Breaking

Beberapa Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Mencuci Celana Jeans Agar Awet dan Tidak Cepat Pudar

Beberapa Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Mencuci Celana Jeans Agar Awet dan Tidak Cepat Pudar


Celana jeans bisa disebut sebagai item fashion yang hampir match dengan berbagai macam outfit. Meski pada awalnya celana jeans hanya terbatas kepada warna gelap seperti hitam dan navy, seirin perkembangan zaman kini terdapat banyak varian warna jeans yang bisa kita temui di pasaran. Namun varian warna gelap juga masih menjadi favorit karena warnanya yang bisa dibilang netral dan cocok dipadukan dengan berbagai macam atasan.


Ada fakta mengejutkan dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa hampir setiap orang memiliki setidaknya 1 buah pakaian berbahan dasar jeans berwarna gelap. Hal ini sebenarnya disebabkan karena jeans berbahan gelap adalah item fashion yang cukup kasual dan bisa digunakan di berbagai kesempatan baik formal maupun non formal.


Selain itu ternyata dulunya celana jeans dibuat bukan ditujukan sebagai pakaian casual namun pakaian yang tersegmen. Mengutip dari Historia.id menjelaskan perihal sejarah dari celana jeans.

"Celana jeans bermula ketika Levi Strauss, kelahiran Bavaria, Jerman, pindah dari New York ke California, Amerika Serikat, untuk membuka toko tekstil pada 1849.


Saat itu, Gold Rush (Demam Emas) melanda California. Para pekerja tambang butuh pakaian khusus. Strauss pun merancang celana berbahan denim dengan paku tembaga.
close

“Denim adalah bahan katun tebal yang aslinya ditenun di Nimes, Prancis –namanya berasal dari bahasa Prancis “de Nimes”, atau dari Nimes,” tulis Hellen Reynold dalam Mode dalam Sejarah. 

Pekerja tambang menyukai celana buatan Strauss. Sejak saat itu celana jeans pun mulai dikenal dan berkembang hingga cukup populer dan menjadi sebuah item fashion yang cukup sering digunakan. Seiring dengan perkembangan zaman, jeans mulai dimodifikasi dan diaplikasikan dalam berbagai bentuk dan item fasion lain selain dalam bentuk celana. Trend ini yang kemudian membuat jeans menjadi item fasion yang selain casual juga applicable di berbagai media dan bentuk. 

Selain itu, perawatan jeans berwarna gelap juga bisa dibilang cukup mudah dan tidak terlalu susah. Hal ini pula yang membuat celana jeans berbahan gelap sangat diminati oleh orang-orang. Namun ada beberapa hal yang perlu Kalian perhatikan dalam merawat jeans, terlebih saat Kalian ingin mencuci celana jeans kalian. Berikut beberapa tips dan hal yang perlu Kalian perhatikan saat mencuci celana jeans dengan bahan dasar berwarna gelap.


Beberapa Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Mencuci Celana Jeans Agar Awet dan Tidak Cepat Pudar


  1. Balik, sehingga bagian dalamnya berada di luar untuk menjaga warna celana jeans selama dicuci.
  2. Rendam jeans di dalam air dingin, hindari penggunaan air hangat karena bisa membuat pakaian berbahan jeans Kalian menyusut. 
  3. Cek label cara pencucian yang terdapat pada pakaian jeans untuk mengetahui takaran deterjen yang Kalian butuhkan untuk mencuci celana jeans tersebut.
  4. Tambahkan sedikit cuka pada air rendaman untuk menjaga agar jeans berwarna gelap tidak luntur. Hal ini opsional, namun disarankan agar warna celana jeans Kalian dapat bertahan lebih lama dari biasanya.
  5. Mencuci dengan tangan dibandingkan mesin cuci ternyata bisa membantu untuk menjaga bentuk dari celana jeans Kalian lo!!
  6. Jemur jeans di bawah sinar matahari dan biarkan mengering secara alami.

Itu dia beberapa cara mencuci celana jeans hitam agar dapat bertahan lama dan tidak mengalami pemudaran warna. Hal ini cukup krusial karena pakaian sering kali mengalami pemudaran dan kerusakan selama dicuci. Salah satu penyebab utama adalah penggunaan detergen berlebih yang merusak serat pakaian dan jeans Kalian. Oleh karena itu, bagian pencucian pakaian perlu Kalian perhatikan demi menjaga dan membuat pakaian dan jeans Kalian bisa bertahan lama dan tidak cepat pudar.

Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.