Breaking

5 Kiat Mudah Memulai Usaha Bisnis dari Nol

Pinjaman modal usaha dan kiat kiat memulai bisnis dari nol


Bisnis dan usaha rumahan geliatnya mulai tidak bisa diremehkan akhir-akhir ini. Mulai banyak bisnis rumahan yang kini mulai bersaing dengan bisnis serta vendor mainstream yang sudah lama bercokol di pasaran. Perkembangan internet serta semakin berkembangnya marketplace-marketplace digital juga semakin memberi peluang bagi pelaku usaha bisnis menengah kebawah untuk semakin mengokohkan eksistensi bisnis mereka.

Tapi karena persiapan serta beberapa hal yang tidak disiapkan terlebih dahulu sebelumnya, banayk bisnis atau usaha, khususnya UKM yang akhirnya terpaksa gulung tikar ditengah jalaan karena beberapa faktor. Salah satu faktor utama yang kadang menjadi batu sandungan adalah modal yang tidak ada.

Pinjaman modal usaha kadang menjadi hal yang bisa dijadikan jalan keluar terkait kendala modal bagi pebisnis yang sedang membutuhkan dana segar untuk usaha mereka. Yups, hal tersebut memang sangat membantu, tapi agar tulisan ini dapat lebih mudah dipahami maka penjelasan lebih rinci terkait pinjaman modal usaha dan kiatnya akan saya bahas lebih lanjut di penghujung tulisan ini.

Lalu, apa saja hal yang sebaiknya dipersiapkan oleh pelaku bisnis agar tidak mengalami atau terhenti karena beberapa hal ditengah jalan? Yuk kita bahas lebih detail selengkapnnya.

Matangkan Konsep Usaha

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konsep usaha yang akan kita bangun. Meski itu hanya berupa bisnis rumahan, tapi jika kita persiapkan sedemikian rupa, bisnis yang kita tekuni bisa berkembang sedemikian rupa.

Pematangan konsep ini meliputi hal hal seperti peluang usaha, kompetitor, target pasar yang akan dijamah oleh bisnis kita, pendanaan, analisis kekurangan serta kelebihan, serta hal-hal lain yang cukup penting sebagai sebuah fondasi dari pembentukan sebuah bisnis.

Selanjutnya, kita bisa melakukan pembangunan branding.

Pembangunan branding bisa dimulai engan pembuatan logo serta slogan yang bakal dieratkan dengan produk yang bakal kita pasarkan kepada konsumen. Tipsnya sih untuk logo, buat yang eyecatching dan sederhana sehingga mudah diingat, sama layaknya slogan, buatlah slogan yang mudah diingat dan familiar.

Kalkulasikan Modal dan Pendapatan

Buat para pelaku bisnis yang tidak punya modal yang cukup, tidak perlu kebingungan karena ada banyak pihak yang bisa memberikan pinjaman modal usaha sebagai dana segar untuk mulai membangun sebuah bisnis. HSBC adalah salah satu penyedia pinjaman modal usaha yang terpercaya serta prosesnya cukup mudah. Syarat aplikasi pinjamannya juga tidak ribet serta prosesnya gampang banget.

Tapi bayar pinjamannya nanti gimana?

Nah, karena itu, seperti yang sudah kita bahas terlebih dahulu di awal. Buat dan permatanglah konsep usaha kita. Untuk bagian permodalan, hal yang mungkin perlu digaris bawahi adalah target konsumen dan seberapa besar range budget yang mereka miliki. Nah dari sana kita bisa mengira-ngira harga yang akan kita tawarkan untuk produk kita serta berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk melunasi hutang modal pinjaman usaha yang kita butuhkan di awal pembangunan usaha kita.

Konsisten dan Berbagi

Langkah ke empat adalah konsisten dan jangan pelit untuk berbagi ilmu. Berbagilah, walau sekedar ilmu sederhana. Buatlah jaringan, buatlah hubungan, komunitas sehingga usaha kita berprogres dan berkembang secara solid sehingga tidak mudah hancur karena beberapa hal sepele yang menjadi sandungan di kemudian hari.

Make it Your Passion

Nah yang terakhir mungkin pake bahasa inggris ya! Biar lebih ngena gitu kesannya. Ada sebuah kata mutiara yang saya pegang teguh dalam memulai sebuah usaha.

“Bekerjalan dengan apa yang kamu cintai, maka kau tidak akan pernah merasa bekerja 1 hari pun”

Sederhananya, jika kalian sudah membangun sebuah konsep. Yakinilah apa yang akan kalian bangun tersebut adalah passion kalian. Sebuah hal yang dimana kalian tidak akan mudah menyerah dalam memperjuangkannya. Sebuah hal yang akan kalian perjuangkan karena memang disanalah minat serta keinginan kalian.


____
Sumber gambar :
https://unsplash.com/photos/_wNiWrINqoU



Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.