Getuk Gulung - Jajanan Tradisional Enak dengan Bungkusan Kekinian

Getuk Gulung Jajanan tradisional yang dibuat kekinian

Getuk adalah jajanan tradisional yang bisa dibilang cukup sulit untuk ditemui dewasa ini seiring dengan berkembangnya teknologi dan viralnya makanan-makanan kekinian. Getuk adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Pembuatan getuk diawali dengan mengupas singkong dan merebusnya. Setelah matang singkong ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Sebagai pelengkap, biasanya getuk ditaburi dengan parutan kelapa untuk menambah cita rasa dan memperindah tampilannya.


Sebagai jajanan tradisional, belakangan Getuk bisa dibilang sudah mulai sulit ditemui karena penjualnya yang mayoritas sudah berumur dan kalah saing dengan makanan kekinian yang merebak di tengah kaum milenial. Pemasaran dan penjualan getuk juga masih tradisional dan bergantung kepada penjualan secara langsung dengan membuka lapak atau dijajakan secara keliling dengan menggunakan bak besar yang disanggul di atas kepala.

Entah kenapa, beberapa saat yang lalu Aku merasa cukup kangen dengan jajanan yang satu ini. Saat masih di sekolah dasar, Getuk bisa terbilang masih mudah ditemui dijajakan oleh ibu-ibu keliling desa atau dipasar dekat rumah. Setelah beberapa tahun, populasi penjual Getuk mulai berkurang dan Aku merasa cukup kangen dengan makanan yang satu ini.

Getuk Lindri Jajanan Tradisional
Getuk Tradisiona/Getuk Lindri (Sumber foto : travel.tribunnews.com)



Tanpa tau karena kode atau isyarat apapun, di suatu pagi Ibuku tiba-tiba datang membawa sekotak makanan selepas berbelanja dari pasar di pagi hari. Aku yang biasanya mengantarkan Ibu dan menunggu di parkiran tak punya ide apapun tentang isi kotak makanan yang dibawanya keluar dari pasar.

Sesampainya dirumah, kotak itu diberikan dan ternyata diberikan padaku untuk dimakan. Awalnya kukira isi makanan itu adalah roti gulung karena bentuknya yang seperti roti gulung dengan taburan keju dan susu kental manis yang dibungkus terpisah dengan plastik.


Setelah Susu kental manis yang ada kutuang secara rata baru sadar deh kalo ternyata makanan itu adalah Getuk yang dibungkus dan dibentuk mirip dengan roti. Diberi tambahan keju agar tak kalah saing dengan jajanan masa kini 😻

Getuk Gulung yang Lembut dan Kaya Rasa

Meski dibentuk seperti roti gulung, Getuk Gulung memberikan rasa getuk yang cukup kurindukan dengan tekstur yang lebih lembut daripada Getuk tradisional. Getuk gulung juga memakai toping yang berbeda dengan Getuk biasanya.

Getuk yang biasa dipadukan dengan parutan kelapa diganti dengan parutan keju yang diberi lumuran susu kental manis untuk memperkaya rasa dan memberikan cita rasa gurih dan nikmat.

Tampilannya Enak dan Bikin Laper

Harus Aku akui bahwa nilai lebih lain dari Getuk Gulung, selain rasa dan teksturnya yang empuk dan lembut banget, tampilannya itu lo duh bikin gak tahan pengen nyicipin. Terlihat seperti roti gulung di luar namun memberikan cita rasa getuk yang lembut berhasil bikin suprise banget. Alih-alih kecewa karena mengira kalau makanan tersebut adalah roti, rasa yang ditawarkan benar-benar gak kalah dengan tampilannya.

Aku yang cukup terkejut karena tidak sesuai ekspektasi (terlihat seperti roti gulung) akhirnya tidak jadi berkata apa-apa saking dari enaknya. Ketidaksesuaian yang awalnya terasa eh ternyata sudah hilang berganti dengan tangan yang tak hentinya menyendok Bolu Getuk.

Rasa yang Variatif 

Nilai lebih lain dari Getuk Gulung ini adalah varian rasa yang banyak dan tak terbatas. Ada banyak pilihan rasa yang bisa Kita pilih. Hal ini tak lepas dari bahan dasar Getuk yang adalah singkong ternyata bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa lain tanpa membuatnya terasa eneg. Penambahan toping kekinian seperti parutan keju dan coklat semakin membuat Getuk Gulung menjadi semakin variatif dan kaya rasa.


