Breaking

Kenapa Aku Begitu Jatuh Cinta Dengan Xiaomi


Dari tahun ke tahun, produk ponsel adalah sektor yang mengalami kemajuan yang paling pesat. Perkembangan chipset, layanan serta inovasi untuk ponsel membuat produk yang satu ini mengalami kemajuan yang cukup cepat.

Dari tahun ke tahun, banyak pula produsen alat elektronik yang juga turut terjun ke industri ponsel. Namun dari segelintir produsen yang berkecimpung di dalamnya, entah kenapa aku sangat jatuh hati kepada Xiaomi.

Sebagai perusahaan elektronik yang didirikan pada tahun 2010, bisa dibilang Xiaomi meninggalkan kesan yang begitu membekas bagiku selaku penggunanya. Hal ini bukan semata karena saya memakai produk dari perusahaan tersebut, namun beberapa hal dan faktor lain yang menjadi pendukungnya. Nah, yuk bahas lebih dalam lagi yuk!

Durabilitas untuk Keperluan Sehari-hari

Jika boleh, aku ingin bernostalgia sejenak ke masa dimana Xiaomi baru masuk ke Indonesia. Sebagai orang yang awam terhadap teknologi, dan aku akui semua isi tulisan ini bakal lebih banyak membahas experience dan feel dari pemakaian produk Xiaomi sendiri.

Ponsel pertama yang kupakai adalah Redmi 2. Sebuah ponsel yang cukup wow di zamannya. Baterai yang tahan lama, serta spesifikasi yang cukup futuristis di zamannya. Redmi 2 benar-benar mewabah dan hampir dipakai oleh banyak orang pada kurun waktu tersebut.

Dan ya! Xiaomi adalah pionir dari HP murah namun memiliki spesifikasi yang gak murahan!

Tapi, lepas dari hal tersebut. Hal yang pertama kali membuatku cukup suka dengan produk dari Xiaomi adalah daya tahan baterai dan masa penggunaannya yang unggul daripada produk ponsel lain kala itu. Masih kuingat betul masa dimana pemadaman lampu sering terjadi, aku dengan ponsel Xiaomi ku masih bisa bermain dan melakukan banyak hal, sedangkan teman-temanku harus menshutdown ponsel mereka karena sudah low batt.

Harga yang Terjangkau!

Yups, faktor kedua adalah harga dari ponsel-ponsel Xiaomi yang sangat amat bersahabat. Bisa dibilang Xiaomi cukup dikenal sebagai produsen ponsel murah dengan spesifikasi yang tidak kalah bersaing. Selain tentunya poin yang udah aku bahas sebelumnya.

Strategi pemasaran yang cukup unik pun membuat Xiaomi berhasil melakukan penetrasi pasar yang cukup baik (dalam pandanganku pribadi) Hal ini lantaran program-program flash sale Xiaomi yang berhasil menghabiskan banyak stock ponsel mereka dalam kurun waktu singkat. Sebuah gambaran betapa Xiaomi cukup banyak diminati oleh masyarakat.


Dengan harga yang bersahabat yang dikeluarkan oleh Xiaomi, kita bisa mendapat pengalaman pemakaian yang gak beda dengan produk-produk ponsel Flagship dari merek lain. Hal ini tentu sebuah nilai lebih. Meski sekarang sudah mulai banyak produsen lain yang menempuh jalan Xiaomi, tapi sang pembabat jalan akan selalu dikenang!

Fitur Bawaan Xiaomi yang Berguna Banget!

Alasan ini sih yang bikin aku jatuh hati banget sama Xiaomi. Beberapa fitur bawaan yang cukup berguna dan hampir setiap hari kugunakan. Beberapa fitur bawaan Xiaomi yang berguna tersebut diantaranya adalah ;

Share Me

Aplikasi bawaan yang berguna untuk mentransfer file ini bisa dibilang cukup berguna dan digandrungi. Aku sendiri terkadang menginstal aplikasi Share Me ini untuk mentransfer file-file besar dengan cepat. Nilai lebih dari aplikasi Xiaomi yang satu ini adalah bebas dari iklan.

Fitur Berbagi Jaringan 

Fitur bawaan ponsel Xiaomi yang satu ini membuat penggunanya bisa berbagi jaringan internet dan koneksi wifi secara mudah. Kita tinggal menscan barcode dari pengguna ponsel Xiaomi lain dan tatatatatrarararra ponsel kita sudah terkoneksi di jaringan yang sama dengan ponsel yang kita scan. Selain untuk keperluan berbagi jaringan dan koneksi Wifi, scanner dari Xiaomi juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya juga kok! bunch of benefits banget kan!

Mi Remote

Ada AC nganggur! tapi remote nya gak ketemu! tenang, dengan Mi remote AC tersebut bisa kita nyalakan. Perangkat elektronik lain juga bisa dikoneksikan dengan Mi Remote. Nah, nilai lebihnya nih! dari aplikasi Remote lain yang tertebaran di Play store, Mi remote adalah aplikasi yang benar-benar serba bisa dan bisa bekerja dengan baik.

Online Support dan Online Forum yang Aktif 

Selain fitur yang tertanam di dalam ponsel Xiaomi. Komunitas online Xiaomi bisa dibilang memiliki ekosistem yang baik. Diskusi dan forum-forum online di Mi Forum sangat banyak bertebaran dan memiliki rentang bahasan yang cukup beragam. Sebuah dukungan tidak langsung terhadap konsumen dan branding untuk produk dari Xiaomi sendiri. Sebuah ekosistem online yang berhasil dibangun sedemikian rupa.

Selain itu, fitur-fitur dukungan online yang diberikan oleh Xiaomi bisa dicap sebagai salah satu yang terbaik dan aktif sekarang ini. Hal ini lantaran sikap dari perusahaan yang berfokus kepada pembangunan ekossitem digital sehingga bisa menekan biaya marketing dan membuat harga penjualan produk Xiaomi bisa dilabeli dengan harga yang bersahabat.

__

Terima kasih Xiaomi, kau telah memberikan pengalaman penggunaan yang cukup berkesan dan membekas untuk konsumenmu! Keep it up dan terus luncurkan inovasi lainnya!






10 komentar:

  1. Saya juga sependapat, harganya sangat murah dengan fitur mumpuni. Berani bersaing dengan merk lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP pertama dan yang paling membekas, meski sekarang gak pake Hp dari produsen ini, namun pengen pakai HP dari Xiaomi lagi, semoga 2020 bisa ganti daily driver :)

      Hapus
  2. hp segala umat banget nih emang :D murah dan spek masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah tapi gak murahan! baunya Xiaomi banget wkkwkw

      Hapus
  3. wah, sama dong mas, hp saya xiomi juga. berkualitas tapi harga terjangkau :D

    BalasHapus
  4. Fiturnya bisa disebut premium, tapi harganya low price.

    Aku sendiri belum pernah punya smartphone dari brand satu ini, tapi denger cerita banyak temen yang gunain ternyata memang keren, ngga kalah sama brand yang berbanderol harga menjulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dicoba dan diperhitungkan kualitas dari samrtphone besutan vendor yang satu ini mas

      Hapus
  5. Emg keren bang, fasilitas hi dengan harga low. Sayangnya saya pny pengalaman buruk dengan salah 1 serinya

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.