Kirim Paket Suka Bikin Resah, Pakai KiriminAja: Semuanya Jadi Mudah Ga pake Lelah


Di era digital yang semakin maju, pelaku usaha menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola bisnis mereka, mulai dari pemasaran, branding produk, hingga penjualan dan pengiriman barang.

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk memperluas pasar bisnisnya dengan merambah ke ranah digital. Dukungan jasa pengiriman membuat pengusaha tidak perlu khawatir mengirimkan produk yang dibeli pelanggan dari mana pun pesanan berasal.

Dari Sabang hingga Merauke, berbagai pesanan dapat dikirimkan dengan aman dan nyaman berkat jasa pengiriman barang. Bahkan, dengan bantuan internet dan dukungan jaringan jasa pengiriman barang, kita sebagai pengusaha juga dapat mengirimkan barang hingga luar negeri.

Pengusaha tidak perlu lagi khawatir tentang biaya besar untuk membangun toko fisik dan dapat lebih fokus membangun branding usaha dan produk di dunia maya. Dengan menciptakan jaringan penjualan luas melalui internet dan memastikan barang dan produk dikirim tepat waktu serta dalam kondisi terbaik.

Kondisi ini membuat jasa pengiriman barang menjadi elemen penting dalam mengembangkan bisnis. Pengelolaan pengiriman barang yang baik dapat memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan bisnis. Sebaliknya, pengelolaan pengiriman barang yang kurang serius juga dapat menjadi salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan bisnis atau usaha kita.

Nah, long story short, beberapa waktu lalu Saya sempat mengikuti sebuah pameran dan expo UMKM. Dalam kegiatan itu saya memperoleh banyak jaringan baru, teman, suplier hingga rantai pemasaran baru. Sebagai pemain baru dalam dunia bisnis (modal nekat karena belum mendapat pekerjaan usai lulus kuliah) Saya memberanikan diri melakukan promosi dalam kegiatan itu.

Hasilnya sungguh di luar dugaan, pemasaran produk saya yang berupa serbuk minuman instan langsung melonjak berkali-lipat. Harga kompetitif (Baca: Murah) dan rasa nikmat dalam setiap seduhan membuat produk olahan saya banyak dipesan oleh pengunjung pameran itu. Alhamdulillah. Beberapa pengunjung yang sempat bertukar kontak bahkan memesan secara daring untuk memperoleh gratis ongkir.

Tapi, tapi, tapi,

Di tengah melonjaknya pesanan, produksi kadang suka mangkrak. Pikiran dan badan suka tidak serentak. Capeknya itu lho! Bener-bener kerasa, apalagi baru mulai bisnis dan belum punya tim yang bisa meringankan beban kerja.

KEWALAHAN. Iya, bener, mendapati lonjakan pesanan yang luar biasa pasca ikutan pameran UMKM itu, saya sangat kewalahan. Meski hati cukup senang dengan lonjakan pesanan, namun tidak bisa dipungkiri, badan dan pikiran cukup terasa lelah dan resah. Belum mikirin produksi, pengiriman hingga monitoring barang sampai ke tangan pelanggan. Kemudian, masih dilanjutkan dengan interaksi pasca penjualan untuk memperoleh feedback dan masukan pengembangan. Lelahnya luar biasa.

Mengelola pengiriman produk dan melakukan proses produksi dan pemasaran di saat bersamaan sungguh menguras tenaga. Apalagi, kalau dalam proses pengiriman terjadi kendala, bakal sangat gundah dan resah rasanya hati ini. Ngurusin retur karena paket rusak dalam pengiriman, dag dig dug dana hangus kena modus COD serta berbagai dinamika lainnya. 

Beruntung, masa-masa sibuk dan melelahkan itu dapat saya lewati dengan bantuan pengelolaan pengiriman yang baik. Proses pengiriman barang jadi jauh lebih lancar, tenaga dan biaya bisa difokuskan untuk pengembangan usaha. Dan tentu saja, gak pake lelah jadinya. Menang banyak.

Pengelolaan Pengiriman Barang: Pilar Penting Kesuksesan Bisnis


Peran penting pengelolaan pengiriman barang untuk bisnis
Usaha kecil-kecilan yang sedang saya kembangkan dapat berkembang pesat berkat pengelolaan pengiriman yang baik dan optimal. (Dokumen pribadi)

Jasa pengiriman barang memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Meski kerap dianggap sepele, pengelolaan pengiriman barang punya peran besar dalam kesuksesan sebuah usaha. Saya sendiri merasakan betapa lelahnya mengurus pengelolaan pengiriman barang setelah memperoleh lonjakan pesanan.  

Lonjakan pesanan, jika diimbangi dengan pengelolaan pengiriman yang baik adalah momentum besar dalam upaya pengembangan usaha. Namun, jika tidak dapat dikelola dengan baik, tidak hanya lelah, kemungkinan akan banyak komplain berdatangan karena barang tidak sampai kepada tujuan.

