Berkendara Aman dan Lancar dengan Ban Sehat Terawat, ini Tipsnya!

Berkendara Aman dan Lancar dengan Ban Sehat Terawat, ini Tipsnya!

Ban adalah komponen kendaraan yang sangat wajib diperhatikan dan dirawat secara berkala. Pasalnya, tanpa ban sehat dan terawat, perjalanan akan menjadi sulit dan juga bisa membahayakan pengendara, lho!

Merawat ban adalah hal mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Terdapat beberapa kondisi visual yang bisa dilihat ketika ban sudah waktunya diganti. Salah satunya adalah ketika kondisi ban sudah aus atau licin. Artinya, ban kendaraan kita sudah waktunya untuk diganti.

Fungsi Ban untuk Kendaraan Bermotor


Setiap kendaraan darat tentu saja memiliki roda yang di mana berfungsi sebagai bagian kaki kendaraan tersebut. Hal ini mengingat fungsinya yang sangat amat vital dan sangat penting maka kita harus selalu merawat dan menggunakannya tanpa berlebihan yang bisa saja membuat ban motor cepat tipis dan sering bocor.

Ban berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan. Ban juga berfungsi sebagai pelindung roda dari aus dan kerusakan. Selain itu, Ban juga berperan penting dalam menjaga kestabilan kendaraan dan permukaan jalan. Tekanan angin yang tepat dan kondisi ban prima dapat memberikan pengalaman berkendara aman dan luar biasa.

Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari bahan karet sintetik walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.

Tapi, tau gak sih, dengan perawatan rutin dan berkala, kita dapat memperpanjang umur ban kendaraan. Membuat ban motor selalu prima dalam setiap perjalanan. Gimana sih caranya? Yuk bahas bareng, cekidot!

Tips Merawat Ban Motor Selalu Prima untuk Setiap Perjalanan


1. Pastikan ukuran ban sesuai dengan standar bawaan


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya kita tidak merubah bagian pada ban motor. Baik itu ban luar, ban dalam, maupun velg yang digunakan. Sebab, pabrik produksi motor tersebut sudah melakukan pengujian serta memperhitungkan segala jenis risiko hingga perkiraan-perkiraan lain terkait ukuran ban yang baik untuk motor. 

Mengganti ban yang lebih besar atau lebih kecil, maka akan mempengaruhi pengalaman berkendara selama di jalan. Hal ini mungkin juga akan menimbulkan beberapa risiko lain yang tidak kita inginkan, lho.
 

2. Rutin mencuci ban motor


Ternyata, tidak hanya body motor saja yang perlu dicuci. Bahkan, ban motor juga perlu untuk rutin dicuci secara berkala. Kenapa demikian? Tentu saja bukan sekadar untuk membuat penampilan ban motor bersih semata, melainkan sebagai upaya untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian ban motor. Khususnya kotoran yang berada di area celah antara ban dan juga velg.

Bukan tanpa sebab, mengingat jika ada kotoran berupa partikel kecil seperti kerikil akan sangat berpotensi masuk ke celah antara velg dan ban. Jika sudah masuk, maka akan memicu rongga yang membuat angin di dalam ban terdorong keluar melalui celah akibat dari adanya partikel yang masuk ke bagian sela ban dan velg tersebut.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu mencuci dan membilas ban motor secara rutin. Terutama pada saat musim hujan tiba yang mana kemungkinan besar akan ada banyak pasir atau kerikil kecil yang menempel pada ban saat melalui medan berlumpur.

3. Hindari membawa beban berlebih



Cara merawat ban motor tetap awet dan tidak mudah aus adalah tidak membawa beban berat yang melebihi kemampuan kapasitas bawaan motor. Pasalnya, jika terlalu sering membawa beban berat maka secara tidak langsung akan menekan posisi ban, di mana tekanan tersebut akan memicu angin terdorong keluar dengan tekanan besar.

Jika dilakukan secara sering, maka bentuk ban secara otomatis akan rata di bagian permukaan atau yang bersentuhan dengan medan jalan yang disebabkan karena tekanan terlalu berat yang dibawanya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tidak membawa beban berat pada motor sebagai langkah guna menjaga kondisi ban motor agar awet dan tidak mudah aus atau botak.

Jika memang terpaksa dikarenakan aktivitas mobilitas rutin maka sebaiknya istirahatkan sejenak motor beberapa menit, sesaat setelah membawa beban berat untuk memberikan ruang tekanan angin dalam ban supaya bisa berada pada sela-sela yang pas di dalam ban.

4. Isi angin dengan tekanan yang sesuai


Perlu diketahui bahwa kondisi ban yang kekurangan udara sangat berpotensi membuat pengalaman berkendara kita kurang memuaskan. Karena alasan itu, maka sangat disarankan sekali sebelum motor digunakan untuk beraktivitas, pastikan tekanan udara yang ada pada ban sudah sesuai anjuran dari pabrik.

