Bali Boleh Jadi Destinasi Wisata Populer, Tapi Kabupaten Semarang Selalu Punya Pesona yang Istimewa

 

Situs Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang

Jika bicara tentang spot wisata populer, Ubud Bali merupakan salah satu spot destinasi wisata populer di Indonesia yang dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai rekomendasi situs perjalanan maupun cerita travel blog lokal maupun mancanegara.

Keindahan dan keelokan panorama alam membuat Bali memiliki reputasi sebagai one of a kind tourism destination di Indonesia.

Bali boleh menjadi jujukan wisata dengan Ubudnya. Namun, Kabupaten Semarang selalu punya pesona yang istimewa. Bagi saya, dan mungkin juga bagi Kalian.

Hidden Gem Wisata Jawa Tengah


Sering disalah artikan dengan Kota Semarang atau kadang Kota Salatiga, Kabupaten Semarang merupakan sebuah wilayah yang berbeda dari dua lokasi sebelumnya.

Mengutip situs resmi pemerintahan Kabupaten Semarang, wilayah yang menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Beribu kota di Kota Ungaran, Kabupaten Semarang mempunya beberapa destinasi wisata eksotis nan istimewa di wilayahnya.

Sebagai informasi, bagian utara Kabupaten Semarang berbatasan langsung dengan Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Di sisi Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang. 

Selain itu, di bagian Timur, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Grobogan dan di sisi barat berbatasan dengan Kabupaten Kendal dan Temanggung.

Kerap dianggap sama dengan Kota Semarang di sisi Utara, Kabupaten Semarang memiliki puluhan destinasi wisata eksotis nan menawan yang mempesona. Selain itu, menawarkan pengalaman berlibur berkesan tiada dua.

Salah kaprah masyarakat, khususnya luar kota tentang Kabupaten Semarang (yang sebenarnya berbeda dengan Kota Semarang) membuat banyak destinasi wisata di Kabupaten Semarang menjadi sebuah berlian tersembunyi. Hidden Gem, begitu istilah populernya.

Gak percaya? Yuk bahas dikit-dikit biar makin penasaran. ~hehe

Kearifan Sejarah dan Panorama Alam di Candi Gedong Songo


Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang
Kemegahan arsitektur situs candi gedong songo berbalut panorama alam hijau menyejukkan mata di Kabupaten Semarang. (Foto: kabsemarangtourism.id)

Mari mulai dengan foto yang menjadi headline dari tulisan ini, Candi Gedong Songo. Ikon wisata Kabupaten Semarang ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Menawarkan keindahan panorama alam dan kearifan budaya kaya akan nilai sejarah, situs Candi Gedong Songo adalah destinasi wisata kece dengan berbagai spot foto instagramable untuk menunjang keeksisan di dunia maya.

Nama Gedong Songo sendiri diambil dari bahasa Jawa. Gedong berarti bangunan atau rumah dan Songo berarti sembilan. Bila digabung, Gedong Songo berarti Candi yang berjumlah sembilan. Meski bernama Gedong Songo, saat ini, hanya ada 5 kelompok candi yang masih utuh dan terus dirawat oleh dinas pariwisata setempat.

Dibangun sekitar abad ke-7 sampai 9 Masehi, Situs Candi Gedang Songo identik dengan arsitektur khas Candi Hindu dengan bentuk puncak Candi meruncing menyerupai tabung dan biasa dikenal dengan sebutan Ratna.

Setiap kelompok candi di situs ini terdiri dari 3 tingkatan yaitu kaki candi, tubuh candi, dan atas candi atau kerap dikenal dengan istilah Bhurloka, Bhuvarloka dan Svarloka dalam konsep pengajaran agama Hindu.

Istilah di atas merujuk kepada gambaran fase hidup manusia. Bhurloka berarti dunia manusia yang masih terpengaruh hawa nafsu. Bhuvarloka berarti dunia di mana manusia mulai mensucikan diri namun belum sempurna. Lalu, Svarloka yang berarti tingkatan kesempurnaan perjalanan hidup manusia, atau bisa juga diartikan tempat para dewa.

