Breaking

Hari Dimana Gue Kehilangan Handphone!


Sejenak setelah memarkirkan sepeda, seketika gue langsung bingung. Hal pertama yang gue cari setelah sepeda terparkir adalah HP! Yups, Handphone! Dan setelah gue cek tuh semua kantong sama ngubek-ngubek isi tas dan tempat yang mungkin jadi peletakan HP akhirnya gue harus pasrah dan nerima kalo HP gue udah jatuh somewhere else dan gue gak tau dimana tepatnya!

Dengan sedikit harapan, gua akhirnya kembali nyalain motor dan kembali nyelusurin jalan yang sebelumnya sudah terlewati. Dengan harapan HP tersebut bisa ditemukan kembali dan belum dipungut oleh orang lain. 


Setelah setidaknya 3 kali bolak balik dan tengok kanan kiri jalan tanpa membuahkan hasil, gue terpaksa buat lapang dada dan menerima kalau HP yang sudah selama ini nemenin gue akhirnya harus hilang entah dimana. 

Welll, akhirnya setelah insiden tersebut gue melewatin 1 minggu tanpa alat komunikasi dan tidak terhubungung dengan dunia luar. Kecuali tetangga kanan kiri depan rumah serta orang tua gue tentunya. 

Di zaman yang cukup modern ini perlu diakui bahwa Handphone memang memiliki posisi dan peran tersendiri. Terlebih sebagai orang yang sudah terbiasa menggunakan HP setiap hari dan hampir bisa dibilang tidak lepas dengan benda tersebut, 1 minggu yang gue lewatin sungguh membawa banyak certa dan hikmah. 

Pengalaman 1 Minggu Tanpa Gawai 


“Mobile phone is really urgent and almost everyone in the world own a mobilephone”

Yups! Hal pertama yang gue rasain tentu adalah perasaan, bakal banyak gak ya orang yg nyariin gue? Wkwkwk. Rasanya sungguh berbeda, gak bisa hubungn teman yang jauh, gak bisa scroll timeline social media, gak bisa main game online dikala gabut, nonton youtube dll. Yah! Semua itu terasa sangat amat berbeda. 

Tapi gue merasa sepertinya sudah saatnya untuk mendapat detoksifikasi atas kecanduan gawai yang sudah gue rasain selama ini. Dan yups! Selama 1 minggu gue akhirnya lebih banyak bantuin orang tua di rumah, nonton TV (lagi), makan, tidur siang, tidur malam tapi gak terlalu larut, bikin lebih banyak vector stock daripada biasanya. Yaps, semua itu gue lakuin semata buat killing time! Karena sebelumnya sudah terbiasa bermain gadget setiap punya waktu luang dan kini gue dihadapin buat ngisi waktu luang dengan hal yang ada! Yups! Dirumah aja dan beraktifiitas di sekitar rumah saja! (PSBB masih berlaku bro sist :D!) 

Selain itu, gue juga merasakan banyak detoksifikasi dari yang namanya kecanduan gawai. Oh yeah, gua jadi banyak berinteraksi di dunia nyata, jadi lebih banyak beraktifitas, dan dari semua hal yang gue lakuin rasanya seperti semakin banyak ide kreatid yang kemudian muncul dan gak sabar banget buat segera merealisasikannya! TAPI SEKALI LAGI GUE KUDU SABAR!

Bisa tidur kapan aja, gak lagi nengok HP



Yups! Selain belum punya uang yang cukup untuk membeli handphone baru, gue juga masih ngerasa enjoy nikmati keseharian tanpa handphone dan anggap aja setengah terisolasi dari dunia luas yang bisa gue jumpai via handphone dan gawai elektronik lainnya. 

Secara sederhana gue menyadari beberapa hal partikelir yang gue rasa gak bakal gue dapet jika tidak ada musibah hilangnya handphone ini. Yups, tuhan tak pernah menguji kita melebihi batas kemampuan hambanya! Percayalah, setiap hal positif yang kita tanam pasti membuahkan buah yang juga positif, just wait and be patient! 

Lebih Banyak Berpikir positif! 

Yups, seperti yang udah gue ceritain sebelumnya. Selama 1 minggu tersebut gue menjadi lebih banyak berpikir positif, lebih produktif dan jadi lebih bersyukur dengan apa yang gue miliki. Seperti sejenak lepas dari keterlenaan yang gue miliki. Meski rasanya seperti dijatuhkan, tapi hal itu bikin gue tau rasanya berada di bawah dan ujungnya jadi lebih banyak berpikir positif karena sesungguhnya segala sesuatu itu sebenarnya adil dan proporsional. 

