Breaking

Langkah dalam Menangani Luka Lecet Anak



Anak-anak khususnya yang masih balita tentunya masih sangat aktif sekali bermain. Terkadang sebagai orangtua, anda merasakan kesulitan untuk mengontrolnya. Bahkan tidak sedikit yang sampai menyebabkan lecet akibat keasyikan bermain. Orangtua pun seharusnya mencari cara cepat menyembuhkan luka lecet dengan benar dan tepat. Apabila tidak diberi tindakan akan menimbulkan infeksi. 


Cara Menangani Luka 

1. Bersihkan luka 

Banyak sekali ibu-ibu, mungkin termasuk anda, yang akan sangat panik apabila anaknya mengalami luka lecet. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci dan membersihkan luka lecet tersebut. Jangan sampai anda panik, biasanya panik membuat anda lupa untuk mencuci tangan sebelum menyentuh luka bakar pada anak anda. 

Pastikan saat mencuci tangan anda sudah benar-benar mengikuti panduan yang ada. Gunakanlah sabun dan air mengalir yang sangat bersih. 

2. Tenangkan anak 

Luka lecet biasanya menimbulkan rasa perih yang tak tertahan. Tak sedikit anak yang menangis saat terluka. Selama proses pembersihan luka, anda perlu menenangkan anak anda. Anda perlu menjelaskan bahwa pembersihan luka berguna agar tidak terjadi infeksi lebih parah dari sebelumnya. 

3. Cairan antiseptik 

Setelah anda merasa bahwa luka telah bersih, maka hal selanjutnya adalah dengan memberikan luka antiseptk. Tips dalam memilih antiseptik adalah jangan pilih yang mengandung alkohol. Antiseptik yang mengandung alkohol akan membuat luka menjadi tambah perih dan sakit. Ini merupakan salah satu obat luka jatuh pada anak yang efektif. 

4. Jangan menutup dengan balutan 

Luka lecet pada anak akan lebih mudah sembuh apabila luka dibiarkan terbuka. Akan tetapi apabila anda merasa anak anda terlalu aktif bermain, anda dapat menutup luka tersebut. Jika anda menutup dengan menggunakan perban, pastikanlah perban bersih dan steril. 

Jika Luka Sampai Infeksi?

Berikut beberapa indikasi yang biasa terjadi apabila luka mengalami infeksi. Apabila indikasi dibawah ini dialami oleh si buah hati, segera periksakan mereka agar tidak semakin parah ya mom 
  1. Luka mengeluarkan nana
  2. Daerah luar luka kulit berubah warna menjadi kemerahan dan disertai dengan pembengkakan.
  3. Daerah yang terdapat luka mengalami pembengkakan secara serius.
  4. Anak anda akan terserang demam dengan suhu tubuh diatas 38 derajat.
  5. Anak anda menjadi sangat lemas dan tidak aktif seperti dulu.
Buat anda para orang tua, semoga kiat dan langkah di atas dapat bermanfaat dan berguna 😁

______
Sumber gambar : www.unsplash.com

4 komentar:

  1. Biasanya kalau anak saya jatuh, teriak duluan gan. Padahal cuma tergores kecil. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu respon langsung darri si kecil ketika merasakan perih akibat jatuh atau sedikit lecet karena goresan

      Hapus
  2. anak jatuh, emak-emak langsung teriak."gimana sih bisa jatoh" padahal emaknya lagi asik gosip juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga tuh, sering terjadi di kehidupan sehari-hari

      semoga emmak millenial dan emmak-emmak yang lain bisa tergugah ya mas :)

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.