia 1-3 bulan 

Pada periode ini, sebaiknya ibu tidak memaksakan pola tidur untuk bayi. Karena di masa ini si kecil masih sangat butuh asupan ASI beberapa jam sekali. Karena bayi yang baru lahir memang direkomendasikan mendapat asupan asi untuk memenuhi kebutuhannya. 

Ibu sebaiknya merespon baik rengekan si bayi tatkala meminta asi, berikan asi juga kenyamanan bagi si kecil. Selanjutnya ibu sebaiknya turut beristirahat setelah si kecil tidur, hal ini untuk mencegah ibu kurang tidur dan istirahat. 

Pada minggu ke 6 dari kelahirannya, ritme biologis bayi mulai terbentuk. Di fase ini pola tidur bayi mulai terbentuk. Di fase ini ibu bisa mulai mengatur pola tidur si bayi dengan membiasakan setiap malam di jam tertentu memandikan si kecil dengan air hanta, membacakan cerita-cerita sebagai pengenalan audio dan motoriknya lalu menyusuinya. 

Di pai hari, ibu bisa membangunkan si kecil. Perlu diingat bahwa dalam masa ini si kecil masih dalam pembentukan pola tidur secara teratur. Jadi difase ini bayi akan mulai terbiasa untuk lebih banyak istirahat di malam hari dan aktif di pagi serta siang hari. Untuk ibu jangan lupa berikan asupan asi yang cukup untuk si kecil ya. 

Mengatur Jam Tidur si Kecil di Usia 4 - 6 bulan ke Atas 

Ketika si kecil sudah menginjak usia 4-6 bulan, di masa ini pola tidur si kecil sudah mulai bisa dibentuk. Tentu dengan tetap memberikan asupan asi yang memadai dan cukup untuk di buah hati. Ibu bisa mulai membiasakan pola tidur untuk si kecil dan mulai menerapkan beberapa kebiasaan positif untuk memberikan stimulus untuk syaraf motorik si kecil. 

Hal hal seperti bermain dan membacakan sebuah cerita dapat menarik antusiasme dan mengenalkan hal hal baru bagi si kecil. 

Perlu diingat pula, karena dalam fase ini si kecil sedang dalam masa yang cukup antusias mengenal dunia luar, baik dengan rangsangan oral seperti mengemut benda atau menyentuhnya. Ibu juga harus tetap mengontrol dan memastikan hal-hal atau barang yang ada di sekitar bayi tidak berbahaya dan aman. 

Selain mengatur pola tidur si kecil, dalam fase ini kita bisa pula mengembangkan saraf motorik halus anak dengan pengenalan terhadap barang-barang di sekitar dan pengenalan audio dengan membacakan beberapa cerita dan mengajaknya bermain-main ringan. 

Tips Sederhana Mengatur Pola Tidur Bayi dan Mengembangkan Saraf Motorik Halus Anak
Ajak si kecil bermain dan buatnya berinteraksi
Pancing antusiasme dan keaktifan si kecil dengan beberapa sentuhan halus dan tetap pastikan si kecil merasa nyaman. Hal lain yang biasa dilakukan khalayak seperti mengajak si kecil berjalan-jalan dalam gendongan, mengenalkan cahaya matahari pagi dan hal-hal positif lain guna mengembangkan saraf motorik halusnya. 

Sebagai catatan, berikut saya sudah merangkum beberapa jadwal istirahat singkat si kecil yang bisa dijadikan acuan dalam mengatur pola tidur si kecil. 

Selain jadwal tidur, si Kecil juga akan melakukan tidur singkatnya, baik di pagi, siang hingga sore hari. Semakin besar usia si Kecil maka kebutuhan tidur singkatnya juga akan berubah. Berikut ini adalah jadwal tidur singkat si Kecil di tiap fase usianya.
  • 6 - 8 Minggu: Ia akan membutuhkan 2 hingga 4 kali tidur singkat sehari. Ibu sudah mulai bisa menjadwalkan waktu tidur singkat si Kecil sehari-hari. 
  • 3 - 4 bulan: Di fase ini waktu tidur singkat si Kecil semakin terprediksi, Ibu sebaiknya memberikan si Kecil pola tidur singkatnya. 
  • 6 bulan: Si Kecil biasanya akan memiliki 2 hingga 3 kali tidur singkat dalam satu hari. 
  • 9 - 12 bulan: Hampir kebanyakan bayi akan memiliki 2 kali tidur singkatnya di pagi dan sore hari. 
  • 18 bulan: Di fase ini hampir semua bayi, mulai meninggalkan tidur singkatnya di pagi hari dan akan tertidur di siang hari. 
Itu dia tips soal mengatur pola tidur si kecil serta beberapa penjelasan singkat dan juga sekaligus cara meningkatkan dan mengembangkan syaraf motorik halus si kecil. Semoga bermanfaat ya mom 😉
___
Sumber gambar :
www.unsplash.com
Sumber tulisan :
https://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/aktivitas-edukasi/tahap-perkembangan-motorik-halus-pada-anak/
https://www.nutriclub.co.id/parenting-article/sleep/tahap-mengatur-jam-tidur-si-kecil-sesuai-usianya/

4 komentar:

  1. Untung banget duli si kecil ga suka rewel di malam hari, kata dokter anaknya termasuk dapat tidur cukup sesuai kebutuhan pada usianya.
    tapi, setiap Ibu harus faham ini karena berpengaruh dengan perkembangan anak mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, selain pola tidur, bayi baru lahir juga punya kebiasaan dan fase biologis mereka sendiri. Selain memberi ASI, seorang ibu juga harus tau akan hal tersebut. Menjadi ibu itu tidak mudah, tapi menyenangkan bukan!

      Hapus
    2. Menyenangkan, penuh tantangan dan juga memaksa untuk terus belajar.
      Mungkin semua orang bisa menjadi Ibu secara lahiriah, akan tetapi menjadi Ibu yang membesarkan anak-anak dengan benar itu butuh ilmu.

      Thanks for sharing.

      Hapus
    3. ketekunan, juga kesabaran :)

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.