Breaking

Jasa Pengiriman Cargo - Kemudahan Pengiriman Logistik dengan Biaya Ekonomis dan Aman


Trend E-commerce belakangan mulai naik di negara ini. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang menjadi alasan dari naiknya penetrasi E-Commerce. Baik dalam skala besar yang direpresentasikan oleh perusahaan-perusahaan unicorn yang terjun dalam bisnis E-commerce dengan platform mereka masing-masing, atau dalam skala kecil seperti Online shop yang banyak bermunculan di sosial media.


Pembatasan Sosial Berskala Besar dan kondisi lingkungan dewasa ini yang memaksa masyarakat untuk tetap di rumah saja merupakan salah satu faktor pendukung yang membuat trend E-commerce naik dan mendapatkan momentumnya.


Daya beli masyarakat kini mulai beralih dan semakin terasa bahwa pembelian secara daring mulai menjadi sebuah hal yang lumrah dan diterima di masyarakat. Kemudahan dan beragam pilihan yang ada dan bisa didapatkan saat berbelanja secara daring membuat masyarakat mulai beralih kepada pembelian secara daring dibandingkan pembelian secara konvensional ke toko fisik. Cukup scrolling gawai, cek katalog, baca review baik dari penjual dan pembeli, sreg lalu checkout. Seperti itulah kira-kira alur konsumsi masyarakat dewasa ini.


Bicara soal E-commerce, tentu tak lepas dari yang namanya jasa ekspedisi. Pemilihan jasa ekspedisi yang baik dan terpercaya juga merupakan instrument penting dalam bisnis online. Hal ini lantaran dalam mekanisme belanja secara online, Jasa ekspedisi atau kurir menjadi penyambung antara pembeli dan penjual. 

Peran Penting Jasa Pengiriman Terhadap Perkembangan E-Commerce

Seperti yang sudah kita ketaui, perkembangan E-Commerce tak lepas dari keberadaan jasa pengirimiman. Hal ini karena jasa ekspedisi merupakan pintu terakhir yang merupakan pengantar sekaligus penjamin keamanan barang sampai ke tangan pembeli.

Kecepatan pengiriman, packing, serta jaminan garansi keamanan dan keutuhan barang adalah hal penting yang harus diperhatikan saat memilih jasa ekspedisi. Selain hal tersebut, biaya pengiriman juga acapkali menjadi factor yang menentukan bagi pembeli untuk memilih jasa pengiriman apa yang akan mereka gunakan.

Ketersediaan beragam jasa ekspedisi membuat pembeli menjadi lebih fleksibel dan dapat menyesuaikan kebutuhan mereka. Berapa lama mereka bisa menunggu barang yang mereka beli sampai kerumah mereka, berapa banyak tarif yang mau pembeli keluarkan untuk jasa ekspedisi yang mereka pilih untuk pengiriman barang mereka, serta beberapa faktor lainnya seperti apakah barang yang mereka beli lebih baik menggunakan jasa pengiriman ekspedisi atau jasa pengiriman Cargo.

Bukan sebuah masalah jika barang yang dikirimkan berupa barang yang tidak terlalu besar. Berbeda ceritanya jika barang yang akan dikirimkan berupa barang yang besar dan berat, jika dikirim dengan jasa pengiriman konvensional yang mengenakan tarif kiloan untuk barang yang mereka kirimkan, bisa bisa tarif ongkos kirimnya bisa lebih mahal daripada harga barang yang dikirimkan akibat dari penghitungan biaya kirim berdasar berat dalam Kilo barang yang akan dikirim.

Btw, Jasa pengiriman cargo ini bukan semata pengiriman dengan kontainer yang biasanya kita lihat di pelabuhan ya! Jasa pengiriman cargo yang kita bahas ini adalah jasa pengiriman barang dengan jumlah besar dan biasanya memberlakukan aturan minimal berat untuk barang yang akan dikirimkan.

Perihal memilih jasa pengiriman ini kadang kali membuat kita sebagai konsumer harus teliti dan cermat dalam memilih jasa pengiriman yang tepat untuk barang yang Kita beli. Hal ini kadang kali menjadi dilema, terlebih saat harus memilih untuk menggunakan jasa pengiriman ekspedisi atau harus menggunakan jasa pengiriman cargo untuk barang yang besar dan berat.  

Perbedaan Pengiriman Ekspedisi dan Cargo

Perlu diketahui bahawa jasa pengiriman ekspedisi dan Cargo itu berbeda ya guys! berikut perbedaan jasa pengiriman ekspedisi dan cargo agar kalian lebih paham dan bisa menimbang kelebihan dan kekurangannya masing-masing ;

Pengiriman Ekspedisi




Pengiriman ekspedisi biasanya tidak memiliki aturan minimal berat. Barang yang beratnya satu kilogram pun bisa dikirim melalui jasa pengiriman ekspedisi. Konsumen yang ingin menggunakan layanan ini bisa datang langsung ke cabang gerai perusahaan pengiriman dan membawa barang yang akan dikirim atau meminta kurir jasa pengiriman tersebut untuk menjemput barang ke tempat, karena biasanya pengiriman ekspedisi memberikan layanan door to door untuk konsumennya. Tarif ongkos kirim dari pengiriman ekspedisi ditentukan berdasarkan berat per kilogram. 

