Wednesday, October 25, 2017

SMA Nurul Jadid Mulai Berbenah, Ini Sekolahku, Mana Sekolahmu?

  No comments
Kali ini saya akan bercerita tentang sekolah tercinta. SMA Nurul Jadid. Sebagai siswa kelas akhir setidaknya saya pernah bercerita tentang sekolah saya walau hanya sekali 😀.
Tunggu dulu, apakah kalian tahu SMA Nurul Jadid? Belum tahu? Silakan aja googling atau klik link nya di tulisan ini. Sekedar pendahuluan, SMA Nurul Jadid adalah sekolah menengah atas yang berada dibawah naungan yayasan pondok pesantren Nurul Jadid. Selengkapnya browsing ya kuy... langsung aja deh.
Akhir-akhir ini, dalam upaya mengikuti perkembangan zaman, serta pelaksanaan program-program kerjanya, SMA Nurul Jadid kini mulai berbenah. Banyak infrastruktur yang diperbarui dan mendapat renovasi. Fasilitas yang rusak pun diperbaiki. Alhasil panorama SMA Nurul Jadid pun makin indah.
Lebih jauh lagi, untuk mengikuti perkembangan zaman serta menyesuaikan diri dengan peraturan pondok pesantren Nurul Jadid yang menerapkan sistem full day school.  Siswa bersekolah dari jam 7 sampai jam 3. Rinciannya sebagai berikut. Dari jam 7-9 pagi diisi dengan pendalaman diniyah lalu dari jam 9-3 sore diisi pelajaran formal dengan satu istirahat saat adzan duhur. 
Guna menyikapi peraturan tersebut, SMA pun mendirikan sudut cafetaria. Wih,, sekarang siswa gak perlu jauh-jauh cari cemilan. Alat-alat tulis pun tersedia. Lengkap lah. Harapannya siswa tak perlu repot-repot meyediakan bekal serta sebagai tempat praktik kegiatan ekonomi bagi para siswa program IPS.
Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut juga akan segera dibangun sudut merchandise yang menyediakan bermacam hal yang berbau SMA Nurul Jadid. Untuk sementara sudah tersedia beberapa macam design kaos yang lumayan keceh dan keren. Kuy di cek beberapa contohnya.



ssst, yang mau pesan bisa hubungi CEO blog ini ya, via medsos. direct message atau PM saja biar lebih akrab😀

Sayang, penulis sedikit kecewa dengan pengelolaan sistem  integrasi informasi melalui web di SMA Nurul jadi yang masih belum dikelola secara baik. Alhasil website SMA Nurul Jadid pun mangkrak dan tidak ter-update update hehehe 😀. Semoga kedepannya bisa diperbaiki dan menjadi lebih baik serta dapat menstimulan sekolah lain yang webnya juga mangkrak untuk memperbaiki kinerjanya
Sebagai penutup, semoga sekolah saya dan seluruh sekolah di seluruh Indonesia bisa jadi lebih baik danmenghasilkan generasi emas yang bisa mendongkrak pamor bangsa dan mengentaskan masalah-masalh sosial yang sedang melanda.
Itu sekolahku, Mana sekolahmu?
Salam hangat dari Situbondo

Monday, October 23, 2017

MENGANGKAT MARWAH BANGSA: hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk Indonesia

