Breaking

4 Tips Simpel Untuk Mulai Berinvestasi ala Milenial

4 Tips Simpel Untuk Mulai Berinvestasi ala Milenial



Mendengar kata investasi tentunya kita bakal langsung terpikir dengan tabungan dan  keuntungan jangka panjang. Sederhananya kita bakal memikirkan bahwa investasi adalah hal yang bakal menjadi buah yang dapat kita petik suatu hari nanti. Yups! pemikiran itu cukup benar, namun kebanyakan orang terutama kaum milenial belum mempersiapkan investasi sejak dini meski sudah paham dan tau pentingnya investasi suatu hari nanti.


Pada dasarnya, investasi adalah hal yang dapat dengan mudah kita lakukan. Investasi juga memiliki banyak bentuk dan tidak semata terbatas kepada investasi dalam bentuk kepemilikan saham atau kepemilikan emas. Tabungan jangka panjang dan pendek juga termasuk ke dalam bentuk investasi juga lo! Sayangnya hal ini sering kali terkendala beberapa masalah seperti sulitnya mengurus pembukaan rekening, perlunya banyak dokumen dan berbagai hal mendasar yang akhirnya membuat kaum milenial merasa malas untuk mulai berinvestasi.


Menyadari betapa pentingnya investasi, sebagai milenial kita seharusnya sudah mempersiapkan investasi untuk masa yang akan datang dalam bentuk apapun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Jadi dalam tulisan ini, aku bakal sharing dan berbagi tentang beberapa tips untuk mulai berinvestasi sejak dini. 


1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kemampuan


Hal pertama yang baiknya kita lakukan sebelum memulai berinvestasi adalah menentukan tujuan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Bagi kaum milenial, investasi dalam bentuk tabungan adalah bentuk yang paling ideal. Hal ini dikarenakan tidak ada biaya minimal untuk memulai investasi dalam bentuk tabungan serta bunga yang ditawarkan juga mayoritas tidak terlalu besar serta kita bisa menarik dana di rekening tabungan kita kapan saja.


Selain itu, biaya yang diperlukan untuk membuka sebuah tabungan tidaklah mahal dan berinvestasi dalam bentuk tabungan bisa dibilang memiliki resiko yang paling minim dam bahkan tidak punya resiko sama sekali. Tentunya, sesuaikan kebutuhan dan kemampuan kita sebelum memutuskan untuk membuka tabungan, hal ini dikarenakan kebanyakan bank menawarkan banyak macam jenis tabungan yang bisa kita pilih.


2. Menabung Bisa Dimulai Dengan Sebuah Toples


Yups, menabung bisa dimulai dengan hal sederhana seperti mulai menabung dengan menggunakan sebuah botol atau toples. Caranya cukup mudah kita tinggal menggunakan toples tidak terpakai lalu mulai dengan rutin mengisinya dengan sejumlah uang setiap harinya. Hal ini juga bisa dibilang dan termasuk sebagai bentuk investasi. Namun hati-hati buat kalian yang punya adik, biasanya adik-adik suka ngambil dikit-dikit uang di dalam toples  (Ini pengalaman pribadi sih 😂😂😂)


3. Berinvestasi Dengan Karya


Ini nih hal yang amat milenial. Sebagai generasi yang selalu ingin tampil tentu Milenial sangat ingin untuk berkarya. Karena dengan karya mereka dikenal dan diketahui. Nah, karya bisa kita jadikan bentuk investasi juga lo. Bukan semata dalam bentuk komersial namun bisa dijadikan sebagai portofolio dan branding untuk diri sendiri. 


Branding diri adalah hal yang amat perlu dipersiapkan dan mulai di tata sejak kini oleh kaum milenial. Hal ini dikarenakan mempunyai branding diri yang baik dapat mengantarkan kita kepada kesempatan yang jauh lebih luas, baik dalam mencari pekerjaan, memulai sebuah bisnis dan hal-hal mendasar lainnya. Selain itu, dengan berinvestasi karya kita juga bisa mendapat passive income dari sistem royalti dan copyright dari karya yang kita buat.


4. Mulai Berinvestasilah Dari Sekarang


Tips yang terakhir adalah mulai dari sekarang. Berinvestasilah mulai dari sekarang juga. Mulailah dengan bentuk yang paling sederhana, kita bisa mulai menabung dengan menggunakan toples atau kita bisa membuka rekening tabungan untuk mulai berinvestasi.


