Breaking

Mempersiapkan Masa Depan Yang Cerah Dengan Investasi

Kiat berinvestasi untuk masa tua yang indah

Memiliki masa tua yang damai serta berkecukupan adalah hal yang diimpikan setiap orang. Menikmati senja sambil membaca buku atau sekedar duduk santai menikmati suasana. Menikmati hasil jerih payah selagi muda, serta bercengkrama dengan anak serta cucu kita yang lucu imut. Saya yakin itu adalah gambaran dari mimpi masa tua yang ingin dimiliki oleh setiap orang. 

Lantas, apasaja langkah yang sudah kita siapkan untuk menyongsong masa tua kita nanti? Sudahkah kita menabung? Menyelipkan pundi-pundi rupiah untuk masa tua kita suatu saat nanti? Tapi apakah menabung saja sudah cukup untuk mimpi tersebut? 

Terlepas dari kelebihan serta kekurangannya, menabung memiliki pengalaman tersendiri terhadap kehidupan kita. Mencoba untuk menahan nafsu untuk berbelanja serta memenuhi keinginan, menahan gejolak untuk membeli barang-barang ber label diskon, serta segenap perjuangan lainnya yang akan begitu panjang jika dituliskan sedemikian rupa. 

Jika kalian ingin menabung, silahkan, selamat berjuang untuk menabung dan menyongsong kehidupan masa tua kalian. Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang kiat menabung dan tips serta triknya. Ada langkah yang lebih praktis serta lebih efisian guna mempersiapkan masa tua kita selain menabung. Yups, hal itu adalah investasi. 

Apa itu Investasi? 

Investasi adalah salah satu cara dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang Anda miliki saat ini. Sederhananya, Anda bermaksud untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebut saja tujuan Anda adalah ingin membangun rumah, menyekolahkan anggota keluarga, atau membuka usaha. 

Bagaimana Cara Berinvestasi? 

Ada begitu banyak cara berinvestasi. Bisa dengan menanamkan uang kita untuk hal-hal yang urgen yang pada kemudian hari keuntungan dari usaha tersebut digunakan untuk keperluan yang sudah kita rencanakan sebelumnya. 

Bingung? Saya akan coba sederhanakan dengan sebuah contoh. Di desa saya, banyak warga yang secara tidak sadar sudah membuat investasi untuk masa depan mereka. Ada yang menginvestasikan uang mereka untuk mengolah kebun yang kemudian keuntungan dari hasil kebun tersebut digunakan untuk keinginan atau kebutuhan yang mendesak di kemudian hari. Dalam contoh ini, masyarakat desa menginvestasikan uang mereka dalam bentuk kekayaan hasil perkebunan. 

Contoh lain adalah orang-orang desa yang umumnya memelihara sapi mulai dari kecil,lantas dipelihara lalu dijual saat sudah besar. Secara tidak langsung hal ini bisa digolongkan sebagai sebuah investasi. Investasi dalam bentuk hewan ternak, yakni sapi. 

Selain itu, ada berbagai cara lain untuk berinvestasi, mulai dari barang, hewan (seperti contoh di atas), tanah, juga reksa dana. 

Nah, dari bebreapa macam investasi yang sudah saya sebutkan di atas, investasi dalam bentuk reksa dana adalah model investasi yang paling menguntungkan serta mudah dilakukan. 

Sebagai gambaran, berikut saya paparkan beberapa kelebihan serta kekurangan investasi dalam bentuk reksa dana. 

  1. Dikelola oleh manajemen profesional 
  2. Diversifikasi investasi menurunkan risiko yang mungkin terjadi 
  3. Transparansi informasi 
  4. Likuiditas tinggi 
  5. Biaya Rendah 
  6. Potensi Return yang Tinggi 
  7. Lebih Aman 

Meski memiliki banyak kelebihan, tapi ada beberapa resiko yang juga harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi dalam bentuk reksa dana. Walau resiko ini bias dibilang lebih kecil dari investasi saham, tapi lebih besar dari investasi lain seperti di investasi emas, produk properti, ataupun produk deposito. Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan kelemahan reksa dana antara lain: 

  1. Risiko Penurunan Nilai Aktiva Bersih 
  2. Risiko Likuiditas 
  3. Risiko Pasar 
  4. Risiko Default 
Nah, dari pertimbangan di atas, kalian bisa mendapat sedikit gambaran tentang kelebihan serta kekurangan investasi reksa dana. Selanjutnya kalian bias menimbang dengan baik, apakah investasi dalam bentuk reksa dana ini cocok untuk kalian. 

Jika kalian sudah merasa cocok dengan model investasi berupa reksa dana, kalian bias mulai mencari penyedia jasa investasi reksa dana. Dalam hal ini, saya merkomendasikan HSBC sebagai tempat untuk melakukan investasi reksa dana karena beberapa kelebihan seta kemudahan yang ditawarkan oleh mereka. Selain itu, terdapat beberapa macam investasi lain yang juga disediakan oleh HSBC lo! 

Berbagai layanan investasi dari HSBC


Nah, sudahkah kalian mendapat pencerahan tentang usaha pembangunan mimpi masa tua kalian? Jika kalian masih bingung, investasi reksa dana adalah hal yang bias dijadikan alternative untuk menyongsong masa tua nanti 

____
Sumber :
https://www.cermati.com/artikel/investasi-reksa-dana-manfaat-dan-risiko-yang-harus-dihindari
https://www.hsbc.co.id/1/2/id/personal/wealth-management/investasi
Sumber gambar :
https://unsplash.com/


2 komentar:

  1. Investasiku saat ini adalah emas kak, smg kita bisa memiliki banyak investasi buat masa dpn ya, amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, panutan banget mas Joe nih, sudah produktif, juga sudah mempersiapkan masa depan dengan investasi sejak kini. PErlu diikuti banget jejaknya :)


      YUk kak, kita siapin masa depan yang cerah, biar bisa menikmati masa senja dengan damai :)

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.