Breaking

3 Hal Luar Biasa yang Saya Dapatkan dari Menulis


Menulis mungkin hal yang remeh, iya hanya menggores tinta di atas kertas. Menumpahkan perasaan dalam lembaran kertas. Yups, memang menulis itu mudah. Tapi banyak orang tidak menyadari hal mudah seperti menulis ternyata membawa banyak manfaat dan hal yang istimewa dan luar biasa (tentunya luar biasa dalam pandangan saya πŸ˜‚).
 
Awalnya saya juga menganggap remeh menulis. Tapi entah kenapa saya terbuai dan akhirnya kecanduan menulis. Karena memang dengan menulis saya merasa bebas. Tak ada batasan dalam menulis. Saya bebas menulis apa saja. Tak akan pernah ada yang melarang πŸ˜‚. Selain itu, juga ada beberapa hal yang saya dapatkan dari menulis, diantaranya :
 
Mendapat Uang

Hal pertama yang saya dapat dari menulis adalah uang. Yupz, saat itu saya iseng mengirim tulisan saya ke media lokal. Entah sekitar pertengahan 2017 waktu itu. dan ternyata tulisan saya dinilai berkualitas dan layak terbit. Akhirnya terpampanglah karya saya dalam koran lokal tersebut. Saya pun diberi honor. Walau tidak seberapa tapi rasanya sungguh spesial. Teman-teman langsung memberi selamat, bertanya tips dan trik serta semacamnya. Waduh senangnya tuh disini.
 
Menjadi Terkenal dan Mendapat Banyak Teman
 
Kejadian ini terjadi sekitar sebulan yang lalu. Saat itu saya sedang dalam keadaan stress dan mood turun drastis. Hampir setengah hari hanya saya habiskan diatas ranjang. Sambil bermain game melalui gadget. Entah kenapa saya bisa seperti itu.
 
Karena mungkin sudah terlalu bosan, saya pun mencoba berselancar di internet untuk mencari pencerahan agar hari itu tidak hanya dihabiskan  di atas ranjang. Maka pertama-tama saya membuka e-mail. Untuk mengecek mungkin ada fans yang kangen πŸ˜‚. Jreng.. jreng.. jreng. Ternyata saya mendapat sebuah pesan.
 
Isinya sederhana, sekedar salam kenal dan ucap kekaguman terhadap karya saya yang sebelumnya dimuat media massa. Berbekal penasaran, saya pun mencari tahu identitas si anu yang mengirim pesan ke saya. Ternyata dia seorang penulis yang sudah malang melintang karyanya. Wuih,, sekali lagi rasa senang membuncah dan mememnuhi hati saya πŸ˜‚.
 
Menghindarkan dari Hal Negatif

Selama terjun dan menyelam dalam dunia tulis menulis (emang bisa terjun dan menyelam? Ah sudahlah πŸ˜‚). Saya mendapati bahwa kenakalan saya semakin berkurang. Saya terkadang tertawa menyadari diri saya yang dulunya sedikit nakal (agar terkesan anak baik πŸ˜‚). Sering buka website yang tidak untuk umurnya. Sering membully teman sendiri.
 
Haduh sungguh absurd masa lalu saya. Tapi semenjak keranjingan menulis, perlahan kebobrokan dan hal negatif saya menghilang terganti dengan kerya dan hal-hal positif lainnya. Lebih baik saya lampiaskan nafsu berahi dalam tulisan daripada kepada lain jenis πŸ˜‚.
 
Selain itu, saya menjadi semakin terdidik dan berpengatahuan. Benar-benar banyak manfaat yang saya dapat dari menulis. Menulis juga telah merubah hidup saya dari seorang gammer seharian, menjadi gammer teridik yang tahu waktu dan punya skill yang mumpuni πŸ˜‚
 
Hehehehhe.. mungkin itulah 3 hal istimewa bin luar biasa yang saya dapat dari menulis. Apakah kalian pernah merasakannya? Atau kalian memiliki hal lain yang lebih istimewa, silahkan tumpahkan cerita kalian di kolom komentar.
 
Yuk biasakan menulis sejak dini πŸ˜†. Karena menulis itu istimewa. Sebagai penutup ada mutiara kata  yang mungkin bermanfaat
 
“Jika kau bukan anak seorang saudagar, raja, ataupun penguasa maka menulislah”
Sekian. Salam hangat dari Situbondo πŸ˜†

20 komentar:

  1. selamat ya tulisannya dimuat di media massa lokal,

    saya belum pernah sama sekali tuh, eh tapi memang ga pernah kirim tulisan sih, karena kalau di media massa kebanyak berbentuk opini..

    kalau soal honor meng honor, saya beberapa kali pernah lomba blog, jadi kebahagian tersendiri ketika berhasil menjadi pemenang dan mengalahkan kompetitor lainnya melalui tulisan2.