Wisata Sejarah dengan Panorama Hijau dan Sejuk


Lokasi situs Candi Gedong Songo yang masih terbilang asri memberikan nilai tambah tersendiri. Menawarkan panorama alam nan indah dibalut dengan arsitektur kuno kerajaan di Kabupaten Semarang. 

Pemandangan hijau khas pegunungan menjadi elemen pelengkap kemegahan arsitektur kuno candi Hindu di situs Candi Gedong Songo. 

Ranumnya pohon dan alam di sekitar Gedong Songo membuat lokasi wisata di Kabupaten Semarang ini punya nuansa sejuk dan menyegarkan. Membuat pengalaman berwisata menjadi sangat seru. 

Berkeliling menikmati keindahan arsitektur Candi Gedong Songo jadi tidak terasa berkat suasan sejuk yang menyegarkan selama berwisata. 

Candi Gedong Songo Cocok Sebagai Destinasi Wisata Keluarga


Tidak hanya untuk sendiri, situs Candi Gedong Songo juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama dengan keluarga. 

Hamparan lahan hijau bisa dijadikan tempat selonjoran sembari menikmati keindahan arsitektur dan pesona pemandangan hijau yang ada di lokasi tersebut. 

Para pengunjung juga bisa menggelar alas untuk duduk-duduk sejenak menikmati panorama indah yang memanjakan mata.

Tiket Masuk Ramah Kantong


Oh iya, untuk tiket masuk wisata Situs Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang itu cukup ramah kantong lho! 

Untuk hari kerja (Senin-jumat) tiket masuk Situs Candi Gedong Songo dipatok seharga Rp 10.000 per wisatawan. Untuk hari libur (Sabtu-minggu dan Libur Nasional) tiket masuk dipatok sebesar Rp 15 ribu per wisatawan. 

Biaya yang cukup murah untuk keindahan panorama alam dan eksotisme arsitektur Candi Gedong Songo yang penuh dengan nilai sejarah dan budaya. 

Dengan kombinasi di atas, Candi Gedong Songo sangat cocok sebagai destinasi wisata sendiri maupun keluarga dengan panorama dan nilai sejarah serta budaya yang ditawarkan.

Kabupaten Semarang Punya Destinasi Wisata Beragam dan Udara Sejuk


Peta wisata Kabupaten Semarang/ Tourism Map of Semarang Regency. (Foto: Facebook Wisata Kabupaten Semarang)

Terima kasih banyak kepada letak geografis Kabupaten Semarang yang punya ketinggian rata-rata 544,21 meter di atas permukaan laut (mdpl), membuat Kabupaten Semarang punya panorama hijau memanjakan mata. 

Dengan ketinggian itu, tanaman dengan mudah tumbuh, menghasilkan panorama alam begitu indah dan elok dimata. Membawa kesan damai dan teduh dalam setiap perjalanan di Kabupaten Semarang.

Selain hijaunya alam berbalut dengan berbagai destinasi wisata kaya akan nilai sejarah seperti situs Candi Gedong Songo, berkat ketinggian rata-rata wilayah Kabupaten Semarang membuat suhu udara disana cukup sejuk dan bikin wisatawan betah berlama-lama menikmati eksotisme Kabupaten Semarang.

Kendati tidak memiliki destinasi wisata pantai karena letak geografisnya, Pemerintah Kabupaten Semarang dengan cerdik berhasil mengemas berbagai destinasi wisata dengan baik. Mengenalkannya sebagai spot wisata dengan pengalaman asik tiada dua.

Hal itu dicapai melalui penyediaan berbagai paket bundling wisata dan branding di sosial media. Selain itu, Pemkab setempat juga berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mengembangkan destinasi wisata setempat. What a smart move to develop its territory..

Hasilnya gimana? 

Mengutip laporan resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, selama periode libur lebaran 2023 (19-25 April 2023). Destinasi wisata di Kabupaten Semarang berhasil menarik 64.152 orang wisatawan datang berlibur ke Kabupaten Semarang.