  No comments
10 tahun lagi,  banyak ahli memprediksikan indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang patut diperhitungkan. Ada yang menyetakan bahwa indonesia akan berada di jajaran 5 besar negara dengan ekonomi terbesar pada 2030. Lantas patutkah kita berbangga dengan hal tersebut?
    Bank dunia pun memuji kinerja ekonomi indonesia melalui pernyataannya tentang ekonomi Indonesia yang mengalami ertumbuhan paling stabil di ASEAN. Lantas harus kita sesumbar? Tidak, semua predikat itu seharusnya memunculkan sikap siap tanggap untuk menyongsong masa depan.
    Memang sudah menjadi kenyataan bahwa negara kita memiliki populasi penduduk yang melimpah, hal tersebut pun menjadi berkah karena kita diprediksi akan segera mendapatkan bonus demografi, yakni saat dimana angkatan tidak produktif populasinya lebih sedikit dari angkatan produktif. Jadi,  ketergantungan angkatan tidak produktif terhadap angkatan produktif menurun.
    Hal tersebut diatas adalah suatu momentum untuk mengangkat marwah bangsa. Membangunkan singa yang telah lama tertidur. Tapi, semua hal tersebut tidak dapat dengan mudah kita dapatkan. Pendidikan yang layak perlu digalakkan. Pengangguran perlu dientaskan. Oleh karena itu penulis lampirkan beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk ikut berkontribusi bagi Indonesia.
  • Menggalakkan minat baca, tak perlu jauh-jauh ke orang lain. Mulailah dari diri sendiri lalu pengaruhi lingkungan kita. Dengan membaca kita tahu banyak, dengan membaca kita menjadi berpendidikan. Oleh karena itu mari kita berkontribusi dengan menumbuhkan minat baca mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu karena tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mengubah nasibnya sendiri.Setelah menumbuhkan minat baca diri sendiri kita bisa menumbuhkan minta baca orang lain melalui diskusi, bincang buku, dan kegiatan remeh lainnya. Membaca itu menyenangkan.
  • Manumbuhkan sifat toleransi. Sekarang ditengah kemajemukan yang semakin nyata, sifat toleransi perlu ditumbuhkan. Oleh karena itu dengan menghargai satu sama lain. Tidak berkata jorok dan buruk, kita secara tidak langsung sudah berkontribusi untuk indonesia. Karena sebenarnya bibit permusuhan berawal dari penolakan dan gengsi antar golongan, oleh karena itu yuk kita hapus permusuhan kita semai perdamaian dengan rasa toleransi dalam dada. Jadilah warga negara yang baik yang menghargai perbedaan. Karena perbedaan itu berkah.
  • Bersikap optimis. Sebagai warga negara bersifat optimislah. Berjuanglah semampumu. Dalam islam, idah yang paling mulya adalah jihad. Tapi jihad tidak selamanya bermakna perang. Jihad melalui pekerjaan juga termasuk jihda yang mulya. Maka sebagai pelajar, belajarlah yang tekun. Sebagai pengusaha, berusahalah yang benar dan memberikan maslahat bagi sekitarnya. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.  Oleh karena itu berjuang sesuai kemampuan dengan selalu bersikap optimis adalah suatu upaya menyongsong indonesia yang lebih baik.
  • Terkahir, yuk kita bangga berbahasa indonesia, memakai produk indonesia dan berbudaya indonesia. Mari kita kenalkan budaya bangsa dengan bangga memakainya, menunjukkannya. Karena budaya adalah identitas dan budaya kita adalah kita sendiri, jadi jangan pernah malu menjadi diri sendiri, terlepas dari segala kekurangan setiap individu pasti memiliki kelebihan masing-masing. Semangatlah jangan pernah menyerah.
Akhir kata. Terus berjuang. Salam hangat dari Situbondo😊

Friday, October 6, 2017

Liburan Maksimal dengan Biaya Minimal, mau?

  4 comments
Dizaman modern seperti sekarang travelling menjadi kegiatan yang mudah. Dengan gadget kita bisa tahu banyak hal tentang destinasi tujuan kita. Nah, bung. Dalam tulisan ini kita akan bicara tentang beberapa tips mendapatkan liburan maksimal dengan biaya minimal. Siapa sih yang gak mau? Langsung aja yuk!

