Breaking

5 Rekomendasi Wisata Situbondo Tahun 2020 Yang Harus Kalian Kunjungi

Hai semuanya! gak terasa udah tahun 2020 aja nih. Kalian sudh menyiapkan rencana untuk berlibur selama tahun ini belum? kalau belum, dalam tulisan ini aku bakal share 5 rekomendasi tempat wisata di daerah Situbondo yang worth it buat kalian kunjungi! dan tentunya panorama serta experience yang bakal kalian peroleh pasti luar biasa

Jadi, tanpa buang-buang waktu lagi! yuk langsung kita bahas satu persatu dari 5 tempat wisata Situbondo yang aku rekomendasikan!

1. Taman Nasional Baluran

Baluran, Africa Van Java

Untuk posisi pertama aku masih favorit sama Taman Nasional Baluran. Selain sudah dikenal tentunya tempat ini memiliki panorama yang cukup eksotis dan enak dipandang. Selain wisata alam dan savana yang ada di Taman Nasional Baluran, di dalam kawasan wisata ini juga ada sebuah pantai yang cukup indah dan worth it banget untuk dikunjungi. Nama pantainya adalah pantai Bama yang berada dalam kawasan wisata Taman Nasional Baluran.

Jadi, note nih untuk kalian. Jika pergi ke Taman Nasional Baluran, bukan hanya Savana Bekol saja tempat yang bisa dikunjungi, namun banyak tempat lain yang bisa kalian blusukin dan nikmati keindahan panorama alamnya! ada juga kawasan hutan evergreen yang penuh dengan pepohonan hijau nak elok dipandang mata

Letak Taman Nasional Baluran ini masuk di desa Wonorejo, kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Karena letaknya yang berada di perbatasan antara kabupaten Situbondo dan Banyuwangi, terkadang ada yang menyebut Taman Nasional Baluran Situbondo, adapula yang Menyebut Taman Nasional Baluran Banyuwangi.

Karena kekayaan satwa dan alamnya, banyak mahasiswa dan peneliti yang kadang memilih tempat ini sebagai tempat penelitian. Baik itu penelitian ilmu alam maupun hal-hal terkait lainnya.

Untuk tiket masuknya, Taman Nasional Baluran masih bisa dibilang ramah dompet dengan tarif sekitar 15 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 150 ribu rupiah untuk wisatawan manca negara. Tarif parkir nya 5 ribu rupiah untuk sepeda motor, 10 ribu rupiah untuk Mobil dan kendaraan roda 4, serta 50 ribu rupiah untuk kendaraan roda 6 atau bus dan semacamnya.

Untuk hari libur, weekend dan tanggal merah. Tiket masuk Taman Nasional Baluran mengalami kenaikan yakni seharga 17.500 untuk wisatawan lokal dan 225 ribu rupiah untuk wisatawan manca negara. Karcis parkirnya juga mendapat kenaikan di harga 7500 untuk sepeda motor, 15 ribu untuk mobil dan 75 ribu rupiah untuk bus dan semacamnya.

2. Kebon Kopi Kayumas

Kebun Kopi Kayumas Situbondo


Tempat wisata kedua yang masuk rekomendasiku adalah kebun Kopi Kayumas. Letaknya berada di kecamatan Arjasa, sekitar 47 Km dari kota Situbondo dan terletak diketinggial 760 - 1550 M dari atas permukaan laut.

Awal mulanya di tahun 1886, perkebunan ini merupakan kebun kopi arabika dan beberapa tanaman kina dengan nama NV Mijt dan berubah menjadi Van Landem Kayumas hingga 1957. Lalu di tahun 1958, perkebunan ini di nasionalisasikan menjadi Pusat Perkebunan Negara Baru.

Saat ini, Perkebunan Kopo Kayumanis di bawah pengelolaan PTPN XII yang sudah berlaku sejak 1996 dengan menggunakan merek dagang Java Coffee Kayumanis. Selain penyumbang komoditas kopi arabika, perkebunan ini juga sedang gencar mengembangkan budidaya kopi luwak sebagai produk unggulan mereka.