    semanagt ya, menulis membantu menjauhkan diri dari hal2 negatif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Senengnya tuh.... Disini saat nama kita terpampang di koran. Waduh seneng banget.. walaupun hanya dua kali tapi sangat berkesan.. πŸ˜‚ kuy dicoba aja.. banyak loo media cetak... Kalau gagal ya coba lagi...
      Tulisan saya yang terbit merupaka tulisan ke 7 yang ditolak.. 😊

      Hapus
  2. Selamat ya hehe.. nulis emang menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh. Seakan kita terbawa ke suatu dunia yang berbeda. Dunia dengan penuh imajinasi 😊

      Hapus
  3. Mendapat apresiasi pembaca itu luar biasa banget loh tak peduli dimuat di media lokal atau nasional. Semoga terus berkarya dan menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kang. Terima kasih atas doanya...
      Iya. Sesuatu yang lebih berharga daripada honor adalah dianggap dan diapresiasi 😊

      Hapus
  4. Dengan menulis jelas saya mendapatkan uang, teman yang banyak baik di dumay maupun dunta, bertemu di dunia orang saya kenal di dunia maya, diminta untuk berbagi cerita pengalaman di bidang penulisan, dan banyak lagi.
    Ternyata kita senasib, hehe

    BalasHapus
  5. Iya suhu 😊
    Semoga kedepannya kita bisa berkolaborasi. Saling berbagi cerita. Karena menulis itu spesial
    Salam literasi 😊

    BalasHapus
  6. Setuju mas :). Menulis itu banyak kok gunanya. Kalo buatku yaa, aku tuh ga terbiasa bicara dengan org yg blm aku kenal. Butuh waktu lama. Jd kesannya aku pendiam. Krn itu aku lbh seneng nulisin segala sesuatunya. Kyknya lebih gampang mendeskripsikan sesuatu itu lwt tulisan drpd bicara :)

    Pernah pas msh pacaran ama pak suami, kita berantem. Dan aku malah kirim email ngasih tau detil kenapa aku marah wkwkwkwkwkw.. Krn memang lbh gampang begitu buatku :) . Kebalikan ama suami yg justru bicaranya lbh luwes .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmb, iya. rasanya dengan tulisan sesuatu jadi mudah tersampaikan. seperti ada magis yang tidak bisa dijelaskan dalam sebuah tulisan.
      .
      jadi inget sama masa pacaran saya yang masih suka kirim-kirim an surat walaupun sudah ada Sosial media. rasanya jadi lebih spesial :D

      Hapus
  7. Wah udah dimuat di media masa lokal nih.. Saya pgn nyoba2 masukin juga tapi entah rasanya kok belum semangat2 bgt, sementara coret2 di blog dulu aja sambil matengin menulis.. Maklum, termasuknya hobi baru, dulu paling cuma baca doang, skg baca dan nulis juga :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ckba aja.. jangan takut..
      Saya awalnya takut jua. Tapi saat akhirnya terbit tuh seneng banget. Jadi kerasa peejuangan setelah berkali kali ditolak penerbit

      Hapus
  8. Menghindarkan dari hal negatif. Saya juga ngalami mas. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerasa banget ya mas untuk yang satu ini, waktu luang jadi terpakai secara maksimal

      Hapus
  9. Yang menyenangkan dari menulis bagi saya adalah ketika karya saya dapat diterima atau minimal diakui sih. Contohnya saja ya kayak beberapa tulisan yang dimuat media cetak/online, atau juga dari komentar2 org yang merasa bermanfaat atau terhibur dengan tulisan saya. Menulis juga bagi saya mempertajam sudut pandang dan cara berpikir saya. Sukses terus mas, semoga dengan makin rajin menulis wawasan kita pun terus berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, seneng banget rasanya tulisan kita dikomentari, diberi masukan. Pertama karena kita bisa berkembang dari hal tersebut, kita bisa jadi lebih baik.

      selain itu artinya tulisan kita diapresiasi

      terima kasih telah berkunjung :)

      Hapus
  10. Kalau tulisan saya belum pernah dimuat di media masa, dan pantas saja saya tidak jadi orabg terkenal. Mungkin karena tulisab saya masih terlalu datar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus menulis mas, jangan menyerah. Tulisan saya baru diterbitkan pada pengiriman ke 7/8 dan itu butuh waktu yang lama

      tapi semuanya kembali ke diri kita sendiri, jika kita mau dan giat maka bisa lebih cepat :) intinya tidak mudah menyerah :)

      salam kenal mas Djangkaru :) terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  11. menulis membuat saya menyadari kalau saya bisa menulis mas bro. hahaha
    btw saya gak ngerti yang saya tulis diatas ni. hihi

    BalasHapus
  12. iya bener, ketiganya sudah saya rasakan semua,,, salam kenal

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.