Breaking

Mengenal Tahu Besuki yang Gak Kalah Nikmat Dengan Tahu Sumedang



Berwisata nampaknya belum lengkap jika sekedar menikmati indahnya panorama tanpa menikmati makanan khas daerah tersebut. Makanan yang kemungkinan besar tidak dapat kita temui  di tempat lain karena makanan tersebut adalah ikon tempat itu.

Nah, dalam tulisan kali ini saya bakal bahas tentang salah satu makanan khas dari daerah Besuki. Buat kalian yang belum tahu besuki, mungkin alangkah baiknya kalian baca postingan sebelumnya disini ya

Nah, makanan yang bakal kita bahas tuh adalah TAHU. Ya, makanan yang setiap hari mungkin dengan mudah kita temui. Makanan yang dikenal sebagai pasangan setia dari tempe dan makanan yang menjadi andalan bagi anak-anak kos di tanggal tua.

Di Indonesia, wilayah pemroduksi tahu yang terkenal adalah Sumedang. Tahu Sumedang yang dikenal dengan tekstur luarnya yang gurih dan tekstur dalam yang lembut tersebut. Tentu jajanan yang satu ini dapat kita temui dengan mudah di daerah Jawa Barat dimana jajanan ini berasal. Tapi masa iya kita harus jauh-jauh ke Jawa Barat untuk menikmati jajanan yang ini saja?

Nah, sekarang kalian gak perlu tuh bingung jika berliburan ke Jawa Timur. Di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Khususnya di desa Jetis, terdapat sentra pengolahan tahu yang rasanya tuh gak kalah nikmat dengan tahu Sumedang yang melegend itu lo gaes.

Untuk pengolahannya, sama persis seperti tahu pada umumnya. Kedelai yang sudah dicuci bersih lantas digiling dan diolah. Setelah itu hasil olahan tersebut dipisah bagian ampas dan tahunya lalu dicetak dalam sebuah papan yang sudah disiapkan. (cek gambar untuk lebih detailnya ya :D)

Pekerja menuang adonan tahu ke papan cetak yang sudah disiapkan

Adonan tahu yang sudah dicetak didiamkan beberapa saat 

Pekerja mengaduk adonan tahu yang siap dicetak
Tahu yang sudah siap dipotong

Mesin giling kedelai



Untuk harganya sih murah banget lo gaes. Untuk harga tahu Besuki per papannya itu dibandrol seharga 13K saja pada umumnya. Ada juga beberapa pabrik tahu yang mematok harga diatas harga tersebut, tapi tentu ada kelebihan yang juga ditawarkan.

Untuk penyajiannya, kebanyakan tahu digoreng hingga kering lalu ditaburi garam lalu dinikmati dengan cabai segar. Ada pula yang kadang menikmatinya dengan sambal petis yang sudah diracik sebelumnya.

loading...

Penasaran dengan cita rasa tahu Besuki? langsung aja sempatkan diri untuk berkunjung ke sentra produksi tahu Besuki di desa Jetis, kecamatan Besuki, kabupaten Situbondo ya!

Jika kalian bingung bisa cek Google Maps dan ketikkan "Gang Tahu"

____
Sumber gambar :
www.unsplash.com
dokumen pribadi

14 komentar:

  1. aku penggemar tahu banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu banget nyicipin yang satu ini deh kayaknya sampean mbak,, dijamin jatuh hati sama rasanya

      Hapus
  2. Lain di jabar lain pula ya di jatim kalao urusan tahu
    Aku suka berbagai maam jenis tahu, mulai dari tahu sumedang, tahu pong, tahu bandung, dll
    Nah ug besuki ini belom pernah nyoba
    Sepertinya sih enak dan ada ciri khasnya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak nita, jajanan Indonesia itu beragam banget yaaaa

      dan jika blogger-blogger daerah mau nulis tentang jajanan khas mereka, saya yakin masih banyak variasi tahu lain yang juga mantoel rasanya

      Hapus
  3. Wahhh keren nih tahunya produksi sendiri, kreatif dan berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,,, banyak yang bergantung hidup kepada tahu dan tempe di rumah saya dan sekitarnya

      Hapus
  4. Murah kali kalo 1 papan cuman 13 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah banget mas, paling mahal yang pernah saya temui itu matok 17K untuk harga 1 papan tahu nya

      Hapus
  5. Belum sampai di tempat saya nih. Lom bisa ngebandingin rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti di tempat sampean juga ada jajanan lokal sejenis dong? wuih bisa tuh suatu hari dicicipi juga untuk meikmati cita rasanya :)

      Hapus
  6. Nah, ini baru namanya putera daerah. Mantabbbb lanjutkan posting2 apa pun tentang kota kelahiran man (#SelfReminder) hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap om Joe,,, masih proses agar konsisten dan gak berhenti sampaidisini saja :)

      terima kasih untuk semua support sampean om :)

      Hapus
  7. Saya penggemar tahu penyet pedas mas. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini nih,, makanan ekonomis yang bisa bikin lidah bergoyang-goyang :)

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.