Breaking

Tips Cerdas Cari Kost Baru Impian Setelah Pandemi



Beberapa saat yang lalu, Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan tentang pengaktifan kembali perkuliahan secara luring. Dalam pernyataannya, Nadiem Makarim menjelaskan bahwa per Januari 2021 aktivitas perkuliahan akan kembali diaktifkan dengan catatan memperoleh izin dari 3 pihak terkait. 3 pihak tersebut meliputi izin dari pemangku wilayah dalam hal ini Kemenag, izin dari Rektor dan yang terakhir izin dari Komite Walimurid. Keputusan terkait pembelajaran offline pada 2021 mendatang dilakukan berdasarkan keputusan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, serta Menteri Dalam Negeri.


Nah, tentu kabar ini sangat membahagiakan. Rasanya badan ini nih sudah terlalu lama rebahan dan kurang beraktivitas. Kabar pengaktifan kembali perkuliah luring ini layaknya hujan di tengah musim kemarau. Adem banget rasanya. Nah, untuk menyongsong perkulia Luring ini tentunya Kita-kita yang udah pada mulai mau kuliah kembali perlu mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Salah satu momen back to campus yang paling seru tentu berburu Kost idaman dan nyaman sebagai tempat tinggal sementara.


Jadi, sebagai mahasiswa yang sudah rada berlumut ๐Ÿ˜‚ Aku mau sedikit berbagi dan sharing tentang beberapa tips buat Kalian yang lagi nyari Kost an baru setelah pandemi. Apa aja tipsnya? skuy langsung bahas aja langsung gausah pake lama!!


Note : Tips ini bukan cuma untuk mahasiswa ya! Buat Kalian yang lagi nyari kost an untuk mempermudah akses dan akomodasi ke tempat kerja tips-tips berikut juga berguna buat Kalian kok!


Apa yang Bikin Sewa Kost Mahal?


Hal pertama yang perlu dipahami  adalah alasan harga sewa sebuah kost mahal. Harga sewa sebuah kost biasanya dipengaruhi beberapa hal. Akses dengan jalan raya dan seberapa dekat dengan kampus/tempat kerja dan fasilitas yang diberikan (sanitasi air dan fasilitas di dalam unit kost) biasanya menjadi faktor penentu harga sewa sebuah kost an. Makin dekat dan makin baik fasilitas yang diberikan maka makin mahal pula biaya sewa kost tersebut.


Baca juga : Alasan Kenapa Milenial Ingin jadi Dokter?


Kost an yang ada di pinggir jalan tentu akan lebih mahal dibanding yang ada di dalam gang. Kost an yang ngasih kamar mandi dalam tentu bakal lebih mahal tarifnya dibandingkan dengan kost an yang kamar mandinya di luar.Yups, ini soal aksesabilitas dan fasilitas yang bisa Kita dapatkan sebagai penyewa kost.


Kalo disederhanain jadinya sebuah segitiga perbandingan seperti ini :


Mau DEKET + FASILITAS LENGKAP maka gak bisa MURAH

Mau MURAH + DEKET maka gabisa FASILITAS LENGKAP

Mau DEKET + FASILITAS LENGKAP maka gabisa DEKET


3 Hal ini saling berkaitan dan gabisa diembat semuanya juga ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Kalo mau deket dan fasilitas lengkap juga masih murah? ya bangun aja rumah deket kampus/ tempat kerja ๐Ÿ˜‚. 


Setelah memahami alur tersebut, Kita bisa mulai meperhitungkan kost seperti apa yang Kita inginkan. Mau yang murah? mau yang deket? atau mau yang fasilitasnya lengkap? tinggal nego aja sama jatah bulanan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚


Tanya-Tanya dan Hunting Kost di Platform Daring


Setelah Kita menentukan tipe kost seperti apa yang Kita inginkan maka selanjutnya tinggal cari info lokasi kost dan serba-serbinya. Tenang!! Kalian gak perlu lagi ribet muter-muter nyari pamflet rumah dikontrakkan atau menerima kost muslimin/muslimat, cukup searching di sosial media atau platform daring yang berfous kepada informasi tentang kost dan kontrakan. 



Ada banyak penawaran dan platform daring yang memudahkan Kita untuk mencari atau survey kost lengkap dengan foto dan harga sewanya. Setelah Kita mencari dan survey kost sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Kita. Maka tinggal tanya-tanya dan bincang-bincang dengan pemiliki kost lalu survey tempat secara langsung deh.


Lakukan Komparasi Harga


Manfaat dari hunting kost dengan berbagai platform adalah untu tujuan komparasi biaya sewa. Saat Kita suda melakukan pencarian dan pengumpulan beberapa tempat kost yang berpotensi, Kita bisa mulai melakukan komparasi mulai dari harga, kondisi tempat, fasilitas dan berbagai material dan kebutuhan lainnya. Kita bisa membandingkan beberapa aspek untuk menemukan kost an paling ideal baik dalam harga, fasilitas maupun kebutuhan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Kita. So! jangan lupa untuk komparasi dan kalkulasi terlebih dahulu ya!


