Bingung Pilih Prodi Kuliah? Berikut Prospek Kerja Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam



Menentukan program studi yang cocok dan sesuai dengan minat dan passion bagi Kalian yang baru saja lulus dari Sekolah Menegah Atas pasti merupakan hal yang cukup sulit. Saya pribadi juga cukup sering menemukan teman dan rekan yang merasa salah pilih jurusan setelah sekian semester berkecimpung dan belajar bersama.

Prospek pekerjaan sebuah program studi merupakan salah satu faktor penting yang dijadikan pertimbangan bagi para lulusan SLTA yang akan berkuliah. Oleh karena itu, berikut beberapa prospek pekerjaan  dari lulusan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

1. Dunia Jurnalistik


Lulusan KPI dapat dengan mudah membangun karir dalam dunia jurnalistik. Baik dalam jurnalistik cetak maupun daring. Dengan bekal ilmu komunikasi dan publikasi yang diperoleh dalam bangku perkuliahan, lulusan KPI memiliki kompetensi yang mumpuni dan cocok berkarir di bidang jurnalistik cetak maupun daring.

Mata kuliah yang dipelajari dalam program studi KPI memiliki nilai yang linear dan cocok bagi para lulusannya untuk meneruskan dan mengembangkan jenjang karir di dunia pekerjaan di bdiang jurnalistik. Sebut saja reporter, wartawan, copywriter, content writer dan maker serta berbagai pekerjaan di bidang jurnalistik lainnya.

2. Industri Perfilman


Prospek pekerjaan lain dari lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah terjun dalam industri perfileman.

Lulusan KPI dapat kerkiprah di bidang perfilman sebagai seorang sutradara, kameraman, script writer bahkan sebagai talent yang tampil di depan kamera. 

Mata kuliah videography dan penulisan naskah merupakan salah satu dari sekian banyak mata kuliah yang dipelajari di program studi KPI. Kedua mata kuliah tersebut di atas dapat menjadi sebuah fondasi yang baik bagi lulusan KPI meneruskan jenjang karir di dunia perfilman.

3. Korporasi


Kata siapa lulusan KPI tidak bisa berkancah di perusahaan dan korporasi? Tidak begitu dong! Sebagai program studi yang berfokus kepada ilmu komunikasi dan penyiaran, lulusan prodi ini dapat juga berkancah dan mengembangkan karir di bidang korporasi.

Lulusan KPI dapat bergabung dalam sebuah perusahaan sebagai bagian dari divisi SDM, Humas serta posisi-posisi lain yang membutuhkan kemampuan dan kecakapan komunikasi. 

0 Komentar

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.