Breaking

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Channel Youtube

Dewasa ini youtube sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hampir semua orang tahu apa itu youtube! situs berbagi video yang bisa diakses secara gratis oleh siapapun. Youtube telah membawa banyak perubahan serta kemudahan bagi orang-orang. Banyak video bermanfaat serta menghibur bertebaran di Youtube.

Di Indonesia, Youtube pun dikenal baik. Selain itu, dengan keberhasilan Atta Halilintar dan Ria Ricis memperoleh 10 juta subscriber pertama di Asia tenggara tentu membuat youtube semakin dikenal. Selain itu, banyak youtuber pemula yang ikut meramaikan jagad Youtube dengan kehadiran mereka.

Nah, buat kalian yang ingin memulai sebuah channel youtube, ada baiknya perhatikan 7 hal berikut :

Source gambar : www.freepik.com

1. Apa Motivasi Kalian Membuat Channel Youtube


Hal pertama adalah motivasi kalian membuat channel tersebut. Apakah mungkin karena kalian ingin berbagi informasi, berbagi ilmu, atau sekedar iseng-iseng saja. Kenapa hal ini harus diperhatikan? karena akan berdampak kepada 3 hal yang akan kita alami selanjutnya

Jika kalian bingung dengan motivasi kalian, cobalah pikirkan 3 hal berikut! 


  • - Tentang apa video di channel kalian nanti?
  • - Target viewer seperti apa nantinya? anak-anak? pemuda? atau orang dewasa? atau bahkan segala umur?
  • - Kenapa orang harus menonton video kalian?

Setelah kalian memikirkan 3 hal tersebut, saya yakin setidaknya kalian sudah punya motivasi untuk membuat dan membangun channel Youtube kalian.

2. Seberapa Sering Kalian Update Video


Dalam dunia Youtube, konsistensi adalah hal yang dibutuhkan. Karena jika sudah mempunyai fans yang setia menonton video kalian, mereka pasti akan sangat bahagia jika kalian sering update video baru. Tapi ada beberapa hal yang perlu diingat


  • Untuk video Vlog dan permainan mungkin kita bisa update setiap hari (Contoh :Atta Halilintar)
  • Untuk Video dengan pecobaan serta kebutuhan khusus mungkin 1 minggu sekali (Contoh : Eksperimen dll)
  • Untuk video event dan semacamnya mungkin membutuhkan waktu beberapa lama.

Nah, oleh karena itu ada baiknya kita menentukan niche serta motivasi channel youtube kita terlebih dahulu. Update yang teratur tentu lebih disukai viewers daripada channel yang tidak jelas kapan updatenya.

Tipsnya, simpanlah beberapa video serta upload behind the scene atau hal lain yang masih berhubungan dengan channel kita jika pada saat terntentu kita belum bisa upload video sesuai niche.

3. Youtuber Sukses Butuh Konsistensi dan Ciri Khas


Yaps, jika kita sudah memulai channel youtube, kita harus bisa memberikan warna lain dalam channel kita. Pertama agar channel kita berbeda dan mudah dikenali. Hal ini bisa dimulai dengan pemilihan nama dan niche.

Selanjutnya bisa diikuti dengan ciri khas video serta hal lain yang bisa menjadi identitas channel kita. Contohya opening video, gaya pengambilan gambar, ending, serta hal lainnya!

4. Alat-alat Yang Dibutuhkan


Mungkin hal ini bisa dikesampingkan karena bisa memanfaatkan smartphone yang saya rasa sangat memudahkan kita. Tpi biarkan saya menyebut beberapa alat yang mungkin bakal dibutuhkan kemudian hari


  • - Kamera
  • - PC dan Software Editing Video
  • - Green Screen


Sebenarnya 3 hal tersebut tidak bersifat wajib. Tapi dengan kamera yang api tentu video kita bisa lebih  bagus. Juga, dengan editing yang rapih, video kita bisa menjadi lebih menarik tentunya. Tspi, kembali ke diri kita sendiri mau mulai dari mana.

Baca juga : Seberapa Pentingkah Smartphone Untukmu?

5. Promosi Channel Youtube dan Gabung Komunitas


Ada banyak cara untuk promosi. Yang berbayar bisa via google adsense. Yang gratisan bisa melalui sosial media dan komunitas.

Saya sarankan untuk bergabung dengan komunitas, karena kita bisa berbagi ilmu dalam komunitas tersebut. Juga kita bisa membagikan link video kita disana.

6. Mendapatkan Bayaran Dari Youtube


Untuk yang satu ini bisa kita kesampingkan terlebih dahulu (dan mungkin akan saya bahas secara lebih terperinci di tullisan lain). Saran saya, mulailah membangun channel youtube dengan landasan hobi agar tidak mudah surut dan kehabisan ide suatu waktu.

7. Tentukan Goal kalian


Yang terakhir adalah goal. Kita harus menentukan goal kita. Tentunya goal kita harus realistis, serta bisa dicapai. Mungkin mendapat jumlah subscriber tertentu atau hal lain bisa menjadi salah satu goal kita. Silahkan susun serta rencanakan goal kalian masing-masing.

Selai itu, Goal bisa menjadi motivasi bagi kita untuk tetap konsisten dalam membangun channel tersebut.

Channel Seperti Apa Yang Akan Kalian Buat?


Seelah kalian pertimbangkan 7 hal tersebut, apakah sudah ada awang-awang atau rencana untuk membuat sebuah channel? atau mungkin jika sudah punya kemudia punya ide baru?

Sekian dari saya, Keep creative dan semoga sukses!

2 komentar:

  1. Wah.. kalau saya gak punya youtube gan... nonton youtube saja jarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadudu, baru tau :) soalnya sekarang kan lagi boomingnya Yoiutube gitu :)

      Saya jarang juga kok nonton Youtube, kalau ada wifi aja sih biasanya :)
      Ini kan masuk bagian dimaana incarannyaViewer yang cuma nonton kalau dapet wifi :D

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.