Pantai Payangan - Hidden Paradise di Ujung Selatan Jember

Coba sebutin nama pantai dengan panorama indah nan memesona dengan tiket masuk yang murah meriah serta masih belum banyak diketahui oleh orang! Kalau gak ada ide, coba datang ke Pantai Payangan Jember.




Pantai Payangan adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Jember. Meski tidak seterkenal Pantai Papuma ataupun Watu Ulo, namun spot destinasi wisata yang satu ini punya panorama yang tak kalah indah dengan 2 destinasi wisata yang kusebutkan sebelumnya.


Beberapa saat yang lalu, Aku berkesempatan untuk mendatangi Pantai Payangan. Meski sebentar, namun terkenang dan keindahan di tempat itu tuh, terngiang-ngiang terus! Pengen banget rasanya buat balik ke Pantai Payangan lagi  kalo punya kesempatan.


Pantai Payangan Jember


Pantai Payangan adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di wilayah Ambulu. Meski tidak seterkenal Pantai Watu Ulo yang cukup populer karena keindahan panorama dan keunikannya, Pantai Payangan pun menyuguhkan panorama yang cukup indah juga.


Sebagai Pantai yang terletak di pesisir selatan pantai Jawa, Pantai Payangan juga memiliki ombak yang cukup besar selayaknya pantai di daerah pesisir selatan lainnya. Cocok banget dijadikan tempat berselancar.


Meski tidak memiliki pasir putih seperti Pantai Papuma, namun eksotisme yang disuguhkan tidak kalah indahnya. Pulau kecil bagian dari teluk love yang berada di lepas pantai Payangan serta pegunungan yang berada di sisi barat menawarkan panorama yang eksotis dan kalau sudah momen sunrise atau sunset tuh panoramanya mengenang banget!!


Gimana Sih Cara Menuju Pantai Payangan?


Untuk akses lokasi pantai Payangan tuh sebenarnya mudah banget, sayang.. Pantai ini belum terkelola dengan baik sehingga minim sekali rambu penunjuk jalan yang ada. Minimnya pengolahan juga membuat potensi yang ada di Pantai Payangan masih belum sepenuhnya dioptimalisasi, hal inilah yang mendasari penilaianku tentang Pantai Payangan sebagai hiden paradise yang ada di Kota Jember.


Untuk menuju pantai Payangan sebenarnya cukup mudah, dari jalan raya Kaliwates Kita hanya perlu ambil jalan lurus sampai ke Ambulu. Sesampainya di perempatan Dira Ambulu, Kita tinggal lurus aja tanpa belok mengikuti jalan. Dari perempatan tersebut, kurang lebih 25 menit mengikuti jalan maka Kalian akan sampai di Pantai Payangan.


Di sepanjang jalan, Kalian tidak akan menemukan rambu penunjuk arah menuju pantai Payangan. Sepanjang jalan Kalian hanya akan menemukan rambu penunjuk jalan menuju pantai Papuma dan Watu Ulo, tapi tenang. Ikuti saja jalan karena Pantai Payangan terletak di ujung jalan atau secara letak berada di sisi paling timur setelah Pantai Papuma di sisi paling barat, Pantai Watu Ulo lalu Pantai Payangan.


Kelebihan dan Kekurangannya?



+) Gaada biaya masuk, serius! Pantai Payangan ini free banget. Kita cuma perlu bayar biaya parkir dan penitipan kendaraan sebesar 5000 rupiah aja. Dan Voilaaaa, selamat menikmati pemandangan indah dengan budget murah.


+) Panoramanya indah gamain-main. Gak putih emang pasirnya, tapi susunan panorama yang ada begitu indah dan manjain mata. Banyak spot yang tentunya instagramable banget dan dengan ombak yang besar, pantai Payangan ini cocok banget buat Kalian yang suka dengan olahraga Surfing.


Habis bahas soal nilai lebihnya, keknya gak afdhal kalo gak bahasin soal nilai kurang atau hal-hal yang perlu ditingkatin dari tempat yang satu ini.


-) Minim sarana, pedagang dan juga tempat sampah. Wahana wisata dan sarana pendukung di Pantai Payangan ini tuh minim banget, pedagangnya juga sedikit. Kalau Kalian mengharapkan wisata kuliner, rasanya Kalian bakalan sedikit kecewa deh.


Karena tidak adanya pedagang dan minimnya wahana pendukung, potensi wisata di Pantai Payangan ini tuh cuma ada 2. Panorama indah serta tempat surfing berselancarnya yang asik buanget! Tapi jangan sampai lupa jaga kebersihan ya! Karena di Pantai Payangan masih sedikit sekali tempat sampahnya.


So, take nothing but picture


Terlepas dari poin negatif tersebut, panorama di Pantai Payangan gak perlu lagi diragukan keindahannya. Cocok banget untuk Kalian yang lagi pengen mantai atau sekedar healing menikmati deburan ombak.



5 Komentar

  1. keren fotonya....
    asik membaca tentang pantai Payangan

    # Informatif.... thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak telah berkunjung Kak Tanza.

      Kuy, kalo ada waktu senggang bisa lah main-main ke Jember, nanti tak tunjukin spot-spot wisata asik di Kota Jember.

      Sehat selalu ya, jaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku

      Hapus
  2. kalau di Jepara malah gratis lho ke pantai, karena memang untuk menarik pengunjung... tapi saat ini kan lagi PPKM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget. Lagi PPKM, tapi semua itu juga demi keamanan dan kenyamanan bersama. Semoga Kita semua bisa ngelewatin ini dengan lancar dan semuanya bisa kembali beroperasi seperti biasa setelahnya

      Hapus
  3. Naaah pantai begini biasanya masih sepi kan ya mas. Makanya blm tertata, tapi aku suka Krn pasti msh alami.

    Dulu pas road trip keliling Jawa, aku sbnrnya udh mau masukin Jember, Krn aku tahu tempat wisata pantainya cantik2, dan mostly msh sepi. Aku ga suka pantai yg rame. Tapi Krn kekurangan waktu, makanya kami batal ke jember.

    Next kalo udh bisa road trip, aku pengin mampir kesana, liat pantai2 nya ;)

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.