Ini 3 Alasan Dibalik Pemilihan Nama Anak Gibran Rakabuming Raka yang Pakai Nama Jawa

 Gibran Rakabuming dan keluarga


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kerap membagikan berbagai aktivitasnya di media sosial. Suami Selvi Ananda itu juga kerap membagikan momen hangat dan seru bersama keluarga di media sosial pribadinya.

Selain dikenal sebagai sosok pemimpin muda, putra sulung dari Presiden Joko Widodo itu juga mempunyai selera yang unik dalam penamaan anaknya. Kedua anak dari Gibran Rakabuming masing-masing menggunakan penamaan yang unik dan jarang didengar.

Kendati demikian, ternyata, kedua nama tersebut diambil dari bahasa Jawa dan punya makna yang cukup dalam.

Anak pertama Gibran Rakabuming diberi nama Jan Ethes Srinarendra dan anak keduanya diberi nama La Lembah Manah. Masing-masing merupakan nama yang unik dan jarang terdengar.

Belakangan terungkap, terdapat fakta-fakta unik dibalik penamaan anak yang sangat kental dengan unsur bahasa jawa itu.

Berikut adalah beberapa fakta tentang penamaan anak Gibran Rakabuming Raka yang menggunakan nama unik, jarang terdengar dan sangat berkesan Jawa.

Nama Anak Gibran Adalah Pilihan Sendiri dan Istri


Dalam kegiatan Santri Weekend di Pondok Ar-Raudhah, Gibran Rakabuming sempat ditanya oleh Habib Novel Alaydrus tentang penamaan kedua anaknya yang unik.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu pun menyebut, nama kedua anaknya merupakan pilihan dari dirinya dan istri.

"Namanya anak-anak saya ya dari saya dan istri, Jan Ethes, Lembah, semuanya dari saya dan istri," kata Gibran Rakabuming sebagaiman dikutip dari sosial media pribadinya.

Ingin Nama-nama Jawa Tidak Terlupakan


Masih dalam kegiatan yang sama, Gibran menambahkan, pemilihan nama anak Gibran yang berkesan Jawa itu diharap dapat membuat nama-nama Jawa tidak terlupakan. Ia mencontohkan, saat ini di sekolah-sekolah, tak ada nama-nama asli Jawa di dalam daftar nama.

"Kalau di daftar namanya itu, sudah endak ada nama-nama asli Jawa atau asli Solo, semua nama-nama modern," imbuhnya.

Tidak Ingin Nama Jawa Dibully dan Dicap Ndeso


Selain harapan agar nama Jawa tidak terlupakan, Gibran juga menjelaskan, melalui penamaan anak dengan nama Jawa itu,dia berharap nama Jawa tidak dibully karena dibilang ‘ndeso’.

"Bukannya nama modern jelek, tapi jangan sampai ada anak yang namanya 'Slamet atau Bambang' malah dibully 'itu nama ndeso', jangan sampai seperti itu. Padahal nama-nama Jawa itu maknanya dalam." kata Gibran.

Makna Mendalam Dibalik Nama Jawa Anak Gibran Rakabuming Raka


Memiliki dua orang buah hati, Gibran Rakabuming memberi nama keduanya dengan nama Jawa dengan makna yang cukup dalam. Apasih makna dibalik nama yang dipakai Gibran untuk dua buah hatinya itu? Berikut penjelasannya.

Jan Ethes Srinarendra


Anak pertama Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Lahir pada 10 Maret 2016, putra pertama Gibran itu dipanggil kerap dipanggil dengan panggilan Jan Ethes.

Jan artinya 'sangat', kemudian Ethes berarti 'cekatan'. Sementara Sri Narendra berarti 'pemimpin yang cerdas'.

La Lembah Manah


Anak kedua Gibran Rakabuming atau adik dari Jan Ethes diberi nama La Lembah Manah. Lagi-lagi, sebuah nama yang unik dan jarang terdengar.

Sang ayah, Gibran Rakabuming menjelaskan, arti Lembah Manah adalah sifat rendah hati. Sedangkan imbuhan kata 'La' di awal nama, diambil dari singkatan bahasa Jawa yaitu luwes anakku, lomo anakku.

Luwes dan lomo merupakan kata sifat dalam bahasa Jawa yang berarti fleksibel, cepat beradaptasi, dan senang berbagi.

Anak kedua Gibran, La Lembah Manah lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo. (*)

Sumber gambar: Instagram.com/riomotret

0 Komentar

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.