Mengenal Kanker Payudara - Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Mengobatinya

Mengenal Kanker Payudara - Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Mengobatinya

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Penyakit ini jelas ditakuti karena sukar disembuhkan dan bisa menyebabkan kematian. Jenis kanker juga ada banyak, berbagai organ di dalam tubuh manusia berisiko terjangkit sel kanker dan berkembang jadi penyakit yang menyulitkan dan kadangkali mematikan.

Selain bisa menyerang berbagai macam organ dalam tubuh. Ada beberapa jenis penyakit kanker yang secara spesifik menyerang perempuan. Salah satu contoh yang paling umum dan banyak ditemui adalah kanker payudara. 


Lebih jauh lagi, ada sebuah data yang sangat mengejutkan yang menyebutkan bahwa jumlah penderita penyakit ini, baik yang tengah menjalani rawat inap maupun rawat jalan, adalah yang tertinggi di Indonesia yakni 28,7%. Tentu data ini cukup mengejutkan dan berdasarkan hal tersebut, kesadaran dan awareness tentang bahaya dari kanker payudara sangat perlu untuk digaungkan. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kanker Payudara 

Mengenal dan mengetahui tentang kanker payudara adalah hal pertama yang perlu dilakukan dalam upaya penanggulana penyakit tersebut. Lalu apa itu kanker payudara? 

Secara umum Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di dalam jaringan payudara. Kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. 


Kanker payudara terbentuk ketika sel-sel di dalam payudara tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan lalu berkembang menjadi kanker. Selain itu, ada sebuah fakta dimana kanker payudara meski biasanya terjadi pada wanita, ternyata kanker payudara juga bisa menyerang pria. 

Jenis-jenis Kanker Payudara 

Ada beberapa jenis kanker payudara yang umum terjadi, berikut diantaranya ; 

  • Ductal carcinoma in situ. Kanker jenis ini biasanya tumbuh di duktus, dan tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. Jenis kanker ini termasuk kanker stadium awal dan mudah diobati. Namun demikian, kanker ini bisa menyebar ke jaringan sekitarnya jika tidak segera ditangani dan diobati. 
  • Lobular carcinoma in situ. Adalah kanker yang tumbuh di lobulus. Sama seperti ductal carcinoma in situ, kanker ini tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. 
  • Invasive ductal carcinoma. Kanker ini tumbuh di duktus dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya, bahkan bisa menyebar ke area tubuh yang lain. Jenis kanker ini terjadi pada 70-80% kasus kanker payudara. 
  • Invasive lobular carcinoma. Adalah kanker yang tumbuh di lobulus dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya. Kanker ini terjadi pada 10% kasus kanker payudara. 

Sedangkan itu, ada beberapa jenis kanker payudara yang jarang terjadi. Diantaranya ; 

  • Angiosarcoma. Adalah jenis kanker yang tumbuh di pembuluh darah dan saluran getah bening di payudara. 
  • Penyakit Paget. Penyakit Paget merupakan kanker yang tumbuh di puting payudara, lalu meluas ke area hitam di sekitar puting (areola). 
  • Tumor phyllodes. Jenis kanker yang jarang ini tumbuh di jaringan ikat payudara yang disebut stroma. 
  • Inflammatory breast cancer. Adalah jenis kanker payudara yang jarang terjadi, namun berkembang dengan cepat dan menyumbat saluran getah bening, sehingga membuat payudara tampak meradang seperti infeksi. 
  • Triple negative breast cancer. Adalah jenis kanker yang menunjukkan hasil negatif pada pemeriksaan keberadaan reseptor hormon estrogen (ER), reseptor hormon progesterone (PR), dan reseptor protein HER-2 pada jaringan kanker, yang biasanya positif pada kanker payudara. 

Hal-hal yang Bisa menjadi penyebab Kanker payudara 


Mengenal Kanker Payudara - Penyebab, Cara Mencegah dan Cara Mengobatinya

Sebelum kita mengobati, alangkah lebih baiknya Kita mengenal penyebabnya sehingga Kita bisa setidaknya mencegah kanker payudara menyerang Kita. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa penyebab umum dari penyakit kanker payudara, diantaranya ; 

  • Faktor Keturunan 
  • Usia 
  • Memiliki Benjolan di Payudara dan Tak Segera Melakukan Tindakan Medis 
  • Paparan Sinar Radiasi 
  • Kelebihan Berat Badan 
  • Gaya Hidup yang Tak Sehat 
  • Faktor Usia Saat Hamil dan Melahirkan 
  • Melahirkan di Usia Terlalu Tua 
  • Jarang Berolahraga 
  • Pola Makan yang Buruk 
  • Kebiasaan Merokok 
  • Penggunaan Pil KB 
  • Kekurangan Zat Phytoestrogen 
  • Kepadatan Payudara 
  • Terlalu Banyak Beraktivitas di Malam Hari 
  • Memiliki Kebiasaan Makan di Malam Hari 
  • Sering Mengkonsumsi Makanan Pemicu Kanker 

