Berkomunikasi dengan Percaya Diri Seperti Pemimpin

Berkomunikasi dengan Percaya Diri Seperti Pemimpin

Komunikasi yang efektif adalah kemampuan penting dalam dunia profesional. Baik dalam pekerjaan, karir, dan pendidikan. Komunikasi efektif memungkinkan Kita untuk berbagi ide dengan jelas dan ringkas, membangun hubungan dengan anggota tim atau rekan kerja, dan memotivasi mereka untuk bertindak.

Ada banyak cara untuk berkomunikasi secara efektif. Baik itu secara verbal, maupun secara non verbal melalui media seperti tulisan. Beberapa pemimpin lebih suka menulis, sementara yang lain lebih suka berbicara. Namun, hal yang paling penting adalah menemukan metode yang sesuai dengan diri kita masing-masing.



Berkomunikasi Seperti Seorang Pemimpin


Seorang pemimpin memiliki pengaruh yang sangat besar sebagai seorang trendsetter, orang paling terdepan yang akan diikuti dan dicontoh oleh para pengikutnya. Seorang pemimpin perlu menjadi komunikator yang efektif karena berinteraksi dengan banyak orang. Baik internal, eksternal, maupun pihak ketiga.

Seorang pemimpin tentu adalah sosok yang kharismatik, elegan dan dihormati. Hal itu diperoleh melalui etos kerja, penampilan, dan pola komunikasi seorang pemimpin. Lalu, bagaimana sih cara berkomunikasi dengan percaya diri seperti seorang pemimpin?


Berikut adalah empat taktik umum yang digunakan oleh para pemimpin top saat berkomunikasi dengan tim mereka:

Gunakan kata-kata pendek untuk membicarakan hal-hal yang sulit


Jika Anda peduli untuk dianggap kredibel dan cerdas, jangan gunakan bahasa yang kompleks jika bahasa yang lebih sederhana bisa digunakan,” tulis Daniel Kahneman, ekonom pemenang Nobel dalam bukunya Thinking, Fast and Slow. Dia berpendapat bahwa pembicara dan penulis terkemuka melakukan segala cara yang mereka bisa untuk mengurangi ‘tegangan kognitif’.”

Kalimat yang kompleks cenderung sulit dipahami karena memerlukan lebih banyak konsentrasi. Untuk mendapatkan lebih banyak dukungan, gunakan kata-kata dan kalimat yang lebih pendek dan lebih sederhana.

Pilih metafora untuk memperkuat ide


Ketika Anda memperkenalkan sesuatu yang baru atau abstrak, audiens Anda akan mencoba untuk menghubungkannya dengan sesuatu yang mereka sudah tahu. Metafora adalah cara yang bagus untuk melakukan ini, karena mereka membandingkan sesuatu yang tidak familiar dengan sesuatu yang familiar.

Sederhanakan data untuk menciptakan nilai


Untuk menunjukkan nilai ide Anda, sederhanakan data agar relevan dengan pendengar Anda. Untuk membuat data poin menarik, Anda perlu mempersonalisasinya dengan menempatkannya dalam perspektif. Menampilkan slide PowerPoint dengan statistik dan bagan dapat menjadi berlebihan dan melelahkan, jadi luangkan waktu ekstra untuk membuat angka-angka Anda menarik, mudah diingat, dan pada akhirnya, persuasif.

Jadikan Misi Sebagai Mantra


Banyak pemimpin terkemuka menjadikan misi mereka sebagai mantra. Mereka mengulanginya begitu sering sehingga menjadi mantra yang kuat untuk mendorong organisasi mereka maju. Misi Anda harus menjadi yang terpenting dalam semua komunikasi Anda. Gunakan itu di memo, email, presentasi, media sosial, dan marketing material perusahaan Anda.

Kesimpulan


Berkomunikasi seperti seorang pemimpin tidaklah menuntut kita menjadi seorang pemimpin di sebuah organisasi, perusahaan maupun lembaga. Setiap dari kita hakikatnya adalah pemimpin bagi diri kita sendiri. Oleh karenanya, tidaklah salah untuk mempraktikkan komunikasi yang efisien seperti berkomunikasi layaknya seorang pemimpin. (*)

2 Komentar

  1. Berkomunikasi dengan pemimpin mesti jelas dan lugas serta tidak bertele-tele ya? Soalnya pemimpin itu biasanya sibuk dan dia hanya ingin to the point aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simpel, lugas, dan berwibawa. Pemimpin cenderung berkomunikasi secara efektif namun disaat bersamaan tidak terlalu mbulet. Jenis komunikasi ini cocok banget untuk diaplikasikan. Toh, kita semua sebenarnya adalah pemimpin, kan.

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.