Varian Getuk Gulung Coklat dan original
Harga : 10 ribu rupiah (Bonus sendok dan susu kental manis)

Cara Membuat dan Resep Getuk Gulung

Bahan-bahan pembuatan Getuk Gulung :

  • 500 gr Singkong
  • potong-potong
  • 2 sdm Margarin
  • 60 gr Sasa Santan Bubuk
  • 50 gr Gula halus
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt Pasta pandan
  • 100 gr Keju parut
Cara membuat Getuk gulung : 
  • Campur kelapa parut dengan sedikit garam dan pandan.
  • Kukus singkong yg sudah dipotong2. Kukus jg kelapa parut dgn wadah sendiri selama 30 mnt
  • Tumbuk singkong sampai halus dalam keadaan panas
  • Tambahkan gula dan mentega campur hingga rata
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian
  • Bagian 1 beri coklat bubuk dan campur sampai rata
  • Pipihkan adonan diatas daun atau plastik. Begitu pula adonan yg tanpa warna
  • Lalu tumpuk kedua adonan sambil ditekan2. Gulung dengan rapi
  • Potong gulungan gethuk sesuai selera
  • Taburi dengan kelapa parut diatasnya. Berikan toping lain seperti Keju atau parutan coklat jika Kalian suka
  • Roll gethuk siap dinikmati. Selamat mencobaa.... 😄😄

____
Jadi, sudah pernah nyobain Getuk Gulung belum? kalau sudah yuk berbagi cerita! Atau Kalian juga pada kangen sama jajanan tradisional yang satu ini? kuy sharing!




Posting Komentar

8 Komentar

  1. makanan favorit saya....
    keren variannya...

    # I am following you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantap nih. Favoritnya jajanan tradisional. Samaan mas, Aku juga cukup suka sama makanan yang satu ini. Manisnya tuh enak dan gak bikin eneg, bahan dasarnya yg dari ketela juga bikin kenyang hehehe

      Hapus
  2. Setuju banget padahal jajanan getuk lindri aku cukup suka. Sekarang udah agak sulit ditemukan meskipun di pasar tradisional. Inovasi nya cukup menarik ya..jadi olahan singkong dibuat getuk menyerupai roti gulung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, susah banget tuh rasanya sekarang nyari jajanan tradisional kayak Gethuk Lindri ini. Dengan adanya inovasi ini kurasa cukup seru dan baik dan bermanfaat untuk mengembangkan dan menguatkan kembali eksistensi dari makanan lokal yang perlahan mulai tergerus oleh makanan kekinian

      Hapus
  3. ini juga aku nggak eprnah bosan. Apalagi di Batam, carai makanan ini yang dimasak selezat asli di Yogya, susah banget. Ini kreatif banget yang jualnya, ya. Pengen getuk gulung coklatny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, cukup kreatif. Membungkus makanan tradisional dengan bentuk kekinian agar tampak menjadi makanan baru padahal hanya variasi dari jajanan tradisional yang sudah umum dikenal sebelumnya.

      Kalau gak salah, ada sebuah franchise makanan yang nawarin makanan kayak gini Kak, mungkin udah tersedia atau punya cabang di Batam

      Hapus
  4. Getuk ini kebetulan salah satu panganan favoritku lho, karna rasanya nggak terlalu manis. Rasanya nggak eneg dan teksturnya yang kenyal nggak benyek. Bagus sih dikemas secara kekinian, supaya lebih luas yang pasarnya.
    Tapiiii.. terkadang aku merindukan jajan tradisional yang otentik, yang apa adanya dengan rasa aslinya dulu, sesuai yang tertinggal dalam kenangan... kadang jajan tradisional ini sudah dimodif dengan keju lah, mozarella atau lelehan coklat, aneh aja rasanya... aku rindu rasa yang dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, dengan adanya pengemaasan baru terkadang ada penambahan cita rasa kekinian seperti coklat dan keju yang ditambahkan dalam sajian. Hal itu juga kerapkali membuatku cukup merindukan jajanan tradisional dalam bentuk paling sederhananya. Beruntung, selama momen ramadhan ini banyak pedagang Kaki lima yang menjajakan jajanan tradisional sebagai dagangan untuk takjil :D

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)