Bosan di Rumah Saja? 5 Hal yang Bisa Kalian Coba Untuk Hilangkan Rasa Bosan!

Bosan di Rumah Saja? 5 Hal yang Bisa Kalian Coba Untuk Hilangkan Rasa Bosan!


Pandemi COVID-19 benar-benar memberikan banyak dampak dalam kehidupan. Kondisi ini membuat Kita mau tidak mau harus berubah. Berbagai kegiatan sehari-hari, pekerjaan hingga sekolah dialihkan secara daring akibat perkembangan COVID-19 yang tak kunjung menunjukkan perubahan yang signifikan. 

Kerja dari rumah, belajar dari rumah dan berbagai kegiatan lainnya dilaksanakan dari rumah. Kondisi ini membuat orang-orang mulai merasakan rasa bosan yang semakin terasa karena segala sesuatu yang harus dilakukan dari rumah.

Jika dibiarkan, kesendirian akan membuatmu penuh dengan energi negatif seperti stress dan rasa bosan. Jika berlanjut, hal ini dapat membuatmu mengalami masalah mental. Masalah mental adalah isu yang cukup banyak diperbincangkan selama tahun 2021 yang lalu. Kondisi sehari-hari yang terdampak akibat lockdown dan aturan pandemi lain merupakan salah satu penyebab utamanya.

Tenang, ada banyak hal yang bisa Kalian lakukan untuk mengisi waktu luang dan terhindar dari stress. Berikut 5 kegiatan yang dapat dilakukan, beberapa diantaranya :

1. Olahraga di Sekitar Rumah

Berolahraga untuk mengurangi stress dan menjaga kesehatan

Olahraga tidak harus di tempat umum. Berolahraga i sekitar rumah juga bisa lo! Gak kalah seru dengan olahraga di lapangan atau jogging di pinggiran kota. Kalian bisa mencoba untuk bersepeda, joging atau berjalan kaki di sekitar rumah atau komplek.

Selain berolahraga, Kalian juga bisa berjemur setiap pagi jam 9 yang dapat membantu melepas rasa stress dapat menyehatkan badan juga lo!

Olahraga dapat membantu menurunkan hormon kortisor dan epineprin serta meningkatkan hormon norepineprin sebagai anti depresan yang dapat menekan rasa stress.

Selain mendorong produksi hormon dalam tubuh yang dapat menekan rasa stress, dalam riset lain juga mengatakan bahwa dengan olahraga juga dapat meningkatkan hormon serotonin dan endorfin yang biasa disebut dengan hormon bahagia.

2. Nonton Film dan Membaca Buku

Menonton film atau membaca buku adalah salah satu kegiatan yang bisa Kamu lakukan untuk menghabiskan waktu luang selama di rumah. Menonton kembali film-film lawas atau membaca ulang buku lama yang sudah Kamu hatamkan bisa menjadi opsi yang cukup seru!

Menonton kembali film lawas yang sudah pernah Kamu tonton dapat menstimulus kenangan dan keseruan yang pernah Kamu rasakan dan alami. Worth to try bukan! Tunggu apalagi? Siapkan cemilan dan minuman dan nikmati tontonan atau bacaanmu

3. Lakukan Hobi

Bermain game untuk menghabiskan waktu luang


Melakukan hal yang Kita sukai terkadang membuat Kita sampai lupa waktu karena saking asiknya menikmati hal tersebut. Melakukan hobi Kita merupakan cara terampuh menghilangkan rasa stress dan bosan. 

Setiap orang punya hobinya masing-masing. Ada yang suka bermain game, memancing, menontn film atau pertandingan olahraga, jalan-jalan serta berbagai hobi lainnya.

Salah satu hobi yang cukup populer adalah bermain game. Tidak terbatas kepada permainan tradisional ataupun game konsol. Industri game sudah berkembang cukup pesat dan tidak terbatas kepada alat maupun tempat saja. 

Kita bisa bermain game dimana saja dan dengan platform apa saja berkat perkembangan dunia game yang begitu pesat. Bahkan melalui browser sekalipun kita bisa bermain game lo! Berkat perkembangan teknologi dan industri game, kini hanya dengan browser Kita bisa bermain game. 

Tidak perlu Kita beli konsol khusus atau komputer dengan spek tinggi yang bisa menghabiskan hingga jutaan. Cukup dengan browser Kita sudah bisa bermain berbagai macam game da permainan seru lainnya. Mulai dari game arcade yang tidak ada matinya hingga board game yang cukup seru untuk menghabiskan waktu luang.

Semuanya bisa Kita nikmati dengan gratis dan tanpa batas!

4. ME TIME!! Dengan Melakukan Perawatan Diri

Me Time tentu merupakan istilah yang cukup populer dan tak perlu dijelaskan lagi bagi para perempuan. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri dan menikmati berbagai hal ntah mengerjakan hobi atau melakukan perawatan diri dengan berbagai produk kesehatan dan kecantikan.

Berada di rumah setiap hari belum tentu akan membuatmu bersih dan glowing. Ibarat tanaman, jika tidak disiram setiap hari akan layu, bukan ? Nah, seperti halnya kamu, tetap perlu menjaga penampilan dengan tetap menggunakan produk skincare rutin ataupun sekedar bersantai membaca buku atau mendengarkan musik  dengan menggunakan masker akan membuat kulitmu sehat dan terawat dan terhindar dari stress.

Jadi jangan pernah lupa untuk memanjakan dirimu sesekali yah! Jangan sampai terlewat yaa!

