6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Punya Portofolio!

6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Punya Portofolio!


Jika Anda akan mendaftar pekerjaan, tentu yang harus disiapkan adalah Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja. Melalui CV perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan dapat melihat data diri serta latar belakang pendidikan Anda. 

Selain CV dan surat lamaran kerja, mencantumkan portofolio atau daftar pencapaian penting untuk beberapa pekerjaan tertentu.

Portofolio adalah ringkasan pengalaman kerja serta berbagai pencapaian yang telah didapatkan sebelumnya dan berhubungan dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Sayangnya, beberapa pelamar kerja sering lupa mencantumkan portofolio dan hanya fokus pada pembuatan CV sehingga menyebabkan peluangnya diterima pekerjaan menjadi lebih kecil.

Setiap pekerjaan yang akan kita lamar biasanya akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah dengan menyertakan portofolio.

Perekrut akan semakin yakin terhadap pelamar yang memberikan contoh karya karena dapat menilai langsung hasil pekerjaannya. Lantas, kira-kira apa saja manfaat yang didapatkan dari portofolio? Untuk mengatasi rasa penasaranmu, berikut merangkumnya untukmu.

1. Menunjukkan Profesionalitas

Tidak bisa dipungkiri, melalui portofolio Kamu akan terlihat profesional di mata orang lain, terutama saat melamar kerja ke sebuah perusahaan. Saat sedang mencari kerja, perekrut dapat mengetahui terlebih dahulu kualitasmu lewat portofolio yang sudah dibuat.

Dilansir dari Career Hub, salah satu cara terbaik dalam membuat portofolio adalah dengan membangun sebuah website. Lewat website, kamu bisa berbagi portofolio tulisan, gambar, video, dan lain-lain kepada orang di seluruh dunia.

Akan tetapi, kira-kira bagaimana ya cara membuat website sendiri?

Tenang saja, saat ini sudah banyak situs yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat website seperti WordPress, Blogspot, Wix, dan lain-lain.

2. Membuka Potensi untuk Mendapatkan Klien


Menurut Skill Share, portofolio sangat penting bagi freelance dalam mendapatkan klien.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Sebab, lewat portofolio yang sudah Kamu buat, klien di luar sana dapat mengetahui karyamu secara langsung.

Jika mereka tertarik dengan hasil kerjamu, besar kemungkinan klien akan menghubungimu dan mengajak untuk kolaborasi dalam membangun sebuah proyek.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang freelance writer dan sedang membangun sebuah blog yang bertema travelling. Nah, tanpa disengaja ada perusahaan travel yang sedang melihat blogmu dan mereka sangat tertarik dengan hasil kerjamu. Sebuah rejeki nompok bukan, niat awal untuk sharing dan berbagi pengalaman ujungnya menjadi pekerjaan menghasilkan cuan.

Sayangnya, manfaat dari portofolio yang satu ini terkadang masih tidak disadari oleh kebanyakan orang.

3. Membangun Personal Branding

Dalam portofolio, kamu tentu mempunyai hasrat untuk menampilkan hasil karya yang ingin diperlihatkan kepada orang-orang lewat website.

Dengan demikian, lama-kelamaan personal branding-mu akan tersusun dengan rapi lewat portofolio yang telah dibuat.

Sebagai contoh, kamu seorang fotografer outdoor. Hasil fotomu telah dipajang di website dan sudah dilihat oleh banyak orang. Saat orang menyukai hasil karyamu, mereka akan mengenalmu sebagai seorang fotografer dengan berbagai proses yang telah dilewati.

Dari situ, tidak menutup kemungkinan kamu akan diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar atau bahkan mengajar di kelas online.

4. Mengeksplorasi Kreativitas

Sonia Cerezo dari Sonia Career lewat Forbes mengatakan bahwa keindahan sebuah portofolio terletak pada seseorang yang berhasil memamerkan bentuk karya terbaiknya kepada semua orang.

Karya tersebut bisa dibuat dalam bentuk format apapun, seperti website, YouTube, podcast dan sebagainya.

Dari situ, kamu dapat mengeksplorasi terus kreativitasmu dalam membuat portofolio supaya terlihat bagus dan berbeda dari orang lain.

Kreativitas menjadi salah satu skill yang harus ditingkatkan secara konsisten supaya membantumu dalam menggapai karier impian ke depannya.

Secara tidak langsung, manfaat dari portofolio adalah memudahkanmu dalam mencari pekerjaan.

5. Sebagai Refleksi Diri

Tanpa disadari, saat membuat portofolio, kamu sebenarnya sedang melakukan refleksi terhadap diri sendiri.

Seperti dilansir dari Career Trend, sebagian besar orang membuat portofolio untuk tujuan profesional. Dalam proses membuatnya, orang-orang akan mencari kira-kira minat atau bakat apa yang mereka punya selama ini serta mendalami kekuatan dan kelemahan diri. Selain itu, mereka dapat mengamati proses serta evaluasi yang harus ditingkatkan.

Bisa dibilang, ini merupakan manfaat yang luar biasa dari portofolio. Sebab, orang-orang akan mengenal dirinya semakin dalam.

6. Mengasah Skill

Portofolio akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Tidak mungkin kamu akan membuat format yang sama dari sebelumnya karena akan terlihat monoton.

Untuk membuat format yang berbeda, setidaknya kamu harus mengasah skill secara konsisten.

Demikian penjelasan singkat mengenai enam manfaat dari menyusun portofolio. Jika kamu belum membuatnya, ada baiknya untuk merencanakannya dari sekarang.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Nah itu dia kadang kalau udah punya pengalaman juga sering banget ditanyain portofolio, sebagai bukti bahwa kita memiliki pengalaman yang real dan bisa dipercayakan oleh orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, ngelamar kerjaan kadang juga dimintai Portofolio sebagai track record dari pengalaman yang suda dikerjakan dan diraih

      Hapus
  2. Setuju masnya! Portfolio melancarkan kedepannya, apalagi yang kerjaan di dunia digital, wajib banget itu!

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)