Pengiriman Kargo

Seperti yang dijelaskan di atas, pengiriman kargo memang lebih menekankan kepada pengiriman dalam jumlah yang sangat besar. Pada umumnya, jasa pengiriman Cargo memiliki aturan minimum berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman kargo. Barang yang mencapai 10 kilogram atau 50 kilogram bisanya dikategorikan sebagai kiriman Cargo. 

Keuntungan menggunakan jasa pengiriman kargo adalah harga ongkos kirimnya yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif pengiriman ekspedisi. Jika Kalian memilih menggunakan pengiriman kargo, hal yang perlu diingat adalah terkadang perusahaan pengiriman kargo tidak memberikan layanan jemput paket di tempat. Jadi, Kalian perlu mengantar barang sendiri ke tempat jasa pengiriman.

Kelebihan Jasa Pengiriman Cargo

Berikut beberapa kelebihan dari jasa pengiriman cargo untuk kalian yang ingin mengirimkan atau lagi bingung memilih jasa pengiriman dengan muatan yang besar untuk barang yang kalian beli secara daring

Harga Lebih Terjangkau

Hal ini disebabkan oleh biaya operasional untuk cargo ini tidak sebesar alat transportasi laut maupun udara. Pengiriman barang melalui jalur darat dapat menghemat biaya pengiriman. Kebutuhan operasional yang cenderung terbatas, serta tidak perlu terlalu banyak menaikan dan menurunkan barang untuk mencapai daerah-daerah tertentu membuat metode ini sangat menguntungkan. 


Prosedur Pengiriman Tidak Rumit

Dibandingkan dengan pengiriman barang via kapal laut maupun pesawat terbang, dokumen yang dibutuhkan oleh kargo darat dalam proses pengiriman barang relatif lebih mudah dan sedikit. Meskipun ada beberapa dokumen yang wajib Kalian siapkan seperti invoice dan surat jalan, namun hal ini tidak serumit prosedur menggunakan moda transportasi lainnya. Hal ini membuat Kalian dapat segera melakukan pengiriman barang tanpa harus menunggu dan mengurus berbagai prosedur yang merepotkan.


Dapat Menyesuaikan Ukuran Barang

Metode pengiriman darat yang lazim digunakan adalah menggunakan truk kontainer maupun kereta api. Kedua moda transportasi darat ini memberikan kebebasan lebih pada Kalian dalam mengatur serta menyesuaikan barang yang akan dikirimkan. Kargo maupun truk terbuka dapat menampung berbagai jenis barang, bahkan sering pula digunakan untuk mengangkut barang elektronik maupun kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Biasanya saat musim mudik dan pulang kampung, banyak masyarakat yang menggunkan kemudahan ini untuk membawa pulang kendaraan roda 2 mereka ke kampung halaman.

Kelebihan Cargo darat


Selain kelebihan tersebut, jasa pengiriman cargo, sebagai jenis jasa pengiriman yang memberlakukan minimun berat barang adalah sebuah jawaban untuk kalian yang memerlukan jasa pengiriman dengan tarif yang ekonomis saat mengirimkan barang yang berat. Hal ini karena tarif yang diberikan oleh jasa pengiriman cargo jauh lebih murah dibandingkan dengan jasa pengiriman ekspedisi yang memperhitungkan tarif berdasar kepada satuan tarif/kilogram.

Selain tarif yang murah, kini jasa pengiriman cargo juga menyediakan banyak macam jenis pengiriman yang bisa dipilih oleh konsumen mereka. Hal ini seperti apa yang dilakukan oleh Sera yang menyediakan berbagai pilihan jasa pengiriman cargo mulai dari same day service, next day service, dan regular service. Dengan layanan solusi, Kalian tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan pengiriman ekspedisi konvesnional.

__

Sudah tau kan tentang perbedaan dan kelebihan dari masing-masing jasa pengiriman. Tentu sekarang Kaian sudah lebih paham dan mengerti tentang keduanya. Baik konsumer maupun produsen perlu cermat dan pandai dalam memilih jasa pengiriman yang akan digunakan. Apakah barang yang kita pesan lebih baik menggunakan jasa pengiriman ekspedisi atau lebih baik menggunakan jasa pengiriman Cargo. 

Tentu, setelah kalian mengetahui tentang perbedaan dan kelebihan dari masing-masing jenis pengiriman. Kalian sebagai konsumer bisa memilih dengan cermat jasa pengiriman mana yang harus digunakan, selain itu Kalian sebagai produsen atau penjual juga bisa merekomendasikan jasa pengiriman yang tepat untuk konsumen kalian.



Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.