Jumlah wisatawan terbanyak ada pada tanggal 24 April 2023 dengan catatan kunjungan 22.176 orang wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Semarang.

Situs Candi Gedong Songo menjadi jawara dengan total 11.977 kunjungan wisata selama periode libur lebaran lalu. Mengungguli destinasi wisata lain di Kabupaten Semarang yang juga tidak kalah ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Mudahnya Berlibur di Kabupaten Semarang dengan APIKS


Melengkapi pesona istimewanya, Pemkab Semarang meluncurkan aplikasi APIKS, akronim dari Aplikasi Pariwisata Terintegrasi Kabupaten Semarang. 

Melalui APIKS, Pemkab Semarang berusaha menawarkan kemudahan berlibur dalam satu genggaman. Dengan APIKS, kita dapat memperoleh informasi destinasi wisata dengan mudah cukup hanya mengetikkan nama destinasi wisata tujuan di kolom pencarian. 

Selain informasi wisata, melalui APIKS, kita juga dapat mencari akomodasi penginapan terdekat dan lapak UMKM bagi kalian yang hendak mengisi perut sejenak. Sebelum melanjutkan liburan seru di Kabupaten Semarang tentunya. 

Gokilnya lagi, APIKS juga membantu kita untuk mencari tour guide untuk menemani perjalanan berlibur kita di Kabupaten Semarang. Tour Guide yang tersedia akan menemani perjalanan liburan kita dengan informasi pendukung dan berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan selama berlibur.

Kalian wisatawan yang suka naik kendaraan umum? Tenang, APIKS juga menyediakan layanan akomodasi perjalanan dan rental kendaraan bagi kalian yang hendak berlibur di Kabupaten Semarang. 

Dengan segudang manfaat dan fitur yang ditawarkan, APIKS menjadi fitur wajib yang perlu kalian install di gawai masing-masing agar pengalaman berlibur di Kabupaten Semarang menjadi makin berkesan dan penuh kenangan. 

Oh iya, hampir lupa. Bagi Kalian yang hendak berlibur ke Kabupaten Semarang, tidak perlu takut kantong jebol karena tiket masuk dan berbagai akomodasi di Kabupaten Semarang dipatok dengan tarif cukup ramah kantong. Sebuah anugrah untuk kalian yang suka traveling asik tanpa bikin dompet jadi sick :) 

Yuk, liburan di Kabupaten Semarang. 


43 Komentar

  1. Dulu pernah ke Bali 2019. Memang infrastrukturnya dirancang untuk ramah terhadap wisatawan. Padahal masih Indonesia, tapi suasananya serasa di negara asean lainnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Bali punya infrastruktur yang cukup memadai dan menarik bagi para wisatawan. Lokal maupun mancanegara.

      Kabupaten Semarang pun seperti itu, dengan berbagai panorama alam dan destinasi wisata yang dimiliki. Pemkab Semarang kini tengah membangun citra dan branding wisata mereka, membuat mereka bisa dilirik dan menjadi jujukan wisata dengan begitu banyaknya Hidden Gems wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Dulu sering lewat situ PP JPR-MGL emang udaranya sejuk banget, pemandangannya bagus pol pas sore/subuh yang di semarang kabupaten. Walaupun cuma lewat aja, udah berasa healing si. Yaaa, jadi kangen lewat sana lagi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun juga begitu Mbak, menikmati perjalanan sambil sesekali nengok kanan kiri melihat pemandangan dan panorama alam di jalan.

      Healing itu ternyata mudah ya, cukup memandangi indahnya panorama alam, sudah bisa bikin pikiran tenang dan kepala yang penuh sejenak terluang.

      Terima kasih telah berkunjung Kak

      Hapus
  4. Semarang emang gak ada duanya, mulai dari pemandangan alam, buatan, dan sejarah pun ada di kota ini. Sehari pun rasanya gak cukup buat eksplorasi semarang, jadi pengen kesini dan menetap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah Kabupaten Semarang akan menjadi tempat menghabiskan masa tua? Hehe

      Hapus
  5. Semarang emang banyak tempat wisata ciamik yang bisa dikunjungi, lengkap lagi lokasi wisata yang dikunjungi, ada alam, kuliner sampe sejarah. Semuanya asik untuk diulik sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kombinasi yang cukup lengkap untuk Kita yang ingin sejenak berlibur dan lepas dari kesibukan sehari-hari yang kadang suka bikin bosan dan stress. Kabupaten Semarang adalah jawabannya.