Survey Langsung ke TKP


Yups, tips terakhir adalah survey langsung. Mau langsung ambil kost dengan modal view online melalui foto juga sebenarnya gapapa, tapi lebih sreg dan enak untuk survey langsung. Kita bisa tau kondisi ril dari tempat kost yang akan kita tempati, kenalan sama penanggung jawab a.k.a Pak Kos yang bakal jadi tukang tagih biaya sewa tiap bulannya. Kita juga bisa mengetahui letak pasti dan kondisi lingkungan sekitarnya juga. 


Jadi, sebisa mungkin sebelum Kalian menyewa sebuah kost an ada baiknya untuk survey secara langsung untuk memastikan kondisi dari tempat kost yang bakal Kalian tempati nantinya. Selama survey, Kalian juga bisa mengecek kondisi air, lingkungan sekitar, bolehkah untuk bawa tamu atau tidak? dan hal-hal lain yang sekiranya diperlukan. Jangan sungkan, tanyakan semua hal yang Kalian perlukan agar tidak ada kendala dan kesalah pahaman nantinya setelah Kalian menyewa kost an tersebut.


__


Jadi itu dia beberapa tips yang Aku rekomendasikan untuk Kalian yang lagi nyari kost an baru impian setelah pandemi. Semoga tips tersebut bermanfaat dan selamat berburu kost impian Kalian. Sekian dan Salam Hangat ๐Ÿ˜Š


18 komentar:

  1. Platform daring sekarang sudah banyak ya yang berisi tentang properti dan khususnya kos-kosan. Tapi memang lebih baik kalau langsung ke TKP sih, bisa lihat dan cek keadaan langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener banget! jangan sampe gak survey dan cek lokasi terlebih dahulu. Karena gambar kadang kali menipu :D

      Hapus
  2. Kost-an baru impian, setelah pandemi, atau Kost-an baru, impian setelah pandemi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kost-an baru (yang) impian, setelah pandemi. Semuanya mulai kembali normal, semuanya mulai kembali seperti sedia kala. Sudah saatnya untuk kembali kepada rutinitas dengan penyesuaian dan hal baru yang terjadi akibat imbas dari pandemi.

      Kak Pande tetep dari rumah kan ya setelah pandemi ini? hehe :D

      Hapus
  3. Setuju kak untuk yang terakhir sebelum memutuskan kita memang harus survey langsung ya. Jangan sampai di foto bagus pas kita datangi tidak sesuai dengan kenyataannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget,takutnya ekspektasi gak sesuai sama realita

      Hapus
  4. Kmrn juga nyari kontrakan lewat platform online nih, cma saat pandemi gini emang ketat bgt, syarat pcr ato rapid pasti diminta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, sekarang perlu beberapa dokumen tambahan sebelum bisa sewa sebuah kost. Mau keluar kota pun juga perlu beberapa dokumen tambahan akibat pandemi dan kenormalan baru yang lagi diterapkan.

      stay healty mbak Ghina

      Hapus
  5. Iya harus tetap survei kost ya walau cari di platform online biar tahu penampakan kosnya langsung

    BalasHapus
  6. Sekarang sudah mulai kuliah luring ya syukurlah..perekonomian sekitar kampus bisa hidup dan berdetak lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, alhamdulillah. Bertahap mulai bisa kuliah secara normal lagi. Kangen sama interaksi dan becandaan bareng sama temen-temen, beda banget rasanya daring sama luring

      Hapus
  7. sekarang banyak lo info kos kosan luring
    tinggal bagaimana kita menyesuaikan bajet sama kebutuhan saja
    tapi tetap kebersihan dan kenyamanan jadi prioritas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, kebersihan sama kenyamanan ini nomer 1 banget

      Hapus
  8. Sebagai eks anak kost karena aku lama merantau di Jakarta, sepengalamanku nyari kost ngga pernah pakai aplikasi buat nyari info lokasi.
    Tapi, sengaja kudatangi sekitaran langsung sambil lihat suasana lingkungannya seperti gimana.
    Terus, mampir di warung makan dan tanya-tanya info tentang kost.

    Dari warung makan itulah hampir kesemuanya bisa dapetin informasi kost-kostan.
    Mulai dari kisaran harga, letak kost juga info tambahan lainnya ๐Ÿ˜Š.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, sampe lupa sama yang satu ini. Warung kopi nih ladang informasi banget

      Hapus
  9. Yang aku tau platform cari Kos itu ada Mamikos, tapi sekarang reddoorz juga menyediakan kos-kosan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kadang cek di IG sama Facebook sih, bapak atau ibuk kost rata rata masih aktif di FB biasanya. JAdi tinggal gabung sama forum/group dan udah deh bisa dapeting banyak info soal kost dll

      Hapus
  10. Sekarang makin banyak platform nyari kost2an ya. Cukup duduk manis di rumah aja tinggal lihat2 di layar gadget trus pilih deh. Tapi ga ada salahnya juga sebelum klik ok, lihat secara langsung dulu ke TKP biar lebih yakin.

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.