Breaking

Hal-hal Menarik Tentang Ngantuk Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui!

Beberapa fakta menarik tentang ngantuk yang jarang diketahui oleh masyarakat


Ngantuk adalah hal yang biasa kita rasakan jika waktu sudah mulai beranjak malam hari, atau jikala badan kita sudah cukup lelah. Maka kita akan merasakan rasa kantuk yang teramat sangat. Hal ini normal karena tubuh manusia butuh istirahat untuk memulihkan stamina dan kebugaran kita.

Lalu? gimana sih ngantuk itu bisa terjadi? mengutip dari anakbertanya.com ngantuk itu terjadi karena

Di dalam otak kita terdapat kelenjar pineal. Kelenjar adalah organ (bagian tubuh) yang mengeluarkan zat-zat, khususnya hormon, yang memiliki fungsi tertentu bagi tubuh manusia. Kelenjar pineal mengeluarkan atau mensekresikan hormon melatonin. Hormon melatonin ini mampu mengontrol hormon-hormon lain supaya bisa mempertahankan circadian rythm.

Circadian rythm, atau dalam bahasa Indonesia disebut irama sirkadian, adalah jam biologis manusia selama 24 jam. Irama sirkadian inilah yang memainkan peran penting bagi manusia untuk bisa tertidur dan terbangun. Jadi hormon melatonin itulah yang menyebabkan manusia merasakan kantuk.

Rumit ya? sederhananya  ngantuk itu disebabkan oleh beberapa hormon yang diproduksi oleh tubuh kita yang akhirnya menyebabkan rasa ngantuk muncul. Hal itu bisa disebabkan kelelahan, kurang tidur, atau beberapa hal lain.

Tapi, tahukah kalian jika ada beberapa hal unik tentang ngantuk yang sebagian besar saya yakin tidak kalian ketahui. Penasaran nih? biar gak lama-lama yuk kita mulai bahas satu persatu dimulai dari hal yang saya rasa sudah lumrah diketahui.

1. Sarapan Terlalu Banyak Mengakibatkan Kantuk

Banyak orang yang menyatakan bahwa sarapan terlalu banyak dapat menybabkan ngantuk. Tidak sarapan sama sekali juga dapat menyebabkan ngantuk 😂. Jadi bingung kan! lalu sarapan yang baik itu bagaimana? menurut saran dari banyak pakar dan ahli kesehatan, sarapan yang baik adalah sarapan yang cukup. Dalam artian tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar.

Baca juga :5 Cara Ampuh Putihkan Gigi

Tapi apakah sarapan terlalu banyak itu benar-benar dapat menyebabkan kantuk? Jika kalian berselancar di internet dan mencari penjelasannya, niscaya kalian akan mendapati pernyataan kalau sarapan terlalu banyak itu memang dapat menyebabkan ngantuk. 

Karena dalam tulisan ini kita tidak akan bertele-tele membahas penyebab alamiah yang disajikan dengan bahsa yang cukup saintifik, maka mari kita lewati penjelasan rinci tentang penyebab ngantuk dari sarapan yang berlebihan.

Sederhananya, ngantuk karena sarapan yang berlebihan disebabkan oleh proses pencernaan yang pada akhirnya berujung pada pemroduksian hormon yang dapat membuat kita menjadi ngantuk. Nah, sarapan yang ideal itu sebenarnya cukup mudah! seperti nasihat yang sudah lumrah

4 sehat 5 sempurna

Memakan buah-buahan atau roti di pagi hari sebagai menu sarapan adalah pilihan yang cukup ideal agar kita tidak mengalami ngantuk karrena sarapan yang berlebihan di pagi hari.

2. Udah Tidur Cukup, Tapi Masih Ngantuk?

Nah, meski kita sudah tidur dengan cukup, yang katanya para ahli itu sekitar 8 jam sehari, tapi kita masih sering merasa ngantuk seharian. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab hal tersebut. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kualitas tidur yang tidak baik, bisa karena posisi tidur kita yang tidak tepat.

Selain itu, ada kemungkinan jika kita mengalami gangguan istiarahat atau bisa dibilang sebagai penyakit. Beberapa penyakit umum yang mengganggu siklus tidur seperti Narkolepsi, Restless legs syndrom, dan Obstructive Sleep Apnea.Untuk penjelasannya silahkan googling ya! 

3. Tahan Ngantuk Selama 15 Menit Bisa Hilangkan Ngantuk

Pada umumnya, jikalau orang mulai merasa ngantuk maka mereka akan tidur. Namun jika ada beberapa hal yang perlu diselesaikan, maka biasanya mereka mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Nah, untuk poin yang satu ini. Saya ingin membagikan nasihat yang sering saya terima dari para orang tua serta sespuh di daerah saya. Dari penuturan mereka, menahan kantuk selama 15 menit dapat membuat rasa kantuk hilang dalam kurun waktu yang agak lama.


Benarkah? silahkan cobalah melakuakn beberapa hal yang dapat menghilangkan kantuk selama 15 menit. Seperti jalan-jalan,olahraga ringan, minum air, atau  bermain game.Dalam 15 menit kemudian saya yakin rasa kantuk akan hilang untuk beberapa saat yang lumayan lama 😂  

___

Itu dia 3 hal tentang ngantuk yang ingin saya bagikan untuk kalian. Jika kalian sering begadang menyelesaikan pekerjaan kalina. Semangat ya :) janganlupa istirahat. Jika kalian ngantuk? silahkan nyanyikan lagu legendaris om Roma Irama

Begadang jangan begadang, kalau tiada perlunya

Punya fakta atau hal menarik tentang ngantuk? yuk bagikan di kolom komentar. 

Sampai jumpa di tulisan lain ya 😁

____

Sumber gambar : www.unsplash.com

2 komentar:

  1. Nahhh ini nih soal ngantuk ni aneh banget, kalau lagi diluar rasa ngantuk tuh ga ada... Jangankan ngantuk nguap nguap gitu jarang banget, tapi sekali udah sampe kos atau udah menyentuhkan tubuh ke ranjang udah dah mulai ada rasa ngantuk dan nguaaaaaappp terus, asli lahh wkwkw, tapi pas keluar gitu gak ngantuk, padahal kelelahan gak, memang ranjang ku ini bermasalah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ranjang mu memiliki gaya gravitasi yang sangat tinggi tuh :D

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.