Dan otak gue tuh bener-bener gue paksa buat mikir, buat nyari cara gimana secepatnya bisa ngelaluin masa sulit tersebut. Dan booom banyak sekali pemikiran dan ide yang akhirnya muncul. Selain akhirnya menemukan ide hal ini juga membuktikan bahwa…. 


“Kreatifitas bisa dimunculkan oleh keadaan kepepet”

Tapi hidup dalam keadaan kepepet terus sepertinya juga gaenak sih hahaha. Sebagai langkah awal aku mulai melist ulang semua akun dan hal-hal yang berpotensi memberikan income dan yeah, semuanya berjalan dengan baik. 

Kuncinya sih, jangan panic, stay positive dan percayalah cahaya pasti datang setelah kegelapan datang melanda. Selayaknya pelangi yang muncul setelah hujan. Memberi cahaya kesegaran setelah rintik hujan pekat yang turun dari angkasa (Yaelah puitis amat sih wkwkwkwk) 

Jadi Hemat Pake Banget 

Sumpah gara-gara handphone yang ilang gue jadi super duper irit. Yang biasanya tiap hari nyemil jadi mikir 2 kali lagi buat beli cemilan. Menyisihkan uang buat gue simpen dan yaa beli HP baru tentunya wkwkwkwk. I still need mobilphone to make me connected tentunya! 


Iya, hemat ini bikin gue sadar betapa pentingnya buat siapi tabungan untuk urusan yang amat tidak terduga. Seperti insiden yang gue alamin ini. Ahhhh andai dari dulu gue nyisihin tabungan tiap hari buat hal hal yang gak terduga seperti ini, alangkah mudahnya melewati masa sulit ini. But yeah,,, gue akhirnya bisa bersabar aja sambil mengevaluasi diri selama 1 minggu tersebut. 

__ 

Itu dia pengalamanku selama 1 minggu gak pegang handphone dan memotong kehidupan dari hiruk pikuk dunia maya. Sederhananya, dari musibah yang gue alami gak semuanya buruk, memang awalnya gue sempet yaaa sedikit kesel, tapi ujungnya gue menyadari banyak hal dan merenungi banyak hal yang kemungkinan atau bahkan gak bakal pernah gue temuin dan lakukan jika gue gak mengalami hal tersebut! Kalau kalian gimana nih? Pernah ngalamin hal buruk? Lalu apa aja yang kalian lakukan dan dapatkan kemudian? Yuk saling berbagi!

__

Sumber gambar :
http://www.chinadaily.com.cn/a/201903/22/WS5c941f79a3104842260b1e1e.html
https://www.nytimes.com/2018/09/05/smarter-living/what-to-do-phone-tablet-wont-charge.html

 


8 komentar:

  1. Kalau aku malah pernah sengaja 2 minggu tanpa HP. Waktu itu karena OCD aku sedang parah-parahnya, sudah ke psikiater juga. Ternyata selama 2 minggu itu I feel better, dan obat-obatan dari dokter perlahan dikurangi. Jadi sebenarnya memang bagus juga sih untuk detox :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sih, sejenak mencoba untuk jauh dari gadget seperti membersihkan jiwa dari polusi gitu sih. Kayak ada sesuatu yang rasanya berbeda setelah beberapa saat tidak mengoperasikan gadget atau gawai apapun. sepenuhnya menikmati kehidupan di dunia nyata!

      Hapus
  2. Kalau itu saya, pasti udah nangis guling2. Karena handphone juga penting banget bagi saya. Hal pertama yang bakal saya tangisi adalah. Semua akun, semua ide, semua data penting, saya simpan di hp. Jadi pasti bakal panik luar binasa😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya kesel banget pas sadar kalau handphone sudah hilang. mana semua akun di sinkronkan ke nomer telepon yang juga turut hilang dengan HP tersebut. Beruntung beberapa file penting sudah aku backup ke drive sebelumnya sehingga tidak banyak hal yang perlu diurus kemudian

      Hapus
  3. Aduh repot banget kalo sampe kehilangan hape. banyak urusan udah via hape termasuk yang krusial adalah perbankan.
    Salut mas Rahman bisa tetap waras meski hape ilang. ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh susah mas,, waras sih tapi itu semua berkat lingkungan yang mendukung jadi gak terlalu jadi beban deh. Sekarang alhamdulillah bisa kembali normal :D

      Hapus
  4. 😂 Kalau saya itu pasti gak bisa tidur.. kerjaan semua pakai online, dan online satu2nya pakai tethering smartphone.. 😆 karena nggak ada dan nggak sanggup bayar indihome disini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaaa, dirumah saya malah indihome gak samapai. sudah 4 bulanan sih yang janjinya mmau didatangi dan di instalasi tapi tidak kunjung tampak batang hidungnya

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.