Untuk tiket masuknya sih gratis. Hal ini karena tidak ada petugas yang melakukan penarikan tiket masuk. Jadi mari kita asumsikan saja tiket masuknya gratis alias free ya! Serunya pergi ke kebun kopi Kayumas tentu kita bisa nikmati kopi segar yang baru dipetik dan baru diolah serta kita juga bisa ikut proses panen lo kalo datang di saat panen!

3. Kampung Kerapu

Kampung Kerapu oleh Sigit Dim

Tempat wisata yang ketiga tentu sudah terkenal juga kan. Apalagi setelah foto landskap pemandangan tempat ini sempat viral di pertengahan 2019. Yups, kampung kerapu terus berkembang dan kini jadi semakin menarik. Selain adanya pertunjukkan air mancur warna-warni yang bisa kita lihat saat malam minggu atau acara-acara tertentu. Di kampung kerapu kini ada spot water boom yang mengapung!

Yups, water boom ini mengapung di atas laut dan didalam nya ada bermacam wahana air seru yang bisa kita nikmati! Untuk lokasinya masih tetep kok di kawasan daerah Gundil Situbondo. Buat kalian yang naik bus atau berkendara melalui Besuki pasti melewati tempat wisata yang satu ini.

Untuk tiket masuk, di kunjungan terakhir saya masih berada di kisaran 5 ribu rupiah saja kok! cukup murah dengan eksotisme pemandangan laut dan tentunya beragam instagramable spot yang ada di tempat ini! worth banget dah untuk dikunjungi!

Cerita seru tentang kampung kerapu bisa kalian baca disini!

4. Savana Cikasur dan Pesona Pegunungan Rengganis


Nah, ini nih tempat wisata yang naik dan hype di penghujung 2019. Hal ini dikarenakan banyak sekali event yang digelar di tempat ini dan tentunya panorama yang indah setelah ditambahnya beberapa fasilitas dan wahana wisata di tempat ini

Pegunungan Rengganis yang dulunya hanya dikenal sebagai tempat pendakian yang cukup seru dan perkebunan kopinya, kini memiliki daya tarik wisata yang gak main main lo! sejak dibangunnya spot wisata Plaza Rengganis serta beberapa spot lainnya, tempat ini worth banget untuk dikunjungi lo sob!

Tempatnya udah instagramable, udaranya asri, jalannya bagus gak rusak! cuma sedikit menanjak! jadi kalian harus sedikit menarik gas kendaraan kalian ya! untuk tempatnya berada di desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. Tiket masuk ke kawasan wisata Rengganis hanya 7K saja termasuk parkir ya! 


Kalo kalian kesini untuk mendaki, tiket mendakinya terpisah ya! kalian bisa pergi ke post pendakian untuk info dan tarif tiket pendakian di gunung ini! jadi perlu di note bahwa harga tiket ini hanya untuk tempat wisata Plaza Rengganis dan wahana lain yang ada di sekitarnya exclude tarif pendakian!

5. Desa Wisata Karang Keni'

Wisata Karang Keni' Olean Situbondo

Nah, untuk tempat wisata terakhir yang aku rekomendasikan nih! aku milih buat letakin desa wisata Karang Keni' diposisi terakhir! yups! desa wisata yang baru aja diresmikan di tahun 2019 dan punya keunikan serta pemandangan yang ciamik.

Konsep wisatanya pun asik dan tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja! murah, indah, dan seru! itulah experience yang kita dapet kalo pergi ke desa wisata karang keni'

Tempatnya berada di desa Olean, kabupaten Situbondo ya! untuk lebih jelasnya, link google mapsnya bisa kalian akses disini ya!
__

Yups, itu dia 5 tempat wisata Situbondo yang aku rekomendasikan untuk kalian! sebenarnya banyak tempat lain yang bisa aku rekomendasikan, jadi mungkin bakal aku bahas di tulisan yang berbeda agar tulisan ini gak panjang-panjang banget yak! 😀

Jadi itu dia rekomendasi aku untuk tulisan ini. Sudah kah kalian bikin wishlist tempat liburan kalian di tahun 2020 ini? jika sudah yuk share di kolom komentar! Im Rahman! and till next time!
__
Sumber gambar :
https://twitter.com/gunromli/status/942981043656605697?lang=eu
https://travelingyuk.com/
https://instagram.com/sigitdim

2 komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.