Breaking

Bahas Soal Februari Yuk! Kenapa Bisa 29 Hari dan Serba-serbi Lainnya!

Bahas Soal Februari Yuk! Kenapa Bisa 29 Hari dan Serba-serbi Lainnya!

Gak kerasa udah masuk bulan Februari saja! bulan yang katanya setiap tanggal 14 nya merupakan hari kasih sayang! walau akhirnya saya terkejut saat tau asal-usul dari perayaan tersebut! Tapi! kita gak bakal bahas panjang lebar tentang sejarah Valentine kok! hal yang mengganjal dan bikin saya penasaran mulai beberapa hari yang lalu adalah Februari di tahun ini yang mendapat jatah 29 hari

Yups! hal tersebut karena tahun 2020adalah tahun kabisat! yang artinya ada bulan Februari mendapat tambahan jatah 1 hari menjadi 29 Hari. Selamat ulang tahun untuk kalian yang lahir di tanggal 29 Februari! aku tau betapa lamanya kalian menunggu orang mengucapkan selamat ulang tahun yang hanya bisa dirayakan setiap 4 tahun sekali ini!

Besok juga tanggal cantik nih! 0202 2020 cantik ya! kamu gak mau tah? nikah gitu sama aku?

Tapi becanda 😂😂😂

Jadi sebenernya aku tuh mau bahas soal asal usul dari bulan Februari yang beda dengan bulan lain yang ada dalam tahun masehi. Kalo umumnya bulan-bulan lain punya jatah 30/31 hari, namun Februari tetap saja setia dengan28/9 harinya. Benar-benar bulan yang kesepian -Eit dah! malah becanda teross-


jadi sejarahnya itu begini! seperti yang sudah kukutip dari studiobelajar dot kom. Bulan Februari punya latar belakang sejarah yang panjang!

Februari berasal dari kata latin februa/februarius, yang berarti pemurnian atau dapat diartikan suatu istilah untuk pesta penyucian yang diselenggarakan oleh bangsa Romawi kuno.


Sejarah Bulan Februari

Kalender Masehi adalah kalender yang dipakai dan diakui secara internasional atau oleh kalangan gereja dinamakan Anno Domini (AD). Kalender ini erat kaitannya dengan kelahiran Nabi Isa as (Yesus). Saat itu ada perintah dari pimpinan gereja untuk membuat perhitungan tahun dengan titik tolak tahun kelahiran Nabi Isa as (Yesus).

Nah kalender masehi ini sebenernya berdasarkan sistem matahari yang dikenalkan sejak zaman Romawi, jauh sebelum pemerintahan Julius Caesar. Julius Caesar pada awalnya membagi 1 tahun dalam 10 bulan, apa saja ya ? 10 bulan tersebut adalah:
  • Martius
  • Aprilis
  • Maius
  • Junius
  • Quintilis
  • Sextilis
  • September
  • October
  • November
  • December

Nah perlu kamu ketahui, pada zaman dahulu perayaan tahun baru bukan di bulan Januari loh! Soalnya belum ada tuh nama bulan tersebut. Perayaan tahun baru bertepatan dengan awal musim semi yang terjadi pada bulan Maret (tepatnya setiap tanggal 21).

Baca juga : Yuk! Sukses Berkebun Tomat! Ini Kiat dan Tips nya!

Nah seiring perjalanan waktu, para ilmuwan Mesir pada tahun 47 SM merasa bahwa terdapat kesalahan nih pada kalender tersebut. Singkat cerita, setelah Julius Caesar pulang dari Mesir menuju Roma, ia menambahkan 2 bulan lagi dalam kalendernya yaitu Januarius dan Februarius. Sehingga dalam 1 tahun berumur 365 hari dan setiap 4 tahun sekali berumur 366 hari atau disebut tahun kabisat.


Lalu kenapa Februari hanya terdapat 28 hari?

