Grogi Ketika Bertemu dengan Orang Tersayang? Ini Tips untuk Lancarkan Komunikasimu


Kita semua mungkin pernah mengalami momen di mana lidah seperti kelu dan bingung mau bicara apa di depan seseorang yang kita taksir. Atau kita justru mengatakan sesuatu yang membuat kita seperti orang bodoh akibat rasa gugup tadi.

Ternyata ada penjelasan ilmiah mengapa saat berhadapan dengan seseorang yang kita sukai bisa membuat kita gugup. Salah satu sebabnya adalah respon kimia dalam tubuh yang hampir sama dengan saat seseorang menggunakan obat terlarang.

Alasan Kamu Sering Gugup Saat Dekat Gebetan


Sebenarnya gugup saat jatuh cinta itu wajar karena tubuh memproduksi hormon yang menyebabkan emosi jadi campur aduk. Menyimpulkan penyebab gugup ketika berada di dekat orang tersayang itu penting bagimu untuk menemukan cara terbaik mengatasi rasa gugup itu.

Berikut, beberapa alasan yang biasanya menjadi penyebab rasa gugup saat berdekatan dengan si dia:

  • Dia kelihatan cantik banget: penampilan si dia yang tipe kamu banget memang bisa bikin kamu jadi super gugup ketika berada di dekatnya. Hal ini tidak mengherankan kok sebab kamu sedang dalam tahap pendekatan sehingga merasakan getar-getar cinta yang kuat. Pokoknya kecantikan dia bikin kamu gagal fokus gitu deh.
  • Kamu tipe pria pemalu: pria pemalu memang sulit mengungkapkan perasaan dan cenderung mudah gugup saat berdekatan dengan gebetan. Namun, jangan sampai rasa malu jadi berlarut-larut hingga kamu enggan berinteraksi dengannya, ya. Usahakan untuk mengatur rasa malu secara bijaksana agar kamu tetap luwes beraktivitas bersama gebetan.
  • Punya perasaan mendalam untuknya: perasaan mendalam bikin kamu tak sekadar naksir, tetapi juga ingin selalu melindungi dia dan melihatnya bahagia. Wah, kalau sudah begini berarti perasaanmu patut diperjuangkan. Rasa gugup mesti lekas diatasi sehingga tidak mengganggu usahamu saat mendekatinya.
  • Khawatir dengan opini dia tentangmu: kekhawatiran mendapatkan penolakan dari gebetan juga bisa bikin kamu jadi gugup. Meskipun terbilang wajar, sesungguhnya alasan gugup ini tak boleh dibiarkan begitu saja.

Bila kamu berada dalam satu circle dengan gebetan, niscaya kamu lebih mudah mencari tahu tentang pandangan dia terhadap kehadiranmu. Misalnya, si dia gemar berinteraksi denganmu karena kamu humoris, suka menolong semua orang, atau bijaksana.

Penjelasan Klinis Kenapa Kita Suka Gugup di Depan Orang Tersayang?



Berhadapan dengan orang yang ditaksir bisa membuat tubuh melepaskan hormon-hormon berikut: dopamin, adrenalin, serotonin, estrogen, bahkan testosteron

Kombinasi dari semua hormon yang keluar ini ini disinyalir mampu membuat kecerdasan dan juga kepercayaan diri seolah lenyap. Tak hanya itu, reaksi hormon-hormon tersebut juga akan mengganggu kemampuan kita berbicara.

Nah, gimana caranya biar dekat si dia itu kita bisa nggak terlalu terlihat gugup? Nah, kita bisa melakukan beberapa hal:

  • Berusaha untuk berpikir positif bahwa kita akan baik-baik saja saat ketemu dengan dia.
  • Selalu tersenyum. Senyum itu bisa mengurangi rasa gugup yang timbul.
  • Percaya dirilah saat berpapasan dengannya.

2 Komentar

  1. wah artikelnya bagus, salah satu alasan saya gugup di circle orang yang saya suka adalah takut salah ngomong atau salah sikap yang malah bisa bikin dia jadi ilfeel sama saya. thanks tips nya kak. (https://didiable.com/)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, Kak. Pede aja dan selamat membangun komunikasi yang baik dengan orang tersayang.

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.