Breaking

Kawah Ilalang, Savana Ijen dan Gunung Apetlepet - 3 Surga Berdekatan yang Ada di Bondowoso

Kawah Ilalang, Savana Ijen dan Gunung Apetlepet - 3 Surga Berdekatan yang Ada di Bondowoso

Yeayyyyy! akhirnya, setelah sibuk dengan banyaknya UAS di kampus, di ujung bulan Januari kemarin aku akhirnya mendapat jatah libur yang lumayan lama. Tentu dengan waktu senggang yang sedikit lama ini, berdiam diri di rumah terus-terus an sedikit terasa membosankan bagiku.

Daripada sekedar berdiam diri dirumah, bantu-bantu orang tua, ngopi, dan jagain ponakan. Akhirnya aku mutusin buat liburan sejenak. Sempat bingung hendak kemana sih liburan kali ini? liburan sebelumnya sudah ke Air Terjun Tancak Kembar.

Awalnya sih ingin pergi ke Kawah Ijen gitu, pengen lihat blue fire di kawahnya gitu, namun karena feel mager kemudian muncul, niat mendaki Ijen pun kandas. Berselang beberapa saat, temen-temen sekumpulan ku pun akhirnya mengajakku pergi ke Savana Ijen.


Berangkat dengan rasa kecewa karena gak jadi pergi ke kawah ijen, setidaknya bisa lah sampai ke tempat yang berdekatan. Iya deket sama kawah ijen, tapi gak sampe gitu! kayak ya.... orang deket tapi gak sampe jadian gitu. Eaaaaah canda doang gaes :D

Savana Ijen adalah hamparan savana luas yang terletak di daerah Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sederhananya tempat berada di kaki gunung Ijen. Karena tergolong sebagai destinasi wisata alam, Savana Ijen dan Kawah Ilalang tidak bisa kita kunjungi setiap saat. Ada kurun waktu dimana baik Savana Ijen maupun kawah ilalang sedang dalam fase mekar dan mempunyai panorama yang cukup indah.


Kapan Waktu yang Tepat Untuk Pergi Savana Ijen


Savana Ijen paling cocok untuk dikunjungi pada kurun waktu bulan Desember hingga Februari. Hal ini karena pada kurun waktu tersebut, ilalang yang tumbuh di tempat ini sedang dalam puncak mekarnya (mari sebut saja begitu) hasilnya, panorama dari banyak pohon ilalang yang tumbuh di kawah ini cukup indah dan tentunya photogenic serta instagramable dong

Kawah Ilalang - Destinasi Wisata Alam Wajib di Bondowoso Selain Kawah Ijen
Suguhan Ilalang di Savana Ijen

Untuk lebih asiknya lagi nih, aku saranin kalian buat pergi ke Savana Ijen sehabis hujan dan dalam keadaan cuaca yang cerah. Karena pohon-pohon ilalang yang tumbuh di tempat tersebut bakal ada dalam kondisi yang cukup indah sehabis diguyur hujan. Tapi gak langsung seusai hujan reda ya! biarkan cahaya matahari menyinarinya agara bunga ilalang dapat mekar dan dalam kondisi yang cukup indah

Lantas apa saja sih yang perlu disiapkan kalo mau pergi ke Savana Ijen?

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sih tentunya kendaraan yang prima. Karena jalan yang sedikit terjal lumayan membutuhkan tekad mengendara yang kuat. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya ya! karena baik kawah ilalang, savana Ijen dan Gunung Apetlepet adalah tempat wisata yang masih alami dan notabene belum dikelola oleh dinas. Tidak banyak rambu penunjuk arah menuju tempat tersebut.

Bagaimana Jalan Menuju Savana Ijen?

Titik pertama yang perlu dituju adalah desa Curah Macan, Sempol, Bondowowo. Untuk tempat ini penunjuk arahnya bisa kalian maping via google maps. Di Desa Curah Macan jangan malu untuk bertanya kepada warga lokal. Tanyalah akses menuju lokasi Kawah Ilalang atau yang oleh penduduk setempat lebih biasa menyebutnya dengan Lawang Seng atau Bukit Glaman


Demi keamanan, silahkan sembunyikan sepeda motor kalian di semak – semak yang tumbuh di kawasan kaki bukit. Kalo masih ragu, titipin aja di gubuk petani yang menggarap ladang di kawasan Bukit Glaman.

Setelah sampai desa, kita masih harus mendaki untuk menuju Kawah Ilalang. Untuk jalannya tak begitu terjal dan waktu tempuh yang diperlukan sekitar 30 menit menuju sisi utara Kawah Ilalang. Dari kawah ilalang, kalian kudu jalan lagi nih beberapa menit menuju Savana Ijen.