Sebaiknya, isi angin dengan tekanan yang pas dan sesuai standar pabrik. Sebab, jika udara dalam ban minim, justru akan memicu timbulnya ban pecah dan cepat aus. Kondisi tersebut jika dibiarkan juga akan membahayakan kita dalam perjalanan. Apalagi jika kita memiliki aktivitas intensitas perjalanan tinggi.

5. Hindari memarkirkan motor di bawah terik matahari terlalu lama


Sinar matahari yang terik ternyata juga dapat menjadi salah satu faktor yang membuat kondisi ban motormu tak lagi prima. Tekstur pada ban motor bisa menjadi keras sewaktu-waktu hingga menimbulkan retakan pada bagian permukaan ban.

6. Hindari melakukan pengereman mendadak


Saat kita melakukan pengereman, maka akan terjadi gesekan antara ban dengan aspal sehingga kendaraan yang kita gunakan bisa berhenti. Memang tidak ada yang salah dari mengerem saat berkendara. Hanya saja yang perlu dihindari adalah melakukan pengereman mendadak.

Sebab, hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi keausan sebuah ban. Ban yang sering digunakan untuk mengerem secara mendadak, maka permukaannya akan jauh lebih halus dibandingkan yang jarang melakukannya. Maka dari itu, jika tidak diperlukan maka sebisa mungkin hindari perilaku yang satu ini agar usia ban motor jauh lebih lama dan kita bisa menghemat uang untuk keperluan yang lain.

Gunakan Michelin Ban untuk Kendaraan Kesayangan


Selain melakukan perawatan rutin dan secara berkala mengecek kondisi ban, kalian juga bisa menggunakan Michelin Ban untuk kendaraan kesayanganmu.

Michelin merupakan produk ban motor tipe tubeless dengan banyak jumlah varian untuk berbagai jenis sepeda motor. Tidak hanya unggul sebagai merek ban motor berstandar internasional, Michelin juga memiliki banyak keunggulan untuk performa berkendara yang aman dan nyaman.

Ban Michelin memiliki fitur X-Sipe Technology, yaitu daya cengkram yang besar bagi keamanan berkendara, terutama pada saat hujan. Celah-celah dan pola yang dibuat pada ban Michelin mampu meningkatkan kapasitas sebuah ban untuk menepis air.

Tidak hanya itu, ban Michelin memiliki teknologi Silica Rain Technology yang mampu meningkatkan daya cengkram ban dalam kondisi cuaca dingin dan basah, tanpa menanggalkan umur karet ban. Dengan teknologi tersebut, ban Michelin mampu bertahan di daerah dengan temperatur rendah namun tetap memiliki daya cengkram yang tinggi.

Tidak hanya itu, ban Michelin memiliki beberapa fitur dan teknologi lain dalam bannya, seperti:

  • Michelin 2 Compound Technology: dengan menyatukan 2 konsep yang berlawanan, yakni menipisnya ban bagian tengah seiring waktu penggunaan, dan kurangnya daya cengkeram di pinggir ban. Hal ini dapat memberi sinyal yang tepat, bahwa penggunaan telah melewati batas sehingga harus diganti.
  • Adaptive Casing Technology (ACT): sebuah teknologi yang memastikan sebuah ban dapat tetap mencengkram dalam sudut kemiringan apapun, sehingga tetap aman.
  • Synthetic Component Technology (SCT): ban motor Michelin mampu mencapai suhu optimal dalam waktu singkat sehingga motor bisa melaju dengan kecepatan penuh bahkan di tikungan.
  • Michelin Overlap Technology (MOT), yang memastikan bahwa ban Michelin tidak mudah rusak karena tusukan paku atau benda tajam lainnya. Ban motor Michelin memiliki lapisan karet yang tidak hanya tebal tapi juga canggih.

Luar biasa, bukan? Lalu, untuk mendapatkan ban michelin ini belinya dimana? Tentu, di Planet Ban, dong.


Kenapa harus beli Michelin ban di Planet Ban? Karena di Planet Ban menyediakan produk ban Michelin berkualitas terbaik untuk semua jenis sepeda motor. Ban motor Michelin tersedia mulai dari ring 13 untuk Yamaha NMAX hingga ring 17 radial untuk motor sport dengan kapasitas mesin lebih dari 150cc.

Selain itu, kalian yang datang langsung ke gerai Planet Ban bisa mendapatkan gratis pasang, gratis nitrogen, dan gratis cek motor setiap pembelian Michelin ban di Planet Ban terdekat. Yuk, persiapkan kondisi ban kendaraan sebelum kita bawa perjalanan agar aman dan lancar. (*)

_______________

Photo by Volkan Olmez on Unsplash
Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

21 Komentar

  1. Wih di Planet Ban lengkap yess... berbagai produk ban berkualitas dari semua jenis motor ada, mulai dari ring 13 untuk Yamaha NMAX hingga ring 17 radial untuk motor sport dengan kapasitas mesin lebih dari 150cc. Mantapslah Planet Ban....