Cara Mengobati Kanker Payudara 

Meski sukar diobati bukan berarti kanker payudara tidak bisa diobati. Kanker payudara bisa diobati dengan beberapa cara, tergantung kepada kondisi penderita dan jenis kanker payudara itu sendiri. Namun kebanyakan cara pengobatannya membutuhkan waktu yang lama dan perawatan yang berkelanjutan dan biaya yang tidak murah. Berikut beberapa upaya pengobatan kanker payudara yang meliputi: 

  • Terapi radiasi 
  • Terapi hormon 
  • Kemoterapi 
  • Prosedur bedah 


Pencegahan kanker payudara dapat dilakukan dengan pemeriksaan payudara secara mandiri atau pemeriksaan oleh petugas medis. Pemeriksaan harus dilakukan secara rutin bila Kalian berisiko terserang kanker payudara. Selain itu, sangat disarankan untuk rutin berolahraga secara dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. 


Sekian tulisan ini, semoga bisa menginspirasi dan meningkatkan awareness Kita tentang bahaya dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Semoga bermanfaat dan stay healthy 😁😉😊
__
Sumber tulisan :
https://www.alodokter.com/kanker-payudara
https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/penyebab-kanker-payudara
Sumber Gambar :
https://unsplash.com/

18 Komentar

  1. Wah komplit sekali informasinya bang, sangat bermanfaat terutama bagi wanita. Semoga semua wanita kita terhindar dari penyakit berbahaya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, semoga tulisan saya bisa menggugah kesadaran dan membuat orang-orang mulai dan lebih aware akan bahaya gaya hidup yang tidak sehat :)

      Hapus
  2. Mantapp mas infonya. Sangat lengkap. Btw, kanker payudara tak hanya menyerang wanita kan? Laki laki jg bisa kena yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups mas, laki-laki juga bisa terkena penyakit yang satu ini. Namun peresentasenya kecil. Tapi lebih baik mencegah bukan daripada mengobati.

      Hapus
  3. Fakta bahwa laki2 pun dapat terserang kanker payudara, itu kerap dilupakan atau malah tak diketahui masyarakat. Perlu sosialisasi lebih intensif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner banget! Saya pribadi waktu nulis dan riset untuk tulisan ini pun cukup kaget dan baru tau dengan fakta tersebut

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Bermanfaat infonya, kanker payudara menjadi perhatian bagi kalang masyarakat dan pemerintah saat ini. Banyaknya menjadi korban atas penyakit kanker payudara. semoga yang membaca review ini banyak tersadarkan bahwa pintu gerbang penyakit ada pada pola hidup yang tidak sehat

    BalasHapus
  6. Kalau yang saya baca dan dengar, ini termasuk momok menakutkan ya. Dalam konteks penyakit dalam tidak menular di banyak negara. Semoga semakin sedikit penderitanya dan semakin sehat masyarakat.

    BalasHapus
  7. Kanker bener-bener mengerikan, kalau udah parah makin bikin takut. Mencegah jadi langkah yang terbaik yang bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor yang disampaikan di atas

    BalasHapus
  8. Aku mesti waspada juga dengan kanker payudara ini. Pasalnya, kakakku sudah kena di stadium awal, meski kondisinya beberapa waktu terakhir ini terkontrol. Memang lebih baik mencegah dengan menjalani pola hidup sehat, misalnya. Beberapa bulan lalu seorang kerabat berpulang karena kanker payudara setelah melewati serangkaian perawatan pengobatn

    BalasHapus
  9. Sedih banget.. kanker payudara termasuk kasus yang sering terjadi dan sebenernya bisa sembuh total. Hanya saja terkadang pasien tidak mau memeriksakan ke dokter sehingga lambat penanganan dan akhirnya tidak tertolong

    BalasHapus
  10. Nice info nih. Karena kanker payudara ini sudah sering terjadi. Dulu tante saya sempat terkena penyakit ini dan sebelah payudaranya harus dibuang. Sedih sekali mengingatnya. Semoga kita semua terjauhkan dari penyakit-penyakit seperti itu ya

    BalasHapus
  11. memang cancer ini selalu diketahui saat sudah parah. kudu rajin memeriksakan diri setiap tahun supaya aman. dan memastikan tidak ada bibit cancernya

    BalasHapus
  12. Baru tahu ternyata kasus di Indonesia ini tinggi banget mbak. Bisa jadi alert Buat selalu cek kesehatan terutama payudara. Makasih ilmunya mbak, ini lengkap banget

    BalasHapus
  13. Makasih yah mbak untuk informasi kanker payudara, banyak yang tidak sadar atau telat menyadari ada sesuatu yang tidak berjalan dengan normal...

    BalasHapus
  14. Tante saya meninggal kena kanker payudara..ketauannya udah std. 4 sih. Dan sejak itu jadi pelajaran buat kita semua mencegah itu penting dan lebih baik banget drpada mengobati ya ..jadi kalau ada yg ga normal tentang kesehatan kita ya buruan deh diperiksa dokter supaya segera diketahui penyebabnya

    BalasHapus
  15. Serem ya kanker payudara. Wanita kudu jaga2 kesehatan deh biar gak kena penyakit aneh2 kyk gini. Jaga pola hidup sehat. Bismillah bisa.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.