Kamu Mahasiswa Perantauan? Ini Cara Mudah Atur Asupan Gizi untuk Mahasiswa!

Tips atur gizi untuk mahasiswa perantauan

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dan berarti. Jika tubuh kita tidak fit maka kegiatan kita pasti akan terganggu. Agar aktivitas kita maksimal tentu kita harus fit setiap harinya. Asupan gizi serta nutri harus terjaga agar tubuh dapat beraktivitas secara optimal. Lebih-lebih seorang mahasiswa seperti saya yang akadang mendapat kesibukan tak terduga, baik dari kampus maupun organisasi. maka kondisi tubuh yang maksimal adalah suatu keharusan.

"An apple a day, can make doctor away"

Mungkin kalian pernah mendengar kata tersebut, tapi hal itu memang benar. Dengan asupan gizi yang cukup, tubuh kita dapat beraktivitas secara optimal. Tentu dibarengi dengan istirahat yang cukup.

Berikut beberapa kiat sederhana yang bisa Kamu lakukan untuk jaga asupan nutrisi dan gizimu sebagai seorang mahasiswa. Perantauan pun juga bisa lakukan ini dengan mudah!

Tanam Sayur dan Buahmu Sendiri


YA! untuk mengatasi maslaah kesibukan, saya mencoba untuk menanam buah dan sayur sendiri. Karena keterbatasan lahan saya menanam dengan metode hidroponik. Ternyata tak butuh waktu yang lama, buah dan sayur bibit dari Cap Panah Merah sudah tumbuh dengan cepat dan mulai bisa dipanen. Walau hanya kecil-kecil an tapi sudah cukup untuk memenuhi asupan gizi saya sebagai mahasiswa.

Jelas, hal ini secara signifikan memberikan dampak positif bagi saya. Tidak perlu lagi berdesakan dengan orang di pasar untuk membeli buah dan sayur. Selain itu sayur dan buah hidroponik yang saya letakkan di depan pintu rumah menjadi pengingat bagi saya agar tidak lupa mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi.

Selain itu, teknik menanam hidroponik sangat mudah dilakukan dan tidak butuh lahan yang luas. Sangat cocok bagi mahaiswa yang kadang tempat kos atau kontrakkannya tidak memiliki pekarangan yang luas.

Catat Pola Makan dan Minum Sehari-hari


Selanjutnya, untuk mengetahui dan mengatur pola asupan gizi dan nutrisi tentu perlu ada catatan. Buatlah catatan sederhana terkait makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari. Tidak perlu ribet, bisa dengan catatan sederhana di secarik kertas atau note gawaimu.

Jika ingin lebih detail dan teliti, kamu bisa gabungkan catatan asupan gizi dan nutrisimu dengan catatan keuangan. Saya yakin mahasiswa perantauan pasti punya catatan keuangan untuk mengatur perputaran uang saku yang dimilikinya. Bisa banget ditambah dengan catatan asupan nutrisi juga lo!

Ingin lebih muda? Gunakan aplikasi diet atau kesehatan yang menyediakan fitur catatan asupan gizi. Simple dan mudah digunakan.

Olahraga Rutin Setiap Pagi atau Sore


"4 Sehat 5 Sempurna, mensana en corporesano. Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat"

Menjaga asupan gizi dan nutrisi tidak lengkap tanpa diimbangi dengan olahraga yang rutin di saat yang bersamaan. Luangkan waktu di pagi atau sore harimu untuk berolahraga meski sejenak. Gerakkanlah badanmu walau hanya beberapa gerakan.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan kardio sederhana di pagi atau sore hari.

*) Sumber gambar : Dan Gold from Unsplash

1 Komentar

  1. Tips yang luar biasa. Sempat nanam sayur juga. Salut .... 👍

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.