Supaya bisa lebih paham tentang peranan penting pengelolaan pengiriman barang, tentu kita harus tau manfaat dari pengelolaan yang baik. Setidaknya, terdapat beberapa alasan mengapa jasa pengiriman barang memiliki peran yang krusial dalam dunia bisnis. Yuk kita bahas satu-satu:

1. Pengiriman Barang Efisien dan Tepat Waktu, Pelanggan Senang, Pengusaha Riang


Jasa pengiriman barang memungkinkan bisnis untuk mengirim produk ke pelanggan dengan cepat dan tepat waktu. Pengiriman yang tepat waktu adalah kunci untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi positif. Pelanggan cenderung lebih puas dan cenderung kembali ke bisnis yang dapat memberikan pengiriman yang efisien dan sesuai dengan janji.

2. Pengiriman Barang Lancar, Ekspansi Pasar Jadi Makin Mudah


Dengan menggunakan jasa pengiriman, bisnis dapat mengakses pasar yang lebih luas. Bisnis tak lagi terbatas oleh wilayah geografis tertentu. Bahkan, kita dapat menjual produk ke berbagai daerah, provinsi, maupun lintas negara. Ini membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang lebih besar dan meningkatkan potensi pendapatan.

3. Pengiriman Tepat bikin Operasional Lebih Efisien


Pengelolaan pengiriman dan ekspedisi barang yang baik dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Bisnis dapat mengoptimalkan rantai pasokan mereka dengan memilih penyedia layanan logistik yang efisien dan terpercaya.

Hal itu dapat mengurangi biaya operasional, seperti biaya gudang dan penyimpanan, serta menghindari kerugian yang disebabkan oleh kesalahan pengiriman, kerusakan barang selama pengiriman atau bahkan keterlambatan proses pengiriman.

Lalu, apa sih manfaat pengelolaan pengiriman barang yang baik dan optimal untuk bisnis kita?

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Pengelolaan pengiriman yang baik memastikan produk sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Hal itu akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan yang kuat. Pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan bisnis kepada orang lain dan kembali untuk berbelanja lagi. Repeat order terus…

2. Pengendalian Biaya Jadi Makin Mudah


Banyak tidak disadari, pengiriman barang merupakan salah satu segmen yang paling banyak memakan biaya dalam usaha. Dengan hadirnya berbagai paket subsidi dan gratis ongkir memang membuat biaya pengiriman jadi tak terasa terlalu memberatkan. Namun, jika dicermati lebih jauh, pengiriman barang merupakan sektor yang cukup banyak memakan biaya. Jika tidak dikelola dengan baik, pengiriman barang bisa membakar omset kita tanpa disadari lho!

Tapi, tenang! Dengan pengelolaan yang baik, kita tidak perlu membakar banyak uang untuk kebutuhan pengiriman barang. Kita dapat mengoptimalkan keuangan menuju segmen lain guna mengembangkan usaha lebih lanjut.

Yups! Dengan pengelolaan pengiriman yang efisien, bisnis dapat mengendalikan biaya pengiriman. Ini termasuk pemilihan opsi pengiriman yang paling ekonomis, pengaturan rute yang efisien, dan pengurangan biaya penyimpanan. Semua ini dapat berkontribusi pada profitabilitas yang lebih baik.

3. Pengiriman Cepat Bikin Bisnis Makin Dipercaya


Bisnis yang memiliki reputasi pengiriman dan ekspedisi barang yang handal akan lebih dihormati di mata pelanggan dan pesaing. Reputasi positif ini dapat membantu bisnis menarik lebih banyak pelanggan dan mitra bisnis, serta membangun citra bisnis yang kuat di pasar.

Wah, ternyata pengelolaan pengiriman barang punya dampak yang sangat luar biasa. Emang boleh seberpengaruh itu? Ya boleh dong. 

Tapi kan, mengelola pengiriman barang di berbagai jasa ekspedisi dalam satu waktu itu kan gak mudah. Belum promosi dan kesibukan lainnya. Bakal keteteran banget nanti 🙁. Bakalan capek banget pasti nantinya tuh,

Oh tenang, ada KiriminAja, superApp pengiriman barang yang bakal bantu pengelolaan pengiriman barang usahamu dalam satu genggaman. Semuanya jadi mudah, pengusaha tak perlu lagi resah dan gapake lelah.

KiriminAja: Solusi Manajemen Pengiriman dalam Genggaman


Ada sebuah peribahasa yang mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang." Jadi, mari kita kenali lebih dekat layanan hebat ini.

KiriminAja Aplikasi kirim paket nomor 1 di Indonesia

KiriminAja adalah Aplikasi kirim paket nomor satu di Indonesia. KiriminAja menawarkan berbagai pilihan jasa kirim paket dan barang dari puluhan provider jasa terpecaya dan terbaik di Indonesia dengan harga terbaik dan pelayanan optimal. Singkatnya, KiriminAja merupakan aggregator logistik yang mengintegrasikan beberapa jasa pengiriman populer dan terpercaya ke dalam satu aplikasi. 

