Ini Dia 6 Alasan Kenapa Bisnis Lokal Perlu Memanfaatkan Teknologi Digital!


Di era yang segala sesuatu sudah beralih ke platform digital, masih banyak pelaku bisnis atau pelaku jasa yang menerapkan sistem manual terhadap produk dan layanan Mereka. Ada yang masih percaya bahwa cara ini adalah yang paling kompatibel dan cocok dengan produk atau layanan yang diberikan oleh Mereka, atau kadang kali juga terjadi akibat dari kurangnya pengetahuan dan pengalaman terkait pemanfaatan infrastruktur digital.


Pelaku bisnis yang paling sering menghadapi dan memperoleh masalah ini adalah pelaku bisnis lokal yang masih memanfaatkan platform seadanya dan bahkan hanya bermodalnya toko fisik tanpa bentuk pemasaran maupun pemanfaatan platform digital untuk kebutuhan sales dan marketingnya. Pada dasarnya peluang yang muncul dengan adanya pemanfaatan platform digital sangatlah besar.


Dengan memanfaatkan platform digital, pelaku usaha bisa memperoleh banyak benefit dan kemudahan, diantaranya adalah sebagai berikut : 


Biaya Promosi yang Jauh Lebih Hemat

Manfaat utama dari perkembangan teknologi digital adalah biaya promosi yang menjadi lebih murah. Dibandingkan dengan melakukan promosi menggunakan media konvensional seperti TV, radio, spanduk, pamflet atau lainnya yang pasti bakal memerlukan banyak cost untuk biaya percetakan dan iklan, menggunakan media internet akan jauh lebih menghemat biaya Kalian. Bahkan Kalian juga bisa promosi gratis melalui internet. Apabila saat ini Kalian masih binggung untuk memutuskan cara memperomosikan brand atau produk Kalian, maka memanfaatkanlah teknologi digital dengan melakukan pemasaran menggunakan media digital seperti melalui media sosial atau melalui platform khusus seperti Zoona.

Dapat Membantu Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari marketing tentunya adalah untuk meningkatkan penjualan. Nah, teknologi digital nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan Kalian. Pada dasarnya, teknologi digital dapat membantu Kalian untuk menjangkau target yang lebih luas, dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Tidak hanya itu, teknologi digital juga menyediakan variasi yang lebih banyak untuk pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis serta dapat diaplikasikan dan digunakan untuk berbagai kebutuhan dan berbagai macam bisnis.


Berkomunikasi dengan Konsumen Menjadi Lebih Mudah

Dengan teknologi digital, Kalian akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan konsumen maupun calon konsumen. Dengan kata lain, akan semakin mudah juga bagi anda untuk membangun hubungan yang baik dengan komsumen. Hal ini tentunya bisa anda jadikan kesempatan untuk menjadi semakin dekat dengan konsumen dan meningkatkan loyalitas konsumen anda.

Klasifikasi Target Pasar Menjadi Lebih Mudah dan Lebih Luas

"Jaman dulu: banyak anak, banyak rezeki. Jaman sekarang: banyak koneksi banyak rezeki."

Teknologi digital dapat memberikan manfaat seperti lebih memudahkan Kalian dalam menentukan target pasar. Seperti yang Kita ketahui, jika setiap konsumen memiliki berbagai macam perbedaan mulai dari hobi, umur, jenis kelamin sampai daya beli. Semua hal tersebut, bisa diklasifikasikan dan dapat Kalian gunakan untuk memilih target pasar Kalian. Dengan teknologi digital seperti strategi digital marketing, bisa memberikan Kalian kemudahan dalam menargetkan pasar secara lebih spesifik dan lebih mudah. Kalian hanya perlu memilih media sosial atau website yang memiliki kesamaan dengan segmentasi Kalian, atau hanya mengatur semua hal tersebut di akun google adwords yang Kalian miliki.

Proses Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Mudahnya transaksi dengan pemanfaatan teknologi digital



Pembayaran secara cash, tentunya sudah mulai jarang digunakan karena akan sangat merepotkan jika penjualan terjadi antar kota yang berbeda. Terlebih lagi dengan perkembangan kondisi dan penyebaran wabah COVID-19 yang kian tak menentu, pembayaran secara cash dapat menjadi media penyebaran penyakit. Dengan teknologi digital membayar bisa dilakukan dengan online bangking. Trend pembayaran secara virtual pun mulai marak seiring dengan mulai menjamurnya platform dompet digital yang bisa dengan mudah di download secara gratis. Memanfaatkan teknologi digital tentu memberikan dampak yang sangat positif untuk proses transaksi. Jadi para konsumen bisa melakukan pembayaran di manapun dan kapanpun.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, selain kemudahan pembayaran, penghitungan kas masuk dan keluar juga lebih mudah, tak perlu lagi repot nyediain uang kecil untuk kembalian serta berbagai kebutuhan sistem pembayaran lainnya.