      Hapus
  6. Udah pernah ke Gedong Songo dan langsung jatuh cinta pada sejarah dan panoramanya. Indah sekali. Waktu di Candi Tiga itu, viewnya terbaik deh. Semarang memang punya banyak pesona wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan, Situs Candi Gedong Songo menjadi destinasi wisata dengan pengunjung terbanyak di Kabupaten Semarang lho! Gak salah milih Candi Gedong Songo sebagai destinasi pertama di Kabupaten Semarang sebelum beranjak ke Wisata lainnya.

      Hapus
  7. Sebagai warga Bali (bukan asli tapi, hehe), Bali memang destinasi apik sih, terutama pantainya, tapi kalo nyari wisata yg ijo-ijo di Bali keknya memang Ubud sama Bedugul yang jadi juaranya. Dan next, pengen juga nih bikin wishlist liburan ke Candi Gedong Songo, biar ngerasain suasana alamnya yang hijau dan sejuk, pun punya nilai sejarah yg wah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fun fact, Kabupaten Semarang yang juga bagian dari Jawa Tengah punya banyak scenery hijau yang tentunya menyejukkan dan bikin liburan jadi tak terasa penat dan jadi makin seru. Yuk ke Kabupaten Semarang

      Hapus
  8. Masing-masing daerah pasti punya keunikan tentang destinasi wisatanya, termasuk itu di Semarang. Btw, aku sudah pernah ke Bali tinggal ke Semarang nih yg belum, semoga jika ada kesempatan bisa berlibur ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera kesampaian ya Mas Daus. Kabupaten Semarang itu luar biasa dan mempesoan lho

      Hapus
  9. Belum lama ke Semarang tapi sayang tidak sempat ke candi Gedong Songo. Ternyata Semarang serius mengurus wisatanya ya, sampai dibuatkan aplikasi APIKS untuk memudahkan wisatawan, bisa ditiru nih oleh provinsi lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bisa jadi percontohan untuk wilayah lain. Wisatawan jadi lebih mudah mengeksplor lokasi wisata setempat. Para blogger seperti Kita juga makin mudah mencari informasi pendukung untuk bikin tulisan jadi jauh lebih ciamik dan menarik bagi pembaca. ~Selamat berlibur.

      Hapus
  10. Sekitar 8 tahun silam saya dan keluarga liburan ke Semarang termasuk ke Candi Gedong Songo. Jadi pengin blusukan ke Semarang lagi kini karena bertambah banyaknya destinasi. Apalagi sudah ada APIKS untuk dapatkan informasi destinasi wisata dengan mudah yang cukup hanya mengetikkan nama destinasi wisata tujuan di kolom pencarian. Asyik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke Kabupaten Semarang lagi, sekarang sudah jauh lebih baik dan tentunya fasilitasnya makin lengkap. Mengulik kembali nostalgia setelah 8 tahun tidak ke Kabupaten Semarang. ~hehe

      Hapus
  11. Bandungan dan Gedong Songo favorit banget dan gak pernah bosan sih meski ke sana sudah berulangkali. Saya yang tinggal di semarang malah suka wisata yang jaraknya gak terlalu jauh dari rumah, jadi gak capek di jalannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran nih, apalagi ditambah suasana yang masih asri. Jadi bikin pengalaman liburan (atau sekedar jalan-jalan) makin seru dan tentunya tidak membosankan.

