Breaking

Ukuran Header Youtube dan Tips Membuatnya Pas dan Aesthetic

Header di YouTube digunakan untuk memperlihatkan atau menampilkan gambar keren sesuai dengan identitas kamu atau channel kamu. Ada ukuran khusus yang digunakan untuk header YouTube. Hal ini ditujukan agar gambar header dapat ditampilkan dengan maskimal.

Header channel juga ditampilkan dalam bentuk latar belakang atau banner di bagian atas halaman YouTube kamu. Selain menjadikan sebuah identitas, header channel juga bisa memberikan tampilan serta nuansa unik pada halaman YouTube kamu.

Header YouTube akan terlihat berbeda-beda pada layar dekstop, perangkat seluler dan TV, gambar yang tidak sesuai ukuran akan terpotong secara otomatis mengikuti ukuran yang disarankan oleh Youtube. Lalu bagaimana cara mengatur sebuah Header Youtube agar sesuai dengan kriteria dan ukuran Minimal yang diberikan oleh Youtube? Yuk langsung Kita bahas lebih lanjut!

Ukuran Minimal Header Youtube

Ada 4 buah ukuran minimal untuk Youtube, hal ini berdasarkan kepada tipe device yang digunakan untuk mengakses Youtube. Rincian detail ukuran yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  • Ukuran TV : 2048 x 1152
  • Ukuran Desktop : 2048 x 423
  • Ukuran Tablet : 1855 x 423
  • Ukuran Smartphone : 1546 x 423
Ukuran Header Youtube dan Tips Membuatnya Pas dan Aesthetic
Panduan ukuran dimensi header channel Youtube


Cara Pembuatan Header Youtube

Untuk cara pembuatannya cukup sederhana, namun perlu diingat ukuran yang harus Kita upload adalah Ukuran TV atau dengan lebar piksel 2048 x 1152. Agar header yang kita buat nanti ketika di upload tidak lebih tapi pas, maka buatlah 2 buah kotak saat mendesain header.

Kotak pertama berukuran 2048 x 1152 dan kotak kedua berukuran 1546 x 423 yang diletakkan ditengah kotak pertama. Kotak ke-2 ini adalah kotak aman. Jadi, jika Kalian ingin memasukkan tulisan atau identitas channel Kalian, maka aku sarankan Kalian meletakkannya di dalam kotak ke-2 ini meskipun hasil akhir yang diupload akan berukuran 2048 x 1152.

Nah, dengan memakai ukutan tersebut. Kalian sudah memastikan header yang Kalian buat akan pas dengan ukuran Youtube di smartphone saat mengakses channel Youtube Kalian. But wait, sebelum Kalian menyesuaikan header yang Kalian buat, ada 1 elemen lain yang tersisa yang perlu Kalian perhatikan.

Mengingat bahwa user youtube tidak hanya pengguna smartphone namun ada juga yang mengakses Youtube menggunakan Desktop atau PC, maka Kalian juga perlu memperhitungkan ukuran Desktop. Sederhananya, ukuran desktop, atau bagian kosong disamping ukuran aman tulisan/kotak ke-2 tadi perlu Kalian isi juga. Ntah itu dengan ornamen yang sama dengan yang ada di kotak ke-2 atau mau dibuat polos juga tidak apa. 

Hal terpenting adalah gambarnya seamless atau nyambung dengan gambar yang ada di kotak ke-2 tadi. Bingung? Aku kasih contoh gambarnya.

Ukuran Header Youtube dan Tips Membuatnya Pas dan Aesthetic
Contoh Header Channel Youtube Zoona Official


Desain di atas adalah contoh desain header channel Youtube Zoona Official yang beberapa saat yang lalu Aku desain. Secara keseluruhan gambarnya berukuran 2048 x 1152, area yang berisi tulisan dan konten berukuran 1546 x 423 dan kotak seluas 2048 x 423 memiliki pattern atau pola yang sama dengan kotak ke-2.

Step terakhir sebelum header Channel Kalian selesai adalah sesuaikan ukuran header Kalian. Karena file maksimal yang diperbolehkan adalah sekitar 6 MB, jadi jika file Kalian terlalu besar maka silahkan convert gambar tersebut terlebih dahulu.

Jadi, begitulah cara membuat header channel youtube Kalian menjadi pas dan tidak terpotong. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.

6 komentar:

  1. tips praktis ....bisa dicoba.....

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anytime kak, semoga tips dan triknya bermanfaat

      Hapus
  2. Saya baca dulu, prakteknya nanti kalau sudah punya yuotube. Hehe. Btw makasih sharing ilmunya. Nice info.

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat, terimakasih atas informasinya ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.