Tongue Twister: Cara Mudah Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Belajar bahasa inggris mudah dengan Tongue Twister

Belajar bahasa inggris adalah hal yang mudah dan menyenangkan. Banyak hal dan metode yang dapat digunakan. Dan, dapat dengan mudah membantu proses belajar bahasa inggris kita secara signifikan.

Mulai dari menghafal vocabulary, mendengarkan podcast dan video berbahasa inggris, serta banyak metode dan cara lain. Belajar bahasa inggris adalah hal yang mudah dan menyenangkan.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan pronunciation bahasa Inggrismu adalah dengan berlatih menggunakan tongue twister.

Apa itu Tongue Twister?


Tongue twister yang berarti pembelit lidah, Biasanya terdiri dari rangkaian kata yang memiliki cara pengucapan yang mirip. Jika belum terbiasa, maka akan sulit untuk diucapkan apalagi dalam tempo yang cepat.

Namun, berlatih mengucapkan tongue twister terus menerus bisa membuatmu semakin terbiasa berbicara bahasa Inggris, lho. Ini dia 15 tongue twister bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk melatih pronunciation!

  1. I scream, you scream, we all scream for ice cream!
  2. Fuzzy Wuzzy was a bear, Fuzzy Wuzzy had no hair, Fuzzy Wuzzy wasn’t very fuzzy, was he?
  3. She sells seashells by the seashore,and the shells she sells by the seashore are sea shells for sure.
  4. A sailor went to sea to see what he could see, and all he could see was sea, sea, sea.
  5. Six sick hicks nick six slick bricks with picks and sticks.
  6. How many snacks could a snack stacker stack, if a snack stacker snacked stacked snacks?
  7. Twelve twins twirled twelve twigs
  8. Imagine an imaginary menagerie manager managing an imaginary menagerie.
  9. Lesser leather never weathered wetter weather better.
  10. A tweetle beetle noodle poodle bottled paddled muddled duddled fuddled wuddled fox in socks, sir!
  11. How much ground would a groundhog hog, if a groundhog could hog ground? A groundhog would hog all the ground he could hog, if a groundhog could hog ground.
  12. Peter Piper picked a peck of pickled peppers. A peck of pickled peppers Peter Piper picked. If Peter Piper picked a peck of pickled peppers? Where's the peck of pickled peppers Peter Piper picked?
  13. Betty Botter bought some butter, but she said the butter’s bitter. If I put it in my batter, it will make my batter bitter. But a bit of better butter will make my batter better. So it was better Betty Botter bought a bit of better butter.
  14. How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood? He would chuck, he would, as much as he could, and chuck as much wood as a woodchuck would if a woodchuck could chuck wood.
  15. I thought a thought. But the thought I thought. wasn’t the thought I thought I thought. If the thought I thought I thought. had been the thought I thought, I wouldn’t have thought I thought.

Itu dia beberapa contoh Tongue Twister yang bisa Kamu coba untuk melatih pelafalan atau pronunciation bahasa inggrismu.

Oh iya, sebagai penutup, saya juga akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan selama kamu sedang belajar membaca Tongue Twister.

Mulailah Secara Perlahan


Saat pertama kali mencoba tongue twister, jangan terburu-buru untuk membacanya dengan cepat. Mulailah dengan perlahan hingga Kamu bisa membaca setiap kata dengan lancar dan tepat. Setelah itu, mulailah meningkatkan kecepatan pelafalan Kamu secara perlahan.

Baca Tongue Twister Sambil Menggigit Sumpit


Tips ini bisa dibilang aneh, namun, dengan membaca tongue twister sambil menggigit sumpit akan membantu lidah kamu terbiasa dengan pelafalan bahasa inggris. Gigitlah sumpit dalam posisi melintang hingga lidah sedikit terhalang oleh sumpit ketika membaca tongue twister. Cara ini diklaim dapat membuat kita lebih mudah melafalkan kata-kata dalam bahasa inggris.

Selamat belajar bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan. 

2 Komentar

  1. Wow, ada 15 tongue twister nih hahaha kudu dicoba setiap hari supaya lekas mahir pelafalannya :D Oh ya? Sambil gigit sumpit? Makin kepo aja nih ajarannya hahah thank sharing-nya Rahman :D Pelan2 aja ya agar lancar dan tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Nurul, semoga bisa lancar berbahasa inggris, ya. Siapa tau dapat job dari luar negeri. Mayan, hehe.

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.