    BalasHapus
    Balasan
    1. One stop solution banget untuk perawatan kendaraan kita. Perjalanan aman dan lancar, perawatannya ya di Planet Ban.

      Hapus
  2. Michelin favorit ban luar saya untuk touring dan city rider. Kuat dan teruji dalam performa

    BalasHapus
  3. Haha.. ciwik2 kudu ngumpul nih. Lumayan pencerahan kalo punya kendaraan tuh mesti paham perawatan termasuk ganti ban dll...
    Planet ban emang opsi terbaik perawatan kendaraan yaa

    BalasHapus
  4. Mudik Lebaran biasanya banyak yang melakukan perjalanan jauh. Makanya penting banget menjaga kesehatan kendaraan, termasuk bannya. Karena salah satu penyebab kecelakaan tuh karena ban, ya. Langsung cek dulu aja deh ke Planet Ban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Apalagi melihat kondisi jalan yang kadang gak selalu mulus, kesehatan ban bener-bener perlu dijaga dan diperhatikan.

      Hapus
  5. saya pun beberapa kali melakukan service ban di Planet Ban ini, layanannya bagus dan cepat, petugasnya juga ramah-ramah, dan enaknya lagi banyak cabangnya dimana-mana jadi mudah sekali kalau mau service

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, cabangnya gampang ditemukan. Di deket rumah juga ada. Akhirnya kesana terus kalo sudah urusan perawatan ban kendaraan.

      Hapus
  6. Makasih sharing nya, manfaat banget ni buat rekan-rekan komunitas motor yang biasa melakukan touring. Izin share.

    BalasHapus
  7. Ban ini memang salah satu yang penting ya di dalam kendaraan. Jadinya kudu pake yang memang berkualitas. Suamiku tuh, beberapa minggu lalu ban motornya udah jelek, eh ditawarin yang murah sama bengkelnya. Sekarang banyak masalah deh. Dari gak nyaman dipake hingga gampang bocor. Kudu ganti yang bagus nih.

    BalasHapus
  8. kadang orang gak sadar sih iyah kalau bawa beban berat, padahal itu menyiksa kerja ban kita ya.
    oh ya ternyata mengerem mendadak itu gak baik buat kesehatan ban ya, tapi biasanya kan orang mengerem itu karena kondisi tertentu yang gak bisa dihindari sih ya.

    BalasHapus
  9. Bener banget sih, saya yang biasanya cuma dibonceng, kalau ada masalah pada ban motor aja berasa banget. Perawatan rutin bisa jadi solusi banget, apalagi kalau di tempat service yang sudah jelas terpercaya seperti Planet Ban.

    BalasHapus
  10. Pasnmudik gini nih harus perhatian sama ban, takutnya ban udh gundul ketemu jalan licin, udah itu auto.. sejauh ini planet ban juara sih, harganya juga bersaing.

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada ban yang namanya unik, kek nama roti xixixi. Jarang memperhatikan merek ban sih. Tapi baiklah aku akan catat supaya kapan2 kalau ganti ban bisa pilih merek ini karena kualitasnya bagus ya, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  12. Ban itu salah satu bagian motor yang penting. Jadi harus benar-benar dijaga supaya kondisinya tetap prima.
    Nah, di Planet Ban menyediakan produk ban Michelin berkualitas terbaik untuk semua jenis sepeda motor. Cocok, ya.

    BalasHapus
  13. Saya malah baru tahu kalau ngerem mendadak itu jadi pengaruh banget sama perawatan ban. Kirain pengereman mendadak cuma mentok ke masalah cakram aja, ternyata ban juga ya

    BalasHapus
  14. Produk dari planet ban emang top banget sih dan jadi andalan banget buat solusi bank kendaraan, aku juga sampe sekarang pake dan belum ganti hhi, bener bener awet.

    BalasHapus
  15. Owalah ini produk baru ya? Baru denger buat aku yang tidak familiar dg urusan kendaraan. Tapi sangat membantu menerapkan krn setiap hari menggunakan kendaraan berada dua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kita banyak lebih kenal Michelin di bidang resto karena mereka juga mengeluarkan rating resto atau Michelin Star. Nah, itu ternyata adalah salah satu strategi pemasaran Michelin yang sebenarnya menjual ban kendaraan.

      Hapus
  16. Planet Ban tempat ganti ban dan servis motor andalan pak suami, soalnya banyak cabangnya dekat rumah, harga servis dan barang masuk akal, terpercaya.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.