Savana Ijen, Kawah Ilalang dan Gunung Apetlepet

Secara spesifik, Savana Ijen terletak diantara Kawah Ilalang dan Gunung Apet lepet. Orang-orang pun masih sering salah kaprah dengan kawah Ilalang, Gunung Apetlepet juga Savana Ijen. Sebenarnya 3 tempat ini berbeda namun letaknya berdekatan.

Sebenarnya, Savana Ijen dan Kawah Ilalang ini panoramanya sebelas dua belas gitu, namun letaknya berbeda. Kenapa dalam tulisan ini aku lebih ekspos dan milih buat pergi ke Savana Ijen? karena beberapa tahun belakangan Kawah Ilalang mulai sering tandus. Salah satu pelariannya pun akhirnya jatuh kepada Savana Ijen ini. Meski jarak tempuhnya bertambah dibandingkan kawah ilalang, namun panoramanya nngak main-main!

Bursa alam savana ijen X bukit apet lèpet. Dua surga yang berkolaborasi bukan hanya siang dan malam yang berpasang-pasang, destinasi wisata pun juga demikian. Kolaborasi indah di penghujung lereng pegunungan Ijen 
-Wafa (Founder Jampoet.co - Bondowoso cloth local brand)

Kawah Ilalang dan Savana Ijen menawarkan penorama kumpulan Ilalang yang tumbuh subur dan cukup indah, sedangkan gunung Apetlepet menuguhkan penorama indah pegunungan. Kalo kata masyarakat lokal sih sama dengan Kawah Wurunga, bahkan lebih indah. Sayangnya, baik gunung apetlepet dan Savana Ijen belum dikelola oleh pemerintah hingga aksesnya belum cukup memadai.

Buat kalian juga, jangan lupa untuk membawa air minum ya! karena seperti yang udah aku sebutkan di awal. Savana Ijen ini masih merupakan wisata alam yang alami dan belum dikelola oleh dinas lokal sama seperti dengan kawah ilalang dan bukit apetlepet, jadi bakal sulit buat nyari pedagang makanan dan minuman di tempat ini! dan ingat! jangan buang sampah sembarangan ya!

Sesampainya di Savana Ijen, kalian bakal takjub dengan panorama alam di tempat ini. Hamparan ilalang yang tumbuh lebat dan mekar memperlihatkan lautan bunga ilalang berwarna putih yang cukup indah. Cukup bagus buat kalian yang lagi nyari spot wisata alam buat nenangin pikiran.

Ke Bondowoso? Jangan Lupa ke Kawah Ilalang!
Jampoet.co dan crew di Savana Ijen

Buat kalian yang mau ngecamp di tempat ini, jangan lupa bawa persediaan yang cukup ya! karena ya memang nngak ada penjual makanan dan minuman di tempat ini hehehe.

Kalo masih pengen wisata terusan, ya monggo deh! habis dari Kawah Ilalang, langsung lanjut ke Savana Ijen. Kalo masih kurang ya lanjut lagi jalan kaki ke Gunung Apetlepet 😂(Kalo capek ya istirahat mblo!)

Nih, sedikit sneak peak buat gunung apetlepet. Aku dapetin di Instagram. Soalnya di trip kemaren cuma sampai di Savana Ijen. Itupun karena Kawah Ilalang yang merupakan destinasi awal dan paling dekat ternyata sedang dalam kondisi gersang.

Panorama alam di Gunung Apetlepet, Ijen, Bondowoso
Terima kasih banyak buat Wafa yang udah cerita banyak soal 3 destinasi tersebut, walau baru bisa sampai ke Savana Ijen dan hanya numpang lewat di Kawah Ilalang saja. Semoga di kesempatan lain bisa sampai beneran di Gunung Apetlepet

Overall, meski medannya sedikit terjal, namun Savana Ijen adalah spot wisata alam yang perlu kalian jadikan wishlist jika kalian pergi ke Bondowoso selain kawah ijen dan tempat wisata lainnya!

Jadi sampai disini dulu untuk tulisanku kali ini! semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan lainnya 
___
Foto foto di tulisan ini oleh :
- Savana Ijen : Ghufron (@ghufron.ardiansyah)
- Kawah Ilalang : https://www.inews.id/travel/destinasi/wisata-bondowoso-indahnya-bukit-berlapis-yang-sembunyi-di-gunung-ijen
- Gunung Apetlepet : Wafa




2 komentar:

  1. Savana itu mirip Padang rumput kali ya kang? Tempatnya masih asri sekali, buat liburan memang cocok sekali kang.,😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat liburan alam paporit nih ke savana emang. Cocok buat mbolang dikala sumuk

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.