      Hapus
  12. Detail banget info kunjungan wisatawan yang dipaparkan. Saya tertarik dengan aplikasi APIKS yang pasti sangat membantu saat kita explore Kabupaten Semarang. Dimana ternyata banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi. Dari sekian banyak infografis tujuan wisata yang ditunjukan, saya malah baru ke Stasiun Ambarawa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk, ke Kabupaten Semarang lagi. Masih banyak yang belum di eksplor nih

      Hapus
  13. Saya dari dulu juga lebih suka destinasi wisata Semarang baik kota maupun kabupatennya. Rasanya pengen ngulik lagi. Apalagi masih banyak tempat yang bagus di Kabupaten Semarang yang belum saya datangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jadi semakin mudah dengan adanya APIKS yang bikin experience wisata makin asik dan komplit.

      Hapus
  14. Saya orang jawa barat, baru bisa berlibur ke semarang kotanya. belum ke kabupatennya. setidaknya pernah ke Semarang ya... dan sekali baca artikel ini, jadi mengingatkan kembali penting berlibur kembali ke semarang, terutama ke kabupaten semarang.. nampaknya asyik juga, gak kalah juga sama Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabupaten Semarang Center of Central Java Tourism? Gimana? Setuju gak nih Mas?

      Hapus
  15. APIKS. Noted. Bakal berguna banget kalau jadi liburan ke Semarang nih, biar dalam waktu terbatas bisa berkunjung ke sebanyak mungkin tempat menarik. Omong2, di dekat Candi Gedong Songo ada penginapan gak? Cantik banget itu candinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir ngecek, ada beberapa penginapan di sekitar Candi Gedong Songo, gak deket-deket banget tapi gak jauh kok. Bisa diagendakan nih bareng dengan keluarga Mbak Retno

      Hapus
  16. Masya Allah, Teddy sendiri baru tahu ada Kabupaten Semarang, kirain hanya kota saja Bang? Informatif nih artikelnya 👍😁.

    Murah lagi untuk masuk ke destinasi wisata Gedong Songonya, keren sekali deh ini Kabupaten Semarang. Belum lagi didukung oleh PemKabnya dengan Aplikasi APIKS yang memudahkan para pengunjung untuk berwisata kesana, terbaiklah.

    Terima Kasih informasinya ya Bang.

    BalasHapus
  17. Baru tahu kalau Semarang sebagus itu. Penasaran jadinya mau visit Semarang. Save dulu buat next vacation. Terima kasih Bang informasinya lengkap sekali

    BalasHapus
  18. Semarang juga favorit dan populer aslinya. Kalo Bali udah biasa. Jadi kalau mau cari sensasi baru mending ke Semarang.

    BalasHapus
  19. Kalau soal wisata hijau, Semarang di Jawa Tengah memang gak ada lawannya. Banyak wisata-wisata seru di sana.

    BalasHapus
  20. baru tahu ada APIKS, jadi memudahkan wisatawan untuk mengeksplore Semarang. Bisa jadi list buat liburan nanti nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, liburan ke Kabupaten Semarang. Seru banget!

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Semarang.. haaahh kapan yaa bisa kesana jauh banget dari tempatku udah beda pulau. Semoga bisa kesanaaa aamiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesampaian bisa ke Kabupaten Semarang, meski hanya sekali. ~yuhu

      Hapus
  23. Aku belum pernah ke semarang. Tapi kalau lumpia semarang dan bandengnya sudah pernah nyicipin dan enak banget. Tapi membaca tulisan ini jadi tahu nih tempat-tempat wisata mana nanti yang akan dikunjungi klo ke semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih bingung, bisa langsung cek Aplikasi APIKS dan selamat berwisata dengan seru dan mudah di Kabupaten Semarang.

      Hapus
  24. Pernah tinggal di Semarang selama 3 bulan, dan sampai sekarang yg keingetan adalah harganya murah2 banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun cukup kaget ketika berwisata ke Kabupaten Semarang, ini beneran semurah ini kah? Ternyata tidak seseram kota-kota besar dalam bayanganku (Untuk harga makanan dan lainnya). ~hehe

      Hapus
  25. Baik Bali mahupun Semarang, saya belum jejak kaki kedua-dua tempat ini. Hanya sampai ke Bandung, Jakarta, Jokjakarta, Surbaya dan Malang saja. Harapnya suatu hari nanti akan sampai juga ke Semarang.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.