Breaking

Belajar Bahasa Inggris Mulai dari Mana?



Bahasa inggris adalah satu hal yang mungkin sangat urgent untuk diketahui dan dipahami segelintir orang.  Karena sebagian besar aplikasi menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa default nya, meski ada pula beberapa website yang menyediakan versi bahasa Indonesia

Bagi saya, bahsa inggris memang sangat perlu untuk dipelajari karena statusnya sebagai bahasa internasional. Banyak konferensi serta pertemuan yang menggunakan bahsa inggris sebagai bahsa utama. Bagi akademisi, terkadang juga memiliki keharusan untuk membuat paper berbahasa inggris sebagai syarat kelulusan. 

Lalu bagi kita yang baru belajar bahasa inggris harus mulai dari mana? banyak orang yang bilang lebih baik kita mulai dari speaking dan grammar. 2 komponen yang tidak terpisahkan. Grammar tentang tata bahasa dan speaking soal praktik berbicara bahasa inggris.

Yups, hal itu benar, tapi bagi saya jika kita barubelajar bahsa inggris sebaiknya mulai dari reading.

Kenapa harus Reading?

Alasan pertama aadalah membaca berarti mengenali sebuah bahasa. Jika kita tidak membaca kita tidak akan familiar dengan baahasa yang akan kita pelajari. Jadi, mulailah dengan membaca text text berbahasa inggris. Kenali tulisannya, cara bacanya, serta artinya.

Kedua. dengan reading kita bisa mengenali gaya bahsa tertentu. Hal ini saya pahami setelah membaca novel best seller Big Friendly Giant. Dalam buku tersebut terdapat banyak sekali kaidah bahsa yang berbeda dengan grammar inggris secara umum. Jadi, dengan membaca kita bisa paham dan kenal dengan berbagai perbedaan bahasa dan kaidahnya.

Ketiga, jika kita bisa membaca sebuah text dengan baik dan benar, maka saya yakin kita tau dengan tulisannya sekaligus artinya.  Selayaknya kita baca novel bahsa Indonesia, tentu kit paham dan tau arti tulisan yang kita baca? jika tidak maka ita tidak bisa menikmati tulisan tersebut.

Itulah 3 alsan kenapa saya menyarankan untuk mulai mempelajari bahsa inggris dari reading. Nah, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan mempelajari grammar dan praktik speaking.

____

Tips dari saya, untuk mencari tulisan bahsa inggris, silahkan buka situs-situs berita berbahsa ingris seperti BBC, Washington post, serta situs lainnya. Atau carilah e-book berbahsa inggris.

So, selamat belajar, dan jangan mudah menyerah. Jika ada pertanyaan atau ingin berbincang bahasa inggris tapi tidak punya partner, silahkan hubungi saya. Saya akan berusaha menjadi partner yang baik dalam proses belajar kalian.

"Your world is as wide as your language"

4 komentar:

  1. Bagus mas sarannya, tapi mendengarkan lagu inggris dan menerjemahkan artinya juga bisa mempermudah kita belajar bahasa inggris, itu pengalaman saya 😊

    BalasHapus
  2. Setuju, dengan membaca akan dengan mudahnya menemukan kosa kata yang sering dipergunakan dalam berkomunikasi keseharian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tuh! saya juga merasaknnya, dulu sih awalnya belajar fokus ke grammar. eh ternyata mnding ke reading dulu baru ke yang lain

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.