Breaking

Menikmati Keindahan Gunung Argopuro di Plaza Rengganis


Selamat pagi semuanya J  kali ini saya akan berbagi tulisan terkait perjalanan terakhir saya menuju Plaza Rengganis. Sudah gak sabar untuk membaca cerita perjaanan saya ? yuk langsung scroll ke bawah!

Sekilas Mengenal Plaza Rengganis

Difoto dengan mode panorama :)


Plaza rengganis adalah tempat wisata baru yang diresmikan pada tahun 2019. Plaza Rengganis sendiri terletak di desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, kabupaten Situbondo. Sejak peresmiannya pada trimester pertama 2019, tempat wisata yang satu ini menyedot banyak sekali  animo masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan yang ramai meski tidak pada hari libur.

Jalan menuju tempat wisata yang satu ini pun bias dibilang cukup baik. Ada 2 pilihan rute yang bias ditempuh, pertama melalui desa plalangan, kedua melalui desa cemara. Kedua rute tersebut juga memiliki kondisi jalan yang cukup baik kok.

Tips buat kalian yang ingin berlibur ke Plaza rengganis, jika kalian pergi kesana pada hari Senin. Saya sangat menyarankan anda untuk melewati rutte desa cemara, karena rute melalui desa Plalangan cukup ramai oleh pick up dan mobil pengangkut hewan dari pasar seninan. Walau rutenya lebih menanjak daripada Desa Plalangan, tapi bagi kalian para pengguna motor matic jalan ini aman dan nyaman kok.
Untuk karcis masuk ke plaza rengganis ini, kita akan dikenai ongkos masuk sebesar 5K saja lo. Cukup murah dan tidak menyiksa dompet bukan. Jika kalian ingin sekaligus berolahraga, kalian bias kok memarkir kendaraan kalian di gerbang masuk, lantas berjalan kaki sekitar 5 KM J (kalau mau saja ya! Kalau gak mau, kendaraan kalian bias dibawa sampai Plaza Rengganis kok J ada parkiran khusus disana)

Sedikit cerita ya! Dalam perjalanan saya kemarin. Saya cukup terkejut dengan perubahan yang telah dibangun di Plaza Rengganis. Terakhir kali saya pergi ke tempat tersebut, jalannya masih berupa jalan tanah seadanya. Maklum, dulu hanya masyarakat sekitar serta para pendaki yang ingin menuju puncak Argopuro dan Rengganis yang melewati jalan itu.

Namun, kini ternyata jalan tersebut sudah diaspal, serta titik pendakian pertama telah dibangun sedemikian rupa. Buat kalian yang berkunjung ke tempat ini, saya sangat menyarankan untuk dating pada sore hari. Karena pemandangan senja disini cukup indah. Seperti sebuah kalimat

“Senja yang indah itu ada di gunung dan di pantai”

Pas banget buat kalian para pecinta sunset berkunjung ke tampat ini. Balkon kacanya pun juga cukup instagramable lo. Nah, buat kalian yang butuh info terkini tentang tempat wisata ini, bias kalian follow akun Instagram @lingkarsumbermalang untuk update info serta hal-hal lainnya. Buat kalian yang punya foto kece di daerah sumbermalang juga bakal direpost lo sama akun tersebut.

Nah, yang terakhir nih. Jika kalian ingin menikmati suasana dingin pegunungan dan menikmati malam penuh bintang diatas gunung. Kalian bias lo mendirikan camp di sekiat plaza Rengganis, tentu setelah sebelumnya meminta ijin kepada penjaga setempat.


Nah, yang paling spesialnya lagi, jika kalian berkunjung ke tempat ini pada penghujung tahun. Ada kesempatan kalian bias ikut berpartisipasi dalam acara argofest. Acara ini adalah acara music serta menikmati alam yang diadakan tiap tahun di plaza rengganis lo. Untuk info terkait pelaksanaan acara Argofest dan lain-lain bias kalian pantau di Instagram @argopuro.fest ya!

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Situbondo yang Instagramable

Gimana? Udah gak sabar ingin berkunjung ke tempat ini? Selamat berlibur ya temanteman dan jangan buang sampah sembarangan ya!

Berikut beberapa foto saya saat berlibur kemarin :)

Bertiga di balkon kaca Plaza Rengganis

Foto sendirian dulu ah :D



14 komentar:

  1. Nah, ini dia tempat yang ku incar2 hahhaa. Sik sik nunggu waktu dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kabarnya mas Joe, semoga bisa segera kolaborasi ya...

      Situbondo banyak temoat yang belum keeksplore mas, kuy jelajah ☺😄 jangan balik ke jogya dulu

      Hapus
  2. Menyejukan banget liatnya..jd pengen kesana sekedar poto2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas, tempat ini emang dulunya titik pendakian pertama. Lalu dibangun sedemikian rupa, akhirnya kini jadi tempat wisata yang lumayan digandrungi

      Hapus
  3. Nama nya kok plaza ya mas, kayak nama yempat perbelanjàan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemilihan tempat saya masih belum paham benar kenapa memakai nama Plaza.

      mungkin karena banyak masyarakat yang lalu lalang dan suasana yabg ramai layaknya tempat belanja lalu dikasih nama Plaza Rengganis 😄

      Hapus
  4. Itu masnya Ndak dimarahi ya alas kakinya Ndak dilepas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nngak mas, waktu itu para wisatawan pada pakai alas kaki semua.

      Saya sendiri baru sadar kalau ada peringatan untuk melepas alas kaki setelah asik berfoto foto ☺

      Alangkah baiknya jika pemberitahuan untuk membuka alas kaki diletakkan di tempat yang lebih terbuka.

      Selain itu ada banyak sampah plastik bergeletakan di bawah balkon kaca, jadi kurang enak dilihat

      Hapus
    2. Mungkin memang harus diperhatikan kembali kebersihan sarana dan prasarana nya oleh pengunjung maupun pengelolanya


      Terimakasih untuk informasinya

      Hapus
    3. Bener banget. Saya sempat scroll instagram melihat foto foto awal di daerah balkon kaca. Kacanya masih bersih, sekarang rada kotor. Juga banyak sampah berserakan.

      Saya juga tidak bertemu dengan penjaga tempat wisata, hanya beberapa penduduk di palang masuk saja serta di warung kopi daerah anjungan Kayu berbentuk I love U

      Hapus
  5. mak tak jhek ngajhek ben dek. keluar dhibik yak ngajhek en engkok 🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saporanah kak, mendadak itu kemaren. Moro moro temenku jemput kerumah, jadi bisa dibilang sebagai liburan yang tidak terencana. Tapi worth it banget lo Plaza rengganis nih

      Hapus
  6. Dukung anak Indonesia yang kreatif, kembangkan pemikiran yang positif, semangat dan terus menginspirasi anak muda Indonesia, salam kenal brotherkuh 🙏 dari kota Pekalongan Jawa tengah Indonesia, jangan lupa mampir diblog gue ya, klik link dibawah profil Instagram gue, Terima kasih 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak untuk dukungan dari mas Imam Gabriel :)

      siap selalu untuk saling mlakumlaku ke blog pribadi :)

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.