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan dashboar interakrif yang sangat membantu pelaku usaha mengelola dan mengatur pengiriman dan logistik barang. Melalui KiriminAja, pelaku bisnis tidak perlu bingung lagi dan dapat dengan mudah memilih jasa ekspedisi terbaik untuk bisnis mereka.
KiriminAja: Aplikasi kirim paket nomor 1 di Indonesia

KiriminAja memberikan kemudahan dengan menyatukan berbagai ekspedisi dalam satu platform, menjadikan pengiriman paket lebih efisien, praktis, dan mudah. Selain itu, KiriminAja juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan App Store, memberikan kemudahan dalam mengelola pengiriman barang dalam satu genggaman..

Fitur Unggulan KiriminAja Bikin Kembangin Bisnis Makin Mudah



Tidak hanya Dashboard layanan yang mudah dipahami dan dioperasikan, KiriminAja memiliki beberapa fitur unggulan untuk bantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya, apa saja? berikut daftarnya:

  • Pilihan Jasa Kirim Beragam – KiriminAja bikin kita bisa mudah pilih kurir favorit dan terbaik dalam satu aplikasi. Gak ribet dan lelah install dan buka banyak aplikasi. 
  • Jangkauan Kirim Terluas – Pilihan kurir beragam memungkinkan pengguna mengirim berbagai paket dan produk ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, sampai ke luar negeri.
  • Pembayaran Mudah – Semua pembayaran telah manfaatkan sistem digital. Pembayaran mudah, aman dan anti ribet dan tentunya dengan harga terbaik dari setiap penyedia jasa pengiriman.
  • Pickup/DropOff – Sibuk dan gabisa kirim paket ke konter pengiriman? KiriminAja siap bantu kamu dengan pickup paket ke rumah atau gudang usahamu. 
  • Pilihan Layanan Beragam – Pilihan layanan kiritm paket beragam, mulai dari pengiriman Instan, sameday, Next day, reguler, ekonomis, dan kargo. Semuanya ada!
  • Sistem Otomatis – Cetak resi / AWB, tracking, dan Report yang lengkap.
  • Dukungan Layanan 24/7 – Siap sedia membantu dan memberikan solusi atas masalahmu, dimanapun dan kapanpun.

KiriminAja juga menawarkan metode COD atau Cash on Delivery, serta non-COD. Mendapatkan pembayaran penuh di awal tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi pemilik usaha. Metode COD membuat pemilik usaha tidak perlu khawatir tentang masalah pembayaran, keterlambatan, atau bahkan dana yang hilang. KiriminAja memastikan paket terkirim sesuai alamat tujuan dan dapat dipantau secara real-time.

KiriminAja: Aplikasi kirim paket nomor 1 di Indonesia
Beragam pilihan jasa pengiriman terbaik dengan harga juara untuk kamu para pengguna KiriminAja.(Dokumen pribadi)


Serunya lagi, KiriminAja mempunyai program bernama COD Advance yang bikin kalian bisa cairin dana paket COD di hari pengiriman dengan batas maksimal 50 persen dari total paket. Lumayan banget kan, proses produksi jadi bisa terus berjalan tanpa nungguin ongkos COD cair ketika paket telah sampai kepada pelanggan.

Lebih hebatnya lagi, dashboard layanan KiriminAja sangat membantu pengusaha dalam mengelola barang dan jasa pengiriman. Semua paket dapat dimonitor secara real-time dalam dashboard interaktif dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.

Jadi, untuk memanfaatkan fitur unggulan KiriminAja, Kamu tidak perlu membayar biaya langganan atau terganggu oleh iklan yang mengganggu. Kamu dapat fokus pada mengelola pengiriman barang dengan lebih baik.

Mantep banget, bukan! Tunggu apalagi? Yuk pakai KiriminAja, semua masalah pengiriman barang jadi mudah lewat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

4 Komentar

  1. Ohhh jadi dalam 1 aplikasi udh ada beberapa jasa pengiriman yg bisa dipilih ya mas 👍. Aku sebenernya jarang kirim2 barang, tapi terkadang kalo sedang ngadain GA, naah itu lumayan barang2 yg dikirim ke alamat pemenang.

    Kalo pake aplikasi ini berarti aku bisa pilih jasa yg murah dan nanti barangnya di pick up kan yaa? Memang LBH praktis. Soalnya paling males pas hrs datang ke tempat pengiriman sambil bawa barang2nya 😄.

    Coba ah aku download aplikasinya. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi yang All in one banget kalo soal kirim paket. Kemarin, baru bikin akun langsung dikirimi bejibun promo dan program menarik. Jadi gabisa move on sih kalo udah nyaman dengan Aplikasi Kirim Paket #1 Indonesia ini. Apapun paketnya, KiriminAja.

      Nah, untuk pemilihan jasa kirim-kirim itu banyak dan tinggal pilih. Mekanismenya gabeda jauh dengan mekanisme yang udah kita kenal. Enaknya, kita gaperlu download banyak aplikasi dan situs masing-masing penyedia jasa. Cukup di KiriminAja, semuanya aman terkendali.

      Hapus
  2. Makasih sharingnya. Aplikasi ini tentu sangat membantu ya. Dan baru tahu juga ada aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat cocok untuk kita yang lagi bangun usaha dan lagi ngembangin ke ranah digital. Sangat membantu pengelolaan proses pengiriman nih Kak Tira.

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.