5 Trend Desain yang Bakalan Hits di Tahun 2022! Kalian Sudah Bikin Belum?

Setiap tahun, desain grafis selalu menunjukkan perubahan dan perkembangan dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan iklim perkembangan dan pertumbuhan yang cukup baik dalam dunia kreatif khususnya desain grafis.

Secara rutin, marketplace dan media desain terkemuka meluncurkan prediksi trend-trend desain yang bakalan meledak di tahun yang akan datang. Prediksi tersebut tentu sangat bermanfaat bagi para desainer baik full-time maupun freelance untuk mempersiapkan portofolio maupun karya yang akan di showcase di tahun yang akan datang.

Mengutip dari 99 Design, berikut beberapa prediksi trend desain yang bakalan meledak di tahun 2022 :

1. Nostalgia Desain 90-an

Belakangan ini, banyak acara TV populer yang menggunakan dan mempopulerkan kembali desain ala 90 an. Salah satu produk TV yangg cukup populer dan membawa kembali vibes ini adalah Stranger Things yang hadir dengan gaya retro klasik dan Ghoti Serifs dalam logonya.

Selain itu, penggunaan desain dengan style vaporwave mulai marak dan membuat gaya desain ala 90 an ini menjadi mainstream dan cukup populer belakangan ini.

Vaporwave desain
Desain dengan gaya Vaporwave oleh Romy Haucke di Behance

Everything old and retro is new again! People want familiarity and comfort mixed with minimalism—life was overwhelming pre-pandemic. People want to slow down, reflect and have fun
- Joanna Alves, Creative Manager, Product Creation and Experience at Vista

2. Tulisan Ekspresif dan Eksperimental

Seiring dengan semakin berkembanganya teknologi dan dunia yang semakin terhubung berkat kemajuan teknologi informasi, Kita tidak lagi terpaku dengan bentuk icon yang ikonik. Masyarakat mulai bergerak dan mulai memanfaatkan tulisan untuk menciptakan dan membangun brand Mereka.

Tulisan ekspresif dan eksperimental dipercaya akan memperoleh momentumnya dan akan booming di tahun 2022.

Contoh desain dengan tulisan yang ekspresif dan eksperimental

Desain tulisan yang ekspresif dan eksperimental ini tidak memiliki batas karena berdasar kepada eksperimen dan ekspresi pribadi dari setiap kreator dan pembuat desain. Tantangan terbesar dalam membuat desain ini adalah mengkolaborasikan desain yang abstrak dan ekspresif namun tetap membuatnya mudah terbaca dan dikenali.

Tertarik untuk membuat desain tulisan yang ekspresif dan elemental?

3. Flat Desain

Dari tahun ke tahun, Flat Design selalu berhasil mencuri perhatian. Konsep minimalis yang diusung oleh gaya desain yang satu ini berhasil membuatnya tampil cukup stand out dan membuat banyak orang tertarik dengan gaya desain tersebut.

Pandemi dan lockdown berkepanjangan yang membuat oranng cukup jenuh juga membuat orang-orang beralih kepada hal yang sederhana bahkan dalam desain sekalipun. Hal ini yang membuat Flat Design kemudian juga memperoleh momentum dan menjadi mainstream belakagan ini dan akan terus berlanjut.

Flat Design style
Contoh desain dengan gaya Flat Desain dari 99design.com

Desain oleh LittleFox

4. Anti - Desain

Selama beberapa dekade terakhir, para pengembang aplikasi terus berlomba untuk mengembangkan aplikasi Mereka menuju versi yang paling mutakhir. Meski kini aplikasi desain sudah dibuat dengan User Interface yang mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Hal tersebut juga menyebabkan homogenitas dalam lanskap dunia desain.

Sebagai informasi, Homogenitas adalah kesamaan jenis, sifat dan gaya yang tercipta dalam sebuah kelompok.

Berangkan dari hal tersebut, beberapa desainer kontemporer berencana untuk melakukan perubahan yang signifikan di tahun 2022. Hal tersebut kemudian berujung kepada terciptanya Anti - Desainer yang khas dengan gaya desain yang tak terbatas dan tidak terikat dengan aturan.

Desain dengan gaya Anti-Desain oleh Cory Andres dari Dribble


Anti-desain (terkait tetapi tidak sepenuhnya identik dengan Brutalisme) merupakan gaya desain yang dikenal karena: 

  • Menghindari prinsip-prinsip desain tradisional baik dalam selera maupun estetika konvensional,
  • Anti-desain penuh dengan perlawanan terhadap asimetri,
  • Warna yang bentrok, 
  • Antarmuka yang kosong dan terkesan bebas, 
  • Elemen yang ramai dan tipografi yang mencolok. 

Meskipun kita paling sering melihatnya di bidang digital, semangat pemberontakan yang dibawa oleh gaya Anti-desain dapat diterapkan dalam konteks desain apa pun. 

Bagi para kritikus, gaya desain ini dianggap jelek dan tidak estetik karena memang pada dasrnya menolak hal tersebut. Tetapi bagi para pelakunya, anti-desain menciptakan desain yang dibebaskan dari standar-standar estetika yang dibuat orang lain dengan kebebasan yang tidak terbatas.

Tertarik untuk membuat desain dengan gaya Anti-desain? Just give it a try

5. Pola Parametrik

Pattern sering menjadi andalan dalam dunia desain grafis. Pattern sering digunakan untuk memberikan keseimbangan kepada background dengan warna yang polos dan dominan. Di tahun 2022, pola dengan pattern Parametrik diprediksi akan memperoleh momentumnya.

Pola parametrik terdiri dari struktur geometris yang rumit, di mana setiap garis berubah tergantung pada posisi relatifnya. Secara efektif, gaya didasarkan pada grafik persamaan parametrik.


Pattern parametrik dalam desain
Desain berpola Parametrik oleh Arthean dari 99design.com



Itu dia beberapa prediksi trend desain grafis yang akan booming di tahun 2022! Apakah salah satu dari prediksi tersebut adalah spesialisasi Kalian? Atau, Kalian tertarik untuk mencobanya? Yuk ngobrol di kolom komentar.

Kunjungi rubrik desain untuk konten inspiratif dan menarik tentang desain lainnya di blog ini ya!

Salam hangat dari Situbondo

Sumber tulisan :
https://99designs.com/blog/trends/graphic-design-trends/


Posting Komentar

7 Komentar

  1. Balasan
    1. Bener mas, Gaya ini belakang terbentuk akibat dari semakin berkembangnya aplikasi desain dan kondisi Pandemi COVID-19 yang membuat orang ter-lockdown dan mulai mendambakan yang namanya "kebebasan" dan "pemberontakan" yang diwujudkan dalam bentuk desain dengan gaya "Anti-Desain"

      Hapus
  2. Yg anti design, sebenernya aku ga masalah Ama tipe designnya. Tapi Krn cendrung malah membuat bingung maksudnya apa, mungkin Krn keramean dan berantakan, jadi nya bukan design yg aku suka sih 😅.

    Buatku yg penting, simple, gampang terbaca dan mudah dimengerti/digunakan oleh pemula sekalipun 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit susah dipahami memang di bagian Anti-Desain, Saya sendiri juga cukup memutar otak memikirkan cara untuk mendeskripsikan gaya desain yang satu ini.

      Sering nongol di timeline dan postingan, namun tidak tau nama dan deskripsinya

      Hapus
  3. Ternyata ada juga antidesain, menarik nih

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)