Ketahui Destinasi Kita
  Sebelum berangkat kita harus sudah tahu destinasi tujuan kita. Itu meliputi moda transportasi, kurs mata uang, rute, peta, makanan, penginapan dan hal-hal mendasar lainnya. Tak perlu bingung. Dengan adanya internet hal tersebut dengan mudah kita lakukan. Oleh karena itu penting untuk kita tahu tujuan kita terlebih dahulu. Dengan tahu, maka kita akan siap berlibur ke tempat tersebut.
Hal penting yang mungkin harus dicatat adalah:
  Peta, hal pertama yang harus kita dapatkan adalah peta. Dengan peta kita tahu seluk beluk destinasi kita. Gk mau kan kesasar saat berlibur. Oleh karena persiapkan peta liburanmu.
Kedua adalah cek kurs mata uang negara tujuan kita. Berapa harga rata-rata makanan disana. Berapa harga tiket masuk destinasi wisata kita. Dengan mengetahuinya kita bisa mempersiapkan dompet kita sebaik mungkin. Tentunya dengan bantuan internet kita bisa menemukan tempat-tempat bintang 5 dengan harga kaki 5. Bung, manfaatkan gadgetmu bung! 😂

Beli Tiket jauh-jauh hari
Kenapa harus jauh-jauh hari? Karena dengan membelinya jauh sebelum keberangkatan, kita akan memiliki banyak opsi tiket. Dari yang termurah hingga yang termahal. Nah jika kita membelinya tepat dihari H besar kemungkinan kita akan kehabisan tiket atau hanya kebagian tiket kelas bisnis yang harganya lumayan mencekik dompet heheheheh 😂
Nah seperti poin sebelumnya, penting bagi kita untuk tahu rute dan seluk beluk destinasi kita terlebih dahulu. Jadi kita tinggal menikmati liburan karena sudah siap sebelumnya. 😂

Cari Promo (Lihat Kalender)
  Ini nih yang bisa kita lakukan untuk menghemat ongkos jalan. Lihat promo. Banyak sekali promo yang berseliweran, bisa di internet, di Travel Fair dan berbagai macam acara lainnya. Tentunya sambil mencari tahu destinasi tujuan kita, kadang beberapa promo numpang lewat, nah bisa tuh kita cek siapa tahu cocok.!
  Hal yang harus diingat dalam promo adalah tanggal, momen-momen penting biasanya menjadi daya elevasi penyedia jasa tranportasi. Sebut saja musim mudik, haji dan lainnya. Ada banyak sekali promo yang berseliweran nah ini nih saat yang tepat mencari promo dan mempersiapkan liburan yang maksimal.

Berjalan Kaki atau pakai Angkutan Umum
  Entah kenapa orang manca lebih bangga jalan kaki daripada berkendara. Nah, kebiasaan ini mungkin bisa kita tiru saat berlibur. Selain menghemat ongkos juga baik untuk kesehatan. Kita juga bisa menikmati panorama sekitar, berfoto di trotoar. Dan macam aktivitas lainnya.
Tak mau jalan kaki? Coba aja angkutan umum, cara ini lebih murah daripada kita mencharter kendaraan atau taxi. Selain itu kita juga dapat bersosialisasi dengan penduduk sekitar. Nah, momen ini bisa kita manfaatkan untuk mencari tahu destinasi tujuan kita lebih jauh. Mantap kan, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui bung! Mantap!
  Nah hal terakhir yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan liburan yang maksimal dengan biaya minimal adalah mental. Ya, sebagai seorang traveller kita harus kuat mental. Kadang segala sesuatu tidak berjalan sebagaimana mestinya oleh karena itu kita harus siap menghadapi segala sesuatu yang mungkin terjadi.
  Oleh karena itu persiapan matang adalah hal yang sangat perlu, ketahui tujuan kita. Dengan persiapan yang matang maka langkah kita akan jelas dan tak akan mengeluarkan banya uang untuk hal yang diluar perhitungan.
  Well, ingat. Hati-hati lah saat berwisata. Kadang ada calo, promo palsu, pencopet dan hal semacamnya. Tapi sebagai traveller, bermental bajalah bung! Hehehhehe 😂 (saya gk ada tips untuk hal ini, karena ini diluar perkiraan dan praduga. Jaga diri saja bung 😂) sebagai penutup, nikamti liburan anda, selamat berlibur dan berbahagia.
Salam dari Situbondo

Tuesday, October 3, 2017

Cinta itu Rumit ! Iyakah?