Pada awalnya Julius Caesar menetapkan februari terdapat 29 hari, dan pada tahun kabisat menjadi 30 hari. Nah setelah masa kepemimpinan Julius Caesar berakhir, digantikan oleh Kaisar Agustus. Kaisar Agustus mengubah bulan Sextilis menjadi Augustus (Agustus) untuk mengabadikan namanya. Pada kalender sebelumnya, bulan agustus hanya berisi 30 hari dan ditambah 1 hari oleh Kaisar Agustus menjadi 31 hari!



Penambahan hari tersebut tidak diiringi penambahan jumlah hari dalam satu tahun loh! Melainkan Kaisar Agustus mengambil 1 hari dari bulan Februari ke bulan Agustus. Itulah mengapa pada bulan Februari sampai saat ini hanya terdapat 28 hari atau 29 hari pada tahun kabisat.

Seiring berjalannya waktu, kalender Romawi ini lama-lama menunjukkan adanya kesalahan lagi! Sehingga Paus Gregorius XIII pimpinan gereja Katolik di Roma (1582) melakukan koreksi dan mengeluarkan beberapa keputusan yang salah satunya adalah penetapan 1 Januari sebagai awal tahun baru atau bukan lagi pada bulan Maret! Nah sampai saat ini kalender Masehi dapat diterima oleh seluruh dunia deh! (Studiobelajar.com)


Lalu apa itu Tahun Kabisat?


Kalau menurut Wikipedia sih, tahun kabisat itu adalah :

Tahun kabisat (bahasa Inggris: Leap year) merupakan tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi
Dalam satu tahun tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap empat tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik

Jadi, sederhananya, tahun kabisat adalah tahun dimana tahun tersebut mendapat tambahan 1 hari hasil dari perputaran bumi pada porosnya yang sebenarnya memiliki kelebihan sekitar 5 jam 48 menit.
__

Nah, karena tahun ini kita dapat tambahan 1 hari di bulan Februari, mau kalian apakan sih kelebihan 1 hari tersebut?? apakah kalian punya hal atau wishlist yang ingin kalian kerjakan untuk 1 hari tambahan tersebut? atau jangan-jangan masih belum ada pandangan? atau kalian tidak menyadarinya? 

Yuk, sharing dan berbagi perihal mimpi kalian di bulan Februari ini!


11 komentar:

  1. kasiahn ya yang lahir tanggal 29 februari, ngerayaain yang tanggalnya sama hanya 4 tahun sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Tira, kasian sekali sih orang yang lahirnya tepat tanggal 29 Februari, hanya bisa rayain ulang tahunnya 4 tahun sekali, apa gak jadi bingung tuh nentuin umurnya wkwkwk

      Hapus
  2. Kadang ada yang 28 kadang ada yang 29, tapi gak pernah lebih dari 29 hari sejauh saya hadir di dunia ini hihi. Tapi dibulan ini memang spesial banget si, selain bulan yang berbeda dan unik juga tanggal 14 jadi hari kasing sayang. Yash bener tuh kalo jomlo gimana nih, sayang nya sama siapa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling tidak kita masih sayang dengan diri sendiri mas :)

      Hapus
  3. Oh..iya ya bener. Tahun ini Februari ya nyampe 29...baru nyadar aku. Biar yang lahir di tgl 29 bisa ultah nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyups, selamat ulang tahun untuk mereka yang lagir di tanggal 19 Februari ya :)

      Hapus
  4. Selalu make a wish di bulan ini mas soalnya saya ulang tahun hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, wish U all much happy return for the month of Februari ya mbak :) Selamat ulang tahun :)

      Hapus
    2. Terima kasih makin tua nih hihihi

      Hapus
    3. selamat menua, dan jadi makin bermanfaat :)

      Hapus
  5. wah.. baru tahu saya.jadi orang yang lahir di tanggal 29 februari itu sepecial banget yak...nunggu sampai 4 tahun. pasti mereka punya bakat LDR'an he..he...
    cuma bercanda jangan dimasukin kloset😁✌

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.