Rekomendasi 4 Pekerjaan Freelance yang Tidak Membutuhkan Skill Sama Sekali!

Rekomendasi 4 Pekerjaan Freelance yang Tidak Membutuhkan Skill Sama Sekali!

Beberapa saat yang lalu, Gue sempat membuat sebuah tulisan tentang dunia freelancing. Dunia pekerjaan yang lagi Gue tekuni secara full-time belakangan ini karena memang sedang tidak terikat kontrak pekerjaan dengan agensi maupun perusahaan apapun. 

Dalam tulisan tersebut, Gue bercerita tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum terjun ke dunia freelancing dan menjadi seorang full-time atau part-time freelancer. Untuk Kalian yang belum baca, tulisannya bisa diakses di link berikut.

Di kolom komentar tulisan tersebut, terdapat sebuah komentar yang cukup menarik dari Mas Eko Prianto tentang rekomendasi pekerjaan freelancing yang cocok untuk orang yang tidak memiliki skill yang mahir dan Expert. Singkat cerita, komentar tersebut yang menjadi trigger dari tulisan ini.

Gue langsung lompat ke beberapa buah website freelancing dan kemudian menyusun rekomendasi 4 pekerjaan freelancing yang bisa dilakukan siapa saja bahkan oleh pemula sekalipun. Berikut rekomendasinya...

1. Audio Transkriptor

Peluang kerja audio transkriptor


Untuk urutan pertama, Gue naruh Audio Transkriptor sebagai jawara dalam list rekomendasi ini. Alasannya kenapa? Karena pekerjaannya mudah. Hal yang perlu dilakukan seorang transkriptor adalah mengubah sebuah file audio menjadi tulisan. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh para profesional atau peneliti yang ingin mengubah file wawancara menjadi laporan tertulis.

Hal yang perlu Kalian lakukan hanyalah mendengarkan file audio lalu mengetiknya ke dalam Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lain dan kemudian mengirimkan hasilnya kepada client. Ting tong, Kalian sudah menerima bayaran dari pekerjaan freelance Kalian sebagai Audio Transkriptor.

Personal Note : Proses transkrip Audio bisa dilakukan secara manual atau menggunakan website yang memanfaatkan AI untuk melakukan tugasnya. Ingat, work smart is better than work hard :P. 

Kadang Gue juga milih untuk mengetik sendiri dengan alasan untuk menjaga muscle memory agar tetap terbiasa mengetik 10 jari. Semuanya kembali kepada Kalian, menggunakan metode tradisional atau memanfaatkan teknologi.

2. Youtube View


Ya! Kalian gak salah. Ada banyak perusahaan maupun individu di luar sana yang membutuhkan jasa menonton video Youtube . Tarif dan bayarannya bermacam-macam namun biasanya nilainya receh. Menurut Gue pekerjaan yang satu ini cukup worth it dan mudah banget dilakukan.

Bagi Kalian yang minat dengan pekerjaan ini, yang perlu Kalian lakukan hanyalah mempersiapkan materi promosi jasa tonton View yang Kalian tawarkan. 

3. Data Entry


Pekerjaan yang satu ini menurut Gue sangat cocok untuk para fresh graduate mengisi waktu luang sebelum mendapatkan pekerjaan. Lingkup kerja Data Entry adalah memasukkan sejumlah data melalui form yang sudah disediakan sebelumnya. Cukup mudah bukan, bahkan bisa dilakukan di waktu luang sekalipun. 

Tertarik menjadi Data Entry? Lanjut baca dulu buat info pekerjaan lainnya yuk..

Personal Note : Data Entry ini kalau bahasa kasarnya itu ngisi survey online dapat poin atau recehan. Nanti dikumpulkan saja sembari dinikmati, tapi! Jangan pernah membagikan info yang personal atau bersifat rahasia ya.

4. MAKELAR!


Cukup mengagetkan ya :D tapi emang beneran ini merupakan salah satu pekerjaan freelance yang gak butuh modal skill sama sekali. Kalian hanya perlu menjaga kepercayaan dan image Kalian agar dapat dipercaya dan orang akan percaya serta tertarik dengan barang/jasa yang Kalian tawarkan.

Simplenya, Lu mau apa? Gue pasti ada!

Sedikit cerita, Gue pernah menjalani pekerjaan yang satu ini ketika masih di bangku kuliah. Apa yang temen Gue butuhin Gue usahain ada dan Gue sediain. Paling nngak ada link atau kontak yang bisa dihubungi berkaitan dengan kebutuhan atau produk yang dibutuhkan. Hasilnya? Samapi sekarang pada lari ke Gue kalo pada butuh apa-apa. Kadang teman lama, kadang juga orang baru yang dikenalkan oleh teman.

Personal Note : Kejujuran adalah hal yang paling utama jika ingin menjadi seorang Makelar. Kejujuran tersebut yang bakal bikin client/teman/kolega kembali lagi untuk meminta jasa Kita. Sisanya? Nego fee dong :D

Jadi, itu dia beberapa rekomendasi Gue untuk pekerjaan freelancing yang tidak membutuhkan skill atau kemampuan yang expert atau mahir. Pemula sekalipun bisa melakukannya. Semoga bermanfaat and stay classy!

___
Illustration by Igor Kapustin from Ouch!

Posting Komentar

1 Komentar

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)