  No comments
Pecinta sejati tidak akan pernah berhenti sebelum ajal menjemputnya
  Itu kutipan dalam novel laris karya Tere Liye yang berjudul “Kisah sang Penandai” yang sudah diterbitkan ulang dengan judul “Harga sebuah Percaya”.  Terkesan klise dan biasa yak? Tapi memang seperti itulah adanya.
  Banyak orang yang hanya karena patah hati, putus cinta atau apalah namanya langsung terpuruk! Betul? Banyak... apa sih yang salah ? kita tidak bisa menyalahkan satu sama lain, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki diri masing-masing. Saling mengaca kepada kekurangan dan berusaha untuk selalu jadi lebih baik kedepannya.
   Saya heran kenapa sih masih banyak pemuda yang dengan mudah melakukan hal bodoh hanya karena cinta? mereka yang awalnya gagah dan bersemangat mengejar cinta lantas berubah menjadi seorang yang lemah dan rapuh. Waduh.....  janganlah berpikiran sempit bung, dunia ini tidak selebar daun kelor.
   Sebenarnya dengan putus cinta, tidak selamanya hal buruk yang kita dapat. Cobalah berpikir, ada beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan. Sebut saja, pengeluaran kita berkurang karena tak perlu lagi biaya buat apel, akhirnya kita bisa lebih hemat. Waktu kita juga semakin fleksibel karena kita bisa bebas tanpa perlu sibuk-sibuk memikirkan sesorang. Nah saat kita puny waktu luang itu manfaatkanlah.
   Tapi kan cinta itu tidak bisa dipaksa?  Kita kan gk hidup dizaman Siti Nurbaya? Okk itu betul, tapi cobalah buka mata bung. Bukalah lebar-lebar. Dunia ini luas. Jalani saja hidupmu, banyak cinta lain yang ada di dunia ini. Mari berpikir! Pernahkah kita kagum pada orang asing yang kita temui di jalan? Pernah kan! Nah dari situlah munculnya cinta.
   Bung, jalani saja hidup, selalu bersikap positif. Jangan lembek hanya gara-gara cinta. karena engkau patah hati lantas terjun ke dunia gelap, dugem, alkohol, obat terlarang. Waduh.. janganlah, hidupmu lebih mahal daripada barang-barang hina itu bung.
Jalanilah hidupmu,  lantas jika engkau mendapatkan pujaan hati maka berjuanglah. Berjuanglah demi apa yang engkau anggap benar. Lantas jika kau masih gagal, berjuanglah untuk bangkit. Memang hidup ini sulit tapi banyak sekali jalan menuju Roma.
   Hidup ini adil, semakin banyak kau berjuang maka semakin banyak juga yang akan engkau dapat! tak percaya, silakan baca kisah Jim dan Nayla di buku “Harga Sebuah Percaya” aneh memang, tapi itu bisa terjadi! Penasaran? Baca dulu dong bukunya.... :D
   Cinta itu memang rumit, tapi jika kau jalani maka akan terasa mudah. Berjuanglah demi cintamu. Dengan cinta semuanya menjadi mudah, tapi lantas jika cinta itu bertepuk tangan janganlah kau dengan mudah patah arah! Janganlah engkau putus asa.
   Maka jika engkau patah hati, tak apalah engkau sakit hati. Tapi asalurkan sakit hatimu itu untuk hal positif, hal-hal yang membuatmu jadi lebih baik. :D nah bagi kalian yang disebut sebagai JOMBLO yang katanya takut ke malam MINGGU, mulai sekarang jangan menyerah, berjuanglah. Jangan mudah menyerah.
    Selama ada kemauan maka pasti ada jalan
Jadi teruslah berjuang bro, bung sekalian....!
   Sebagai penutup, saya mau cerita sebentar. Sebenarnya, alasan adanya tulisan ini karena saya sakit hati. Tapi dalam hati terbersit, tak usahlah sakit ini terus menerus seperti ini. Saya harus bangkit. Masih banyak orang lain, masa depan lain yang menunggu didepan sana.
Jadilah lebih baik bung, jauhi narkoba, jauhi lemah karena cinta. kita ini kuat kita ini hebat. :D
Salam hangat dari Situbondo
#saynotodrug #cintaiturumit

