5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Mulai Berinvestasi dari Sekarang!


 

"Sekarang sudah gak zaman lagi Kita bekerja untuk duit, sudah saatnya duit yang bekerja untuk Kita"


Iya! Bener banget! Ungkapan tersebut benar-benar benar pake banget 😂 Sampe bingung kan nulisnya, saking dari banyaknya kata benar yang dipake. 


Di zaman yang sudah sangat berkembang ini, Kita bisa dengan mudah mendulang penghasilan dari berbagai macam pekerjaan yang ada dan dapat dengan mudah Kita temukan di sekitar Kita. Berkat penemuan internet, semuanya menjadi terhubung dan menjadi cukup mudah!


Dengan terkoneksinya berbagai hal, berbagai pekerjaan menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Mulai dari belajar, sekolah bahkan bekerja kini bisa dilakukan dari rumah. Saking banyaknya orang yang sukses tapi bekerja dari rumah sampai-sampai bikin tetangga jadi iri dan mengira kalau si Dia ini melihara tuyul atau babi ngepet.


Duh, masa iya definisi sukses jadi begini nantinya "Bekerjalah sampai sukses, sampai tetanggamu mengira Kamu memelihara Tuyul atau Babi ngepet" Kan kocak jadinya 😂😂


Cara menjadi sukses sebenarnya cukup mudah, Kita hanya perlu mempelajari pola dan jalan yang dilalui oleh orang yang telah sukses terlebih dahulu. Amati, tiru dan jalani dengan cara Kita masing-masing.


Nah, terus tips buat jadi orang sukses itu gimana dong? Gampang juga kok! Seperti yang sudah kutuliskan di awal tulisan ini. Sudah saatnya Kita membuat uang yang bekerja untuk Kita! Gimana caranya? Melalui INVESTASI dong! bukan nuyul atau ngepet 😁


"Tapi, Kita kan belum sukses. Masih banyak kebutuhan, jadinya belum bisa investasi 😫"

Investasi itu bukan nunggu Kita sukses dulu, investasi bisa dimulai kapan saja dan dimana saja! 


Masih bimbang dan punya banyak alasan? Yuk bahas lebih lanjut kenapa Kalian harus mulai berinvestasi dari sekarang!


1. Investasi Sebagai Dana Darurat


Investasi itu mirip dengan tabungan. Sebagian dana atau aset yang Kita simpan untuk kemudian hari. Salah satu alasan kenapa Kalian harus mulai berinvestasi dari sekarang, karena hal itu dapat Kita jadikan sebagai dana darurat jika terjadi hal yang mendadak suatu saat secara tiba-tiba.


Terdapat banyak produk investasi dewasa ini, bahkan ada beberapa produk yang bisa ditarik secara instan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Kita yang menginvestasikan beberapa bagian dari uang atau aset Kita. Dengan penarikan instan yang diberikan ini, apabila terjadi kebutuhan mendadak atau tidak terduga, maka Kita bisa dengan mudah mencairkan sejumlah dana yang dibutuhkan secara langsung.


2. Investasi Sebagai Rencana Masa Depan


Mulai berinvestasi berarti mulai membangun masa depan. Investasi tujuannya untuk jangka panjang, oleh karena itu dengan memulai berinvestasi maka secara tidak langsung Kita juga sudah mulai merencanakan masa depan Kita.


Ada beberapa model investasi yang ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang. Sebut saja investasi properti yang harganya terus naik dan meningkat setiap tahunnya. Investasi ini merupakan pilihan terbaik dan paling cocok untuk Kalian yang memiliki proyeksi jangka panjang kedepannya.


3. Investasi Bukan Pemborosan


Hal ini sangat perlu ditekankan, investasi bukanlah bentuk pemborosan. Investasi adalah bentuk perencanaan masa depan, namun perlu diingat bahwa nominal yang diinvestasikan harus sangat diperhatikan dan tidak keterlaluan. Pastikan Kalian sudah menyisakan beberapa bagian dari aset Kalian untuk kebutuhan sehari-hari. 


Jangan semerta-merta melimpahkan semua aset Kalian kepada produk tertentu dengan nama Investasi ya! Mengutip dari Koinworks.com nominal ideal untuk investasi adalah 20% dari pendapatan bulanan Kalian. Hal ini mengacu kepada rule of budget skill financial yakni 50/30/20. 