5. Belajar Memasak

Belajar memasak untuk menghabiskan waktu luang dirumah


Mengingat kondisi saat ini, sangat penting bagimu untuk mengkonsumsi makanan yang bersih dan bergizi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar memasak dan mencoba menu baru. Selain bisa berhemat, Kamu juga bisa memastikan kebersihan serta kandungan gizi dan cita rasa dari masakan tersebut.

Kamu bisa belajar dengan menonton video ataupun membaca resep masakan dan cara masak yang bisa dengan mudah ditemukan di internet. Sepertinya, rendang sapii asam manis enak nih buat makan malam?

Hayo, siapa yang langsung ingin eksperimen di dapur setelah membaca tulisan ini? Selamat mencoba hal baru 😁 Jangan malas-malas yaa!



Itu dia beberapa aktivitas yang dapat Kamu lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stress akibat kondisi pandemi yang bikin Kita harus #DirumahSaja. Tetap semangat ya, rasa bosan bisa diatasi dengan berbagai cara. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental selama di rumah.

Stay safe and healthy everyone 😊


Sumber Gambar :
https://unsplash.com/photos/eCktzGjC-iU
https://unsplash.com/photos/jf_YIwWKg8Q
https://unsplash.com/photos/sEgodrJdMGw
https://unsplash.com/photos/bG5rhvRH0JM

Posting Komentar

16 Komentar

  1. nonton film dan baca buku di rumah itu seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget, apalagi nonton kembali film yang berkesan dengan orang yang spesial. Kegiatannya jadi makin asik dan penuh dengan kenangan

      Hapus
  2. Kelimanya sudah aku lakuin, kalau main game berasa waktu cepat berlalu ya, sekaligus melepas penat juga. Tapi belajar masak udah jarang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, belajar masak + nikmati masakannya. Seru dan kenyang nanti pastinya

      Hapus
  3. paling sering marathon film/series sih.. soalnya banyak banget tontonan yg bagus-bagus.. kadang aku sadar kalo kegiatan tersebut membuang-buang waktu, tapi ya mau gimana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu, belakangan suka juga nonton/marathon series. Ntah kenapa belakangan lagi banyak aja bahan tontonan yang seru tayanng. Biasanya sih Aku catet beberapa poin jika ada inspirasi yang tiba-tiba selebatan di pikiran pas lagi nonton

      Hapus
  4. Nonton film apalagi maraton drama atau serial. Udah lah makin enggak kerasa walaupun di rumah aja. Apalagi ditambah suguhan kaya camilan gitu. Udah kayanya bakalan betah banget aku

    BalasHapus
  5. Kalau saya sendiri sebenarnya bukan bosen di rumahnya, karena saya memang bekerja di rumah sebelum pandemi. Tapi lebih ke bosan penantian kapan pandemi berakhir. Seperti was-was nanti kalau kena covid bagaimana, karena harus karantina semua keluarga jika saya terkena (mengimbas ke banyak orang yang ditemui).

    Tips di atas sangat baik untuk untuk mental health kita ya. Melakukan hobi, olahraga, dan tentunya saat ini saya sedang suka sekali belajar memasak.

    Sehat selalu ya, Kak. Semoga pandemi segera berlalu & virus tak lagi bermutasi. Aamiin

    BalasHapus
  6. Me time banget buat emak2 kalau nonton tv kabel ditemani camilan atau makanan berat hahaha :) Atau shopping seharian sendirian dan suka2 mau beli apa yang penting saldo banyak eeeaaa (Asal taat prokes). Penting juga sesekali bisa main game, Biar relaksasi pikiran ga stres di rumah aja.

    BalasHapus
  7. Tips yang aman dimasa pandemi utk dilakukan. Aku shi biasa nonton aja, belum lagi banyak film baru di Drakor.

    BalasHapus
  8. sebagai anak introvert, aku engga pernah bosan di rumah kak haha.. menurutku ada aja sih yang bisa dilakuin di rumah. apalagi pas udah jadi ibu gini, punya kesempatan leyeh2 dan nonton aja udah berhargaa banget :D

    BalasHapus
  9. Tos, sepakat banget Kak! Aku juga suka nonton film bareng keluarga selama stay at home. Biar ga bete, kami sesekali main, ya main di hape atau laptop dengan permainan yang ringan dan ga ribet. Baca buku dan masak juga jadi hiburan tersendiri sih, yang penting bisa membangkitkan harapan dan pikiran ga spaning.

    BalasHapus
  10. Menurut aku nomor 3 sih yang paling menyenangkan. Karena kita melakukan sesuatu apa yang benar-benar kita sukai, tanpa ada paksaan.

    BalasHapus
  11. Asli..durasi nonton filmku jadi nambah selama pandemi stay di rumah. Thanks to aplikasi yang dengan paket bulanan terjangkau bisa menikmati aneka film memukau.
    Juga masak dong, sebagai ibu yang baik hati (dan tidak sombong), karena anak-anak belum full berkegiatan di sekolah/lainnya jadi ya bolak-balik ke dapur jadinya, bebikinan ini itu buat mereka. Biar enggak bosan juga di rumah sih ya...meski efeknya badan kami jadi melebar semua:D

    BalasHapus
  12. Awal pandemi aku makin rajin skincare-an, trus awal 2021 banyak ekplore resep masakan, akhir tahun 2021 ngegali lagi hobi pas jaman SD yaitu bikin kerajinan tangan, wkwk.

    BalasHapus
  13. Kalau aku biasanya nonton drakor film dan tentunya nge blog yaaa.. Sudah cukup menghibur di tengah kegiatan yang gitu-gitu aja selama pandemi

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)