Breaking

Mengenal Tumbuhan Binahong - Obat Alami Untuk Penderita Diabetes

Tanaman binahong yang punya banyak khasiat menyembuhkan penyakit


Sungguh alam ini amat kaya, banyak sekali hal-hal dan manfaat yang bisa kita petik dari alam. Keindahan alam yang bisa kita nikmati guna melepas lelah dan penat, penorama indah surgawi yang memanjakan mata. Selain itu, di dalam alam banyak pula manfaat yang bisa kita ambil di dalamnya. Baik itu tanaman liar yang bisa dijadikan obbat serta segudang kegunaan dan manfaat lain yang mungkin tidak kita ketahui.

Beberapa saat yang lalu, aku mendapat sebuah wawasan baru terkait tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat dan ternyata mudah ditemukan tumbuh dengan liar di sekitar kita. Semuanya berawal dari ibuku yang menderita diabetes, akibat dari kondisi ini ketika ibu mengalami luka luar, butuh waktu lebih lama daripada orang normal sampai luka tersebut pulih.

Nama tanaman tersebut adalah Binahong. Tumbuhan ini biasa tumbuh menjalar dengan ciri-ciri daun yang sedikit mengkilap dengan tangkai berwarna hijau keunguan yang menjalar. Sering ditemukan menempel atau menjalar di tembok-tembok, kadang juga ditemukan menjalar dan menutupi batang pohon. 

Ciri lainnya adalah tanaman Binahong memiliki buah yang sering tumbuh. Bentuknya seperti anggur, namun kecil, jumlahnya banyak. Buah tersebut berwarna hijau ketika muda, dan berubah menjadi hitam keunguan jika sudah matang. 

Khasiat dan Manfaat Tanaman Binahong

Didalam masyarakat pedesaan di wilayah Situbondo, Binahong dikenal sebagai tanaman yang berguna untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan membuatnya lekas kering. Untuk penggunaannya, tanaman binahong biasa diambil bagian daunnya, lalu ditumbuk dan dioleskan ke luka yang baru didapat. Hal ini diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. 

Selain sebagai obat luka luar, tanaman Binahong juga dipercaya sebagai penekan diabetes, orang yang terkena gejala diabetes dianjurkan meminum larutan hasil rebusan daun dan batang dari tanaman Binahong. Hal ini lah yang dilakukan ibu saya saat menderita diabetes. Agar makin berkhasiat, larutan tersebut diberi tambahan madu dan gula tanpa kalori agar memiliki rasa yang manis dan enak 😂😂

-Hal ini juga sering aku lakuin untuk obat herbal lain yang sering diberikan oleh orang tuaku. Seperti larutan lau siam untuk mengobati tipes. Kan pahit tuh rasanya, jadi diberi tambahan gula dan perasa stroberi 😂😂-

Tanaman binahong yang punya banyak khasiat menyembuhkan penyakit



Cara Pembuatan Obat Herbal Berbahan Dasar Binahong

Binahong sebagai salep luka luar

  1. Persiapkan beberapa lembar tanaman Binahong
  2. Tumbuk alus 
  3. Oleskan secara merata kebagian yang terluka

Binahong sebagai Sirup Herbal

  1. Persiapkan beberapa helai daun Binahong (beserta rancaknya juga tidak apa)
  2. Cuci bersih
  3. Tambahkan air secukupnya
  4. Rebus hingga air berubah warna
  5. Tambahkan perasa atau gula jika perlu

Nah, itu dia khasiat dan kegunaan tanaman Binahong yang diwariskan secara turun termurun, semoga bermanfaat dan berguna yak 

Salam Hangat 

Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.