Konsep 30/50/20 dalam financial planing (Foto : Pinterest)

Angka ideal yang bisa dialokasikan menurut para ahli finansial adala 50% dari pendapatan bulanan untuk kebutuhan esensial seperti cicilan dan tagihan, 30 persen untuk kebutuhan pribadi dan sehari-hari serta sisa 20% nya untuk disimpan dan diinvestasikan. Namun angka tersebut masih fluktuatif menimbang pendapatan bulanan setiap orang yang berbeda-beda. Nah, untuk masalah ini bakal Kita bahas di tulisan lain agar lebih jelas dan mudah dimengerti.


4. Investasi Bukan Hanya Duit


Alasan lainnya kenapa Kalian harus banget mulai berinvestasi dari sekarang adalah karena investasi itu tidak hanya soal uang. Investasi itu bentuknya berbagai macam. Hal yang Kalian simpan tidak hanya duit namun aset lainnya.


Contoh sederhana menabung aset adalah menabung karya di situs microstock yang dapat memberikan passive income kepada Kita selaku kreator. Beberapa situs microstock yang sudah terbukti lejit dan membayar kreatornya seperti Shutterstock sangat patut untuk Kalian cari tau dan cobain.


Buat yang penasaran dan ingin coba terjun ke dunia microstock, silahkan baca beberapa tulisan tentang dunia kreatif di link berikut.


5. Investasi itu Mudah dan Bisa Dilakukan Kapanpun Dimanapun!


Berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini Kita bisa berinvestasi kapanpun dan dimanapun. Bahkan hanya dengan smartphone Kita saja. Iya! Jadi sudah tidak adalagi alasan untuk tidak mulai berinvestasi dari sekarang!


Mau investasi logam mulia? bisa kok! sekarang sudah banyak platform jual beli emas yang menyediakan jasa nya secara daring.


Mau investasi yang jauh lebih besar dan dalam jangka panjang? Bisa juga! Saham atau reksadana bisa jadi pilihan yang cocok untuk yang satu ini. Platformnya pun cukup banyak. Salah satu platform yang Kurekomendasikan untuk Kalian yang ingin berinvestasi dalam bentuk saham atau reksadana adalah Bibit.


Kenapa Bibit?


Terdapat beberapa alasan kenapa Aku merekomendasikan Bibit bagi Kalian investor pemula, atau bahkan belum pernah berinvestasi sama sekali.


Alasan pertama adalah adanya Robo Advisor dari Bibit. Robo advisor ini nantinya akan menjadi asisten Kalian dan membantu Kalian untuk memilih dan menentukan produk investasi apa yang cocok untuk Kalian.


Alasan kedua adalah Bibit merupakan platform yang ramah bagi penggunanya. Mulai dari user interface yang bersih dan nyaman serta sistemnya yang cukup mudah. FYI, Bibit hanya menunjukkan 3 produk teratas berdasar profil resiko Kalian. Jadi, dari sekian banyak produk investasi yang tersedia Kalian nantinya hanya akan diberikan 3 buah produk terunggul berdasarkan profil resiko yang Kalian inginkan.


Alasan ketiga adalah kuis interaktif yang diberikan Bibit sangat bermanfaat dan berguna bagi Kalian yang baru belajar investasi saham dan reksadana. Melalui quiz interaktif ini Kalian dapat belajar dengan seru tentang reksadana dan Bibit secara mudah.


Dan yang paling asik nih, ada cashback sebesar 25 ribu rupiah untuk setiap pengguna baru lo! lumayan kan 😍 Cara klaim nya pun cukup mudah. Kalian tinggal download aplikasi Bibit melalui link berikut dan masukkan kode referral rhmankml untuk mendapatkan cashback reward sebesar 25 ribu rupiah.


Masih mau menunda investasi dengan berbagai alasan lain? Yuk mulai berinvestasi dari sekarang!

___

Sumber Gambar :

https://unsplash.com/photos/5OUMf1Mr5pU

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wah, mantap ini tips nya 50 % untuk essential, 30% untuk personal dan 20% untuk savings. Cocok. Memang penting pengendalian diri untuk tidak konsumtif tetapi lebih membangun investastasi jangka panjang yang nantinya menjadi income di saat jatuh tempo. Saya biasanya saving dibagi lagi menjadi 50% saving liquid dan 50% saving non liquid. Salam sehat dan Selamat beraktifitas.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)