Membantu Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, memahami pelanggan adalah hal yang sangat penting . Artinya adalah memberikan pengalaman pelanggan yang kuat telah menjadi suatu kebutuhan untuk mengembangkan bisnis supaya sukses. Salah satu metode yang bisa Kalian lakukan adalah melalui analisis. Dengan semua teknologi digital bisnis sekarang ini, Kalian bisa memanfaatkan analisis digital yang ada untuk mengetahui tentang histori pembelian pelanggan Mereka dan memahami
moment dan tempat yang tepat untuk melibatkan Mereka.

Anda dapat memanfaatkan Google Analytics, untuk menganalisis jalur lalu lintas pengguna, untuk melihat halaman web mana yang menarik perhatian dan mendorong Mereka untuk membeli suatu barang tersebut. Hal ini bisa memberikan wawasan tentang bagaimana Kalian dapat mempertahankan penggunanya. Dengan memahami apa yang disukai dan tidak disukai pengguna melalui analisis digital dapat meningkatkan pengguna produk atau jasa Kalian secara signifikan.


Hal yang udah Aku sebutin di atas adalah 6 alasan kenapa lokal bisnis harus segera mengaplikasikan infrastruktur digital untuk bisnis Mereka baik produk maupun jasa. Berkat kemajuan teknologi, kini sudah banyak platform digital yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis sebagai media pemasaran produk maupun jasa Mereka. Dari sekian banyak platform digital yang ada di Indonesia, salah satu platform yang cukup Aku rekomendasikan untuk para pelaku bisnis adalah Zoona.

Apa Itu Zoona?

Zoona adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk menjelajahi lokal bisnis terdekat maupun jarak jauh. Selalu bersedia membantu dalam menemukan layanan lokal bisnis yang ada dengan mudah dan aman, seperti perawatan, olahraga, kuliner, shopping, perjalanan, hiburan, dan layanan lainnya.

Zoona, aplikasi untuk pelaku bisnis UMKM Go Digital

Zoona adalah aplikasi gaya hidup yang ditujukan untuk mempermudah berbagai kegiatan sehari-hari. Menghimpun berbagai fitur yang ditujukan untuk memudahkan kegiatan Anda, mulai dari mencari, memesan dan bertransaksi serta berinteraksi secara langsung dengan bisnis lokal sekitar maupun jarak jauh. Semuanya disaukan dalam sebuah aplikasi yang mudah dipakai dan mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna sehari-hari.

Zoona bisa di gunakan dimanapun dan kapanpun anda butuhkan untuk mengeksplor sesuatu yang ada di sekitar anda dengan lebih mudah dan efisien

Zoona Untuk Bisnis Lokal

Selain ramah pengguna, Zoona juga turut mendukung lokal bisnis dengan mendorong pelaku bisnis lokal untuk mulai Go Digital melalui layanan online yang diberikan oleh Zoona. Selain menjadi user, Anda juga dapat mendaftarkan bisnis Kalian di Zoona untuk mencakup pasar yang lebih luas lagi.

Dengan dukungan aktif dari pusat layanan dan bantuan yang selalu aktif dan cepat tanggap membantu para pengguna dan pelaku bisnis lokal yang sedang mengembangkan bisnisnya. Zoona berusaha membentuk dan mencipatakan ekosistem yang baik dan ramah untuk membuat bisnis lokal dapat lebih dilihat dan dikenal oleh masyarakat secara luas.

Bagaimana Cara Daftarkan Bisnis di Zoona?

Cara untuk mendaftarkan bisnis Anda di Zoona sangatlah mudah. Cukup download aplikasi zoona di playstore (android) -> daftar sebagai akun biasa -> Lengkapi data dan informasi -> Klik tombol bisnis di halaman profil -> lalu daftarkan bisnis anda.
____
https://babaibnu.com/manfaat-teknologi-digital-untuk-pengembangan-bisnis/

Posting Komentar

8 Komentar

  1. wah emamng betul, gak memanfaatkan malah rugi besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Tira, pemanfaatan teknologi gak ngasih kerugian tapi malah ngasih kebermanfaatan. Yang penting dari penggunanya punya kemauan dan niatan untuk memanfaatan teknologi tersebut. Karena pada dasarnya teknologi ditujukan untuk memudahkan segala kegiatan kan

      Hapus
  2. Pelaku usaha menengah dan kecil ke bawah mesti mencoba ne. Nice info brother

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, dengan mengadaptasi teknologi sama dengan membuka peluang yang lebih besar, siapa tau bisa mendorong omzet dan bikin bisnisnya meningkat dengan pesat kann

      Hapus
  3. Ada baru lagi nih, Zoona.
    Wajib kucoba akh barangkali fiturnya lebih akurat.

    BalasHapus
  4. kita sudah masuk era digital, semestinya semua sektor melek teknologi ini.
    Artikel yang bermanfaat.....

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, sudah saatnya untuk mulai beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Sudah saatnya teknologi dimanfaatkan sebagik mungkin untuk memperoleh manfaat dan output yang maksimal

      Terima Kasih telah berkunjung Kak Tanza

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)