Jangan Jadi Generasi Kerupuk (Motivasi untuk mereka yang terpuruk)

  2 comments
Pernah dengar temanmu mencemoohmu dngan kata kudet, mainstream atau hal seacamnya? pernah? saya pun pernah. jangan minder bung, apalagi kecewa. setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya tertinggal dan dibelakang. tapi jangan jadikan itu alasan unutk berkilah dan bersembunyi
Gentlemen acts to settle everythings down, but the silly hides with so many exuses
   Janganlah mudah menyerah bung, hidup itu memang sulit. jika hidup itu mudah maka sudah banyak orang kaya, tak ada orang miskin. wkwkwkkwkw😂
ah back to topic, well bung. jika engkau terpuruk hal pertama yang harus kamu lakukan adalah duduk, ya duduk. dengan duduk kamu akan merasa lebih tenang. setelah itu kita pikirkan apa yang sebenarnya terjadi, apa yang salah dari kita.
  Tergarlah dalam menghadapi setiap cobaan, jika engkau diuji kala muda maka disaat tua saya jamin anda akan sukse, eitss tapi ingat saat anda diuji anda harus sabar dan terus berjuang. hidup itu adil, karena setiap ujian datang maka akan datang nilai dari ujian tersebut. seperti layaknya orang sekolah, setelah ujian mereka akan mendapat nilai hasil ujian mereka. semakin kuat dan sabar kita maka semakin besar dan manis buah yang akan kita petik diakhir waktu. kalau katanya Pak Dahlan sih
"Habiskan stok kegagalanmu saat masih muda, agar saat tua nanti kamu ak punya lagi kegagalan"
wkwkwkkw😂
   Tapi kan sulit? gak ada yang sulit kok. selama kita mau mencoba. ambil contoh sederhana. kita mau ngeblog lah. kita mikirin SEO, Template, traffic lah dan semacamnya. sudahlah kesampingkan dahulu, kita duduk, kita pikirkan apa yang sebenarnya terjadi. apa yang kita mau, lalu jalani. dijamin kita akan berhasil.
masih tidak percaya, silakan cari biodata orang-orang sukses di sekitar kita, sebut saja Chairul Tanjung si anak singkong, pak Dahlan sang penguasa media cetak Indonesia, dan masih banyak lagi contoh nyata lain. mereka dulu gagal tapi sekarang sukses
   Okelah kita ambil contoh lain, kita suka main game, tidak lantas kita bisa langsung menguasai game tersebut, perlu beberapa kali percobaan sehingga kita tahu seluk beluk agame tersebut. seorang profesional pasti pernah merasakan namanya jadi amatir. setiap orang tua pasi pernah yang namanya merasakan muda. ah bung sudahlah, jangan banyak mengeluh, hidup itu sederhana. kita aja yang bikin rukmit,listrik ah, air lah, pulsa lah, dan lah-lah yang lainnya heheheheh😂
hidup itu sederhana bung, jangan mudah menyerah terus berjuang dan tatap masa depan. akhir kaa perbolehkan saya mengutip quote dari film Batman
"Tuhan membutamu jatuh agar engkau au caranya bangkit"
  Mungkin seperti itu terjemahannya. well terus berjuang bung, karena tidak ada yang bisa langsung jadi hebat.
Salam hangat dari Situbondo 😊