Breaking

Menengok Indahnya Pemandangan Arak-arak Masa Kini

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak

Pemandangan Arak-arak adalah tempat wisata yang sudah berdiri cukup lama, namun bisa dibilang sepi peminat. Hal ini lantaran sedikitnya wahana yang tersedia selain anjungan pemandangan yang bisa digunakan berfoto dan melihat pemandangan. Sebelumnya kebanyakan pengendara hanya duduk sejenak di ikon nama Arak-arak tanpa masuk ke kawasan wisata pemandangan arak-arak ini. 

Nah, di penghujung 2019 ini ternyata banyak sekali perbaikan dan pembaharuan di tempat wisata yang satu ini! Apa saja pembaruan tersebut? Yuk simak ceritanya! 


Banyak spot foto yang Instagenic banget! 


Sebagai tempat wisata yang terletak di atas wilayah muter-muter pegunungan arak-arak. Masyarakat atau pengendara yang lewat biasanya mampir ke tempat ini untuk beristirahat sejenka sebelum kembali melanjutkan perjalanan. 

Nah, ide awal dibangunnya tempat wisata ini ternyata sebagai tempat istirahat/ rest area yang nyaman dana aman. Aman karena barang kita terjaga, dan nyaman karena wahana serta tempatnya yang membuat senang dan dapat menghilangkan lelah walau sejenak 

Dalam kawasan pemandangan arak-arak, terdapat banyak spot foto yang cukup instagenic dan cukup nyaman untuk bersantai. Diantaranya: 


Anjungan Pemandangan 

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak


Anjungan ini bisa disebut sebagai ikon pertama dari tempat wisata yang satu ini. Jauh sebelum tempat ini mengalami banyak renovasi dan penambahan wahana dan sarana, anjungan ini merupakan wahana pertama dan spot selfie satu-satunya sebelum kemudian tempat wisata pemandangan arak-arak diberi sentuhan rnovasi dan penambahan wahana lain. 

Untuk spot yang satu ini, tidak banyak perubahan yang terlihat, hanya perbaikan dan pengecetan ulang anjungan serta penambahan 2 buah kursi taman yang cukup instageni di sisi kanan dan sisi kiri yang bisa digunakan wisatawan untuk duduk santai sembari menunggu antrian jika ingin berswafoto di anjungan pemandangan. 


Instalasi Sangkar Burung Buatan Dengan Bahan Alami 

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak


Spot yang satu ini cukup menarik atensi dan booming. Banyak pemuda/I yang datang ke Pemandangan untuk berswafoto di spot yang satu ini. Diletakkan dekat dengan anjungan pemandangan, tempat yang berupa instalasi sangkar burung buatan dengan bahan dasar ranting dan akar-akar an pohon ini terlihat cukup instagenic. Sayangnya untuk spot yang satu ini Cuma bisa dipakai swafoto maksimal oleh 2 orang. Cukup bagus untuk pasangan yang lagi cari tempat swafoto yang romantic. 

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak

Untuk yang datang berkelompok, bisa berfoto di instalasi lingkaran akar yang terletak tidak jauh dari instalasi sangkar burung. Bentuknya yang sedikit lebih besar dapat digunakan berswafoto oleh 4-5 orang. Hasil swafoto di spot yang satu ini juga tidak kalah instagenicnya juga dong! 

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak

Untuk yang suka dengan classic look, ada pula instalasi akar dan ranting yang berbentuk segitiga dengan lingkaran di sisi tengah yang dimanfaatkan sebagai tempat duduk. Terlihat cukup ethnic dan classic serta cukup bagus buat yang ingin berfoto bersama keluarga. 


Wahana Quad Bike 


Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak

Selain tempat berswafoto yang instagenic, ada pula wahana main quadbike yang cukup seru. Tarifnya 10 ribu rupiah untuk 3 putaran. Untuk keluarga yang membawa serta anak mereka mungkin wahana ini bisa dicoba. Cukup seru dan menantang, tapi jangan lupa utamakan keselamatan ya! Jangan terlalu ngebut, ntar jatuh, ntar juga lecet. 


Tiket masuknya berapa? 


Untuk tiket masuknya sih masih 1.500 doang. Tapi menurut penuturan pak Tacip yang ngelola wisata pemandangan arak-arak ini, mulai 1 Januari 2020, sesuai dengan peraturan pemerintah Bondowoso, tiket masuk pemandangan arak-arak dinaikkan menjadi 5000 rupiah perorang. Untuk balita gratis ya! Tiketnya sudah masuk ke yang gendong.

Baca juga : Air Terjun Tancak Kembar - Kesegaran Hakiki di Pelosok Bondowoso

Untuk biaya parker di daerah wisata pemandangan aral-arak dikenai tarif 5 ribu rupiah untuk mobil pribadi, dan sekitar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor. Namun tariff ini masih belum jelas dan bisa jadi ada perubahan tarif parkir per tahun 2020. Tapi tenang, tarif parkirnya tetap rasional kok 


Beberapa catatan kecil lainnya…


Di kawasan wisata pemandangan arak-arak kini juga ada TIC atau Tourist Information Center yang bisa digunakan untuk bersantai atau nonton TV. Selain itu, tenang di tempat ini juga ada pelapak yang menyediakan makanan dan minuman untuk kalian yang lapar dan haus. Ada pula souvenir corner yang menyediakan souvenir local arak-arak. Untuk sementara item yang disediakan masih terbatas kepada kaos dan kerajinan tangan dari batok kelapa dan koran bekas. 

Souvenir khas pemandangan arak-arak

Untuk wahana lain ada resto tebing dan rumah kopi yang sayangnya masih berlum beroperasi dan rencananya akan segera difungsikan per tahun 2020 nanti. Selain itu turut akan dilakukan penghijauan dengan pemberian rumput di kawasan ini juga lo! 

Spot-spot foto nan instagenic di wisata alam pemandangan arak-arak
Tempat duduk unik yang juga instagramable

Untuk jam bukanya sementara masih buka setiap jam 6 pagi sampai jam 9 malam. Kabar baiknya, tempat ini bakal segera buka 24 jam. Untuk sementara pengelola masih kekurangan sumberdaya manusia untuk menjaga tempat ini. Jadi masih menetapkan jam buka mulai 6 pagi sampai 9 malam.
Karena memang letaknya yang berada di jalur utama dan bisa dibilang jalur yang pasti dilalui oleh mereka yang ingin pergi ke Bondowoso dari arah barat, hampir pasti pemandangan arak-arak setidaknya dilewati oleh pengendara yang lewat. 


View this post on Instagram

A post shared by Rahman 🇮🇩 (@rkrx10) on

nah, untuk catatan kecil teraakhir, untuk spot swafoto di tempat ini rencananya bakal dikenai tarif lantaran banyaknya pengunjung yang berswafoto dan lantas berdiam sehingga pengunjung lain yang berkunjung yang juga ingin berswafoto harus menunggu agak lama. Untuk tarifnya masih belum final namun akan berada di kisaran 1000 sampai 2000 rupiah saja!

Bagaimana? berminat untuk singgah? atau kalian sudah pernah sampai ke tempat ini? yuk bagi cerita kalian di kolom komentar ya!

2 komentar:

  1. kayaknya zaman sekarang tuh, hampir di setiap daerah, disulap jadi lokasi yang instagramable deh.
    Semacam kasih wadah buat pecinta feed IG hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sih karena engagement dari instagram itu lumayan gede dan exposure yang didapet juga sama, jadi banyak tempat yang dikasi spot yang instagramable gitu deh

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.