Tapi kadang kita merasa malas untuk mengantri jika ingin membuka rekening tabungan. Apalagi di tengah pandemi ini untuk keluar dari rumah rasanya sedikit khawatir dan berujung pada gak kemana-mana dan dirumah saja. Tapi kini ada cara mudah untuk mulai menabung. Kita gak perlu repot-repot pergi ke kantor bank dan mengantri untuk membuka tabungan, kini membuka tabungan bisa kita lakukan secara online melalui smartphone kita.


Cara Mudah Buka Rekening Secara Daring 


Salah satu bank yang menyediakan fitur buka rekening daring adalah Maybank. Cara pendaftarannya pun cukup mudah dan sederhana. Lalu bagaimana caranya? Pertama silahkan download dan install aplikasi M2U ID App yang bisa kalian dapatkan secara gratis di playstore di android maupun appstore di iPhone serta bisa langsung kita download juga di situs resmi Maybank. 


Ketika kalian sudah mendownload dan menginstal aplikasi, maka silahkan ikuti instruksi berikut yak 😊 

Cara Mudah Buka Rekening Daring

Cara Mudah Buka Rekening Daring

Cara Mudah Buka Rekening Daring

Cara Mudah Buka Rekening Daring

Cara Mudah Buka Rekening Daring

  • Jika Kalian memilih untuk melakukan pertemuan dengan agent, makan kalian akan melanjutkan dengan pilihan pembuatan jadwal pertemuan dengan aen terdekat dari tempat kalian tinggal untuk melakukan verifikasi. Sayangnya, pilihan untuk penjadwalan Agen untuk sementara hanya dapat dilakukan di area Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja dan Medan. 

Penjadwalan pertemuan dengan agent
Penjadwalan pertemuan dengan agent


Jika Kalian memilih untuk menggunakan metode video call, kalian bisa langsung memilih untuk melakukan video call jika ingin langsung melakukan verifikasi dan interview singkat secara langsung, atau kalian bisa memilih nanti jika ingin melanjutkan di lain waktu. 

Penjadwalan pertemuan dengan agent
Verifikasi dengan metode Video Call


Cukup mudah bukan cara buka rekening daring dari Maybank! Jadi tunggu apalagi, yuk milenials, buruan mulai berinvestasi sejak dini 😊
__
Sumber gambar :
Photo by Tierra Mallorca on Unsplash
https://www.maybank.co.id/id/ebanking/how-to/Maybank2u/pembukaan-rekening

2 komentar:

  1. Aku termasuk nyesel telat mulai berinvestasi :). Baru setelah kerja di bank, dan jadi tau kalo investasi itu gampang banget dan ada banyak pilihan produk sesuai risk rating yg sesuai, aku baru mulai jadinya.

    So far, sebelum mulai investasi, kita hrs tau dulu risk rating kita dlm berinvestasi itu tipe yg mana, yg aman, balance, adventurous ato speculative. Makin tinggi nilainya, berarti suka yg tipe high return but high risk :D. Jadi bisa dipilih investasi apa yg sesuai.

    So far yg aku pilih utk invest, itu Logam Mulia, P2P lending, dan Reksadana, juga ada beberapa saham. Tp Krn situasi skr juga ga menentu, saham2 ku yg masih kebakaran, dibiarin aja dulu :D. Biarkan hijau sendiri. Fokus Ama Emas LM dan P2P.

    Saving ditabungan buatku hanya utk keperluan sehari2. Ga terlalu mau nyimpen idle money di tabungan Krn aku mikir inflasinya mas. Aku prefer dlm bntuk emas LM kalo utk idle money. Jadi nilainya terjaga, ga kegerus inflasi. Itu kalo tujuannya investasi yaaa. Beda kalo emang uangnya mau dipake sehari2 ato jk pendek. Kalo itu memang di tabungan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener juga sih, aku baru juga sih mbak. Masih hijau dalam hal investasi ini. Jadi masih kebatas kepada investasi jangka pendek berupa tabungan. Sementara emang lagi mempelajari sama mencari tau lebih banyak soal investasi emas LM ini. Sepertinya emang untuk uang idle lebih baik dalam bentuk logam mulia yang aman dari inflasi.

      Investasi lainnya sih aku investasi karya di beberapa situs microstock dengan tujuan passive income dari royalti dan copyright. Niatannya biar ada yang bisa ditunjukin ke anak-anak ku suatu hari nanti.

      "Ini lo, ayah masih muda udah bisa gini, kamu harus bisa lebih dari Ayah kalo bisa dong!"

      Pengennya gitu mbak :D

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.