Breaking

Mendefinisikan Ulang Kata "Makan"

Definisi Makan


Makan adalah kegiatan sehari-hari yang pasti rutin kita lakukan. Entah kita makan karena lapar atau sekedar ingin menikmati sebuah makanan. Tentu setiap harinya makan adalah kegiatan rutin yang biasa kita lakukan, baik makan sendiri (bagi yang single / untuk tidak menyebut jomlo) atau yang sudah berpasangan.
Sebagai sebuah kegiatan rutin, tentu makan punya peranan penting dalam hidup kita. Tapi apakah setiap dari kita paham dan mengerti benar esensi dari makan itu sendiri? mengutip dari KBBI makan berarti memasukkan makanan pokok ke dalam mulut serta mengunyah dan menelannya.

Dari makna tersebut bisa diartikan kalau makan itu sebenarnya adalah sebuah kegiatan mengonsumsi/memasukkan sebuah makanan untuk dikonsumsi guna memperoleh tenaga untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan lainnya.

Jadi, esensi dari makan itu adalah mengembalikan tenaga guna melanjutkan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu lah ada kalimat mutiara yang berbunyi

"4 sehat 5 sempurna"

karena memang makan adalah kegiatan tersebut.

Lalu bagaimanakah kabarnya orang yang makan makanan pedas, pedasnya juga berlebih. Sebut saja ayam geprek, mie dower, atau makanan pedas lainnya. Bukankah yang kita beri makan bukan tubuh kita jika makan makanan pedas semacam itu. Lantas apakah yang kita beri makan?

Bukan sekedar makanan pedas, tapi terkadang kita juga menghabiskan banyak uang untuk makanan yang bahkan tidak membuat kenyang. Alasannya agar dapat feel makan yang mewah dan punya bahan untuk Instagram story. Duh duh duh, anak Instagram mulai curhat nih.

Baca Juga : Menikmati Cita Rasa Tahu Besuki yang Nikmat

Dalam kasus yang aku sebutin di atas, definisi makan serasa mengalami distorsi dan sedikit perubahan di dalam makna. Kegiatan makan yang sebenarnya bertujuan mendapat tenaga guna menjalani aktivitas sehari-hari malah bergeser kepada memberi makan nafsu dan keinginan.

Tulisan ini bukan bermaksud menyindir para manusia yang suka makan makanan pedas banget, atau para pecinta kuliner nikmat. Karena memang rasa pedas memiliki cita rasa tersendiri yang disukai oleh segelintir orang yang memang menyukainya.

Dalam tulisan ini, aku hanya ingin mengajak kita untuk sekedar memikirkan kembali definisi dari kata makan itu sendiri. Kata makan sebagai sebuah kegiatan guna memberi tenaga sel-sel tubuh agar kuat menjalani kegiatan sehari-hari.

Lantas apakah kita sudah benar-benar memenuhi esensi dari makan tersebut? atau kita lebih sering memberi makan ego dan emosi kita dengan memenuhi hasrat daripada memenuhi kebutuhan hakiki dari tubuh kita yakni 4 sehat 5 sempurna.



Terlepas dari hal tersebut, makanlah dengan nyaman. Makanlah dengan nikmat, nikmatilah setiap makanan dan minuman yang perlahan menyapa tenggorokan, perlahan masuk kedalam organ-organ pencernaan, memberi tenaga ke setiap sel-sel tubuh, bahkan sel paling kecilnya. Makanlah sesuai dengan proporsimu, karena makan berlebihan juga tidak bagus, makanlah dengan sungguh-sungguh, karena makanan ada untuk dimakan bukan hanya dipajang.

Sudahkah kita makan dengan benar? atau tidak? yuk kita sharing di bagian komentar. Makanlah yang cukup, beri asupan bagi tubuh kita secara cukup, jangan hanya hati terus yang dikasih asupan teross. Dasar bucin :V (lalu perlahan menghilang ditelan kenangan :3)
___
Sumber tulisan :
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/makan
Sumber Gambar :




2 komentar:

  1. Gw kalo inget kata 'makan' jadi inget keponakan sendiri. Di kelas ditanya ibu guru:


    'Keenan hobinya apa?'

    'MAKANNNNN'


    GUBRAGG !!!!



    -___-'


    Btw, salam kenal dek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang punya hobi maisng-masing mas, siapa tau ponakan sampean karena makan bisa jadi youtuber dengan konten MUKBANG misalnya, yang penting terkontrol dan gak kelebihan hehe

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.