Breaking

3 Manfaat Cuci Tangan Yang Tidak Banyak kita ketahui

3 Manfaat Mencuci Tangan untuk Kesehatan


Mencuci tangan setelah menyelesaikan sebuah aktivitas adalah hal sederhana yang seringkali disepelekan oleh sebagian besar orang. Padahal, mencuci tangan sesudah dan sebelum menyelesaikan aktivitas adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan lo!

Mungkin banyak orang bertanya, benar gak sih tangan yang kotor itu sumber penyakit? Hal ini memang merupakan hal sepele yang masih sering kali diabaikan, tapi perlu diingat dan selayaknya dibiasakan mulai dari sekarang untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sebuah aktivitas. Karena mencuci tangan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh kita.

Manfaat cuci tangan memang tidak akan terasa secara instan, tapi dengan membiasakan diri untuk membersihkan tangan baik sebelum maupun sesudah melakukan sebuah kegiatan akan berdampak baik bagi kita kedepannya. 

Masih belum percaya? Baiklah, sebagai sebuah pertimbangan serta motivasi agar kalian bisa memulai kebiasaan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Saya sudah merangkum 3 fakta menarik tentang manfaat mencuci tangan yang saya yakin kebanyakan dari kalian belum ketahui. Apa saja 3 fakta tersebut? Yuk langsung kita bahas satu persatu

Mencuci tangan dapat mencegah Iritasi mata, infeksi, dan trakoma

Penyebab utama gangguan kesehatan pada mata adalah tangan yang kotor. Suatu hal yang sangat berat untuk menolak keinginan mengucek mata yang tiba-tiba teras gatal atau minimal kelilipan debu. Tangan yang kotor inilah yang dapat menjadi penyebab awal dari iritasi mata.

Terkadang kita begitu tanpa berdosanya mengucek mata kita tanpa sebelumnya membersihkan tangan kita yang kotor dan belum tentu higienis. Hal kecil seperti ini bias menjadi penyebab dini dari penyakit mata selain iritasi yang sudah saya sebutkan terlebih dahulu di paragaf sebelumnya. Jadi, mulailah membiasakan diri untuk mencuci tangan kita.

Mencuci tangan dapat mencegah Diare dan Cacingan

Hal lain yang kadang masih disepelakan adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Padahal, hal kecil ini dapat berdampak fatal lo. Diare dapat dengan mudah disebabkan oleh bakteri serta virus yang masuk kedalam tubuh. Terlebih kita menyantap makanan dengan tangan kotor, kebayang gak tuh kita tiba-tiba sakit diare atau cacingan gara-gara tidak biasa mencuci tangan sebelum makan.

Sebagai tambahan, dikutip dari situs live strong. Diare masih merpakan salah satu dari 5 penyakit yang menjadi penyebab kematian anak-anak di dunia. Tentu mencermati hasil laporan ini, kebiasaan mencuci tangan sangat amat perlu untuk diajarkan serta dibiasakan sejak dini agar si buahhati dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Mencuci tangan dapat mencegah gangguan pada sistem pernapasan

Fakta terakhir yang berhasil saya rangkum. Kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas dapat mencegah gangguan pada sistem pernapasan kita lo. Walau sebagian besar penyebab gangguan sistem pernapasan disebabkan oleh lingkungan yang penuh dengan polusi serta bakteri,tapi mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sebuah aktivitas ternyata dapat meminimalisir potensi ganguan terhadap sistem pernapasan lo.

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, tangan yang kotor bisa menjadi penyebab serta media bagi virus untuk masuk ke tubuh kita dengan mudah. Dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan baik dan benar, resiko dari gangguan sistem pernapasan dapat kita minimalisir dengan mudah. Ya! Cukup mudah dan sederhana, hanya dengan membiasakan diri mencuci tangan kita.
__
Itu dia 3 fakta yang berhasil saya rangkum tentang manfaat mencuci tangan yang tidak kita sadari dan masih seringkali kita abaikan. Memang, mencuci tangan adalah sebuah hal sepele, tapi jika sejak dini kita sudah membiasakan diri untuk mencuci dan membersihkan tangan kita hal ini dapat mencegah bebrapa penyakit muncul serta meemberi efek positif terhadap kesehatan kita.

Buat mom dan dad yang berkesempatan untuk membaca tulisan ini, mungkin sudah saatnya untuk membiasakan buah hati kita untuk membersihkan tangan mereka sejak sekarang, baik sebelum maupun sesudah menyelesaikan sebuah aktifitas.

______
Sumber tulisan :
https://www.livestrong.com/article/353130-what-are-the-benefits-of-hand-washing/

Sumber gambar :
Unsplash.com

Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.