Breaking

Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Masuk Teknologi Pangan Saja!



Masa paling sulit dalam dunia perkuliahan adalah masa awal mencari prodi pilihan serta perjuangan penuh menyelesaikan skripsi. Ya, itulah 2 masa yang akan sangat dikenang jika kita sudah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi tips buat kalian yang masih bingung memilih prodi untuk jenjang perguruan tinggi kalian. Jika kalian adalah fresh graduate Sekolah Menengah Atas, selamat menikmati tulisan ini. Jika kalian sudah menempuh perguruan tinggi, tulisan saya ini bisa menjadi pertimbangan juga. Jadi langsung saja ya!

Sesuai dengan judulnya, kita akan membahas tentang prodi Teknologi Pangan. Lalu kenapa kita membahas tentang program studi yang satu ini? Alasan pertama, karena prodi yang satu ini bisa dibilang minim peminat, padahal peluang kerja lulusannya sangatlah banyak dan beragam lo.

Sebenarnya apa sih yang yang kita pelajari di prodi ini? berikut beberapa mata kuliah dalam prodi ini

  • Rekayasa Proses Pangan,
  • Mikrobiologi dan Keamanan Pangan,
  • Pangan dan Gizi,
  • Manajemen Industri Pangan,
  • Pengemasan Pangan,
  • Pengeringan dan Pendinginan,
  • Teknologi Teh, Kopi dan Coklat,
  • Teknologi Minyak Atsiri, Rempah dan Obat,
  • Teknologi Fermentasi,
  • Boiteknologi Pangan,
  • Mikrobiologi Pangan dan Enzimonologi.
  • Manajemen Pangan Aman dan Halal,

Lulusan dari prodi Teknologi Pangan bisa berprofesi sebagai

1. Quality Control/ Pengendalian Mutu
2. Konsultan Pangan dan Gizi
3. Pegawai Pemerintah (tentu masih terkait dengan bidang Teknologi pangan itu)
4. Pengembangan Produk Perusahaan atau Pribadi
5. Wirausaha 

Lalu, universitas mana saja yang menyediakan pilihan prodi Teknologi pangan? Sebenarnya ada banyak Universitas yang menyediakan pilhan prodi yang satu ini. Tapi kita akan membahas tentang Ma'soem University. Universitas swasta di Bandung yang menggeliat dan mulai diminati masyarakat. 

Sejarah Singkat Ma'soem University



Universitas Al Masoem atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan "Masoem University" atau biasa disingkat M.U. merupakan universitas yang didirikan oleh Yayasan AL Masoem Bandung. Kampus ini pada mulanya didirikan dengan nama AMIK Al Masoem dimana alumninya disalurkan untuk mengembangkan beberapa perusahaan milik Masoem Group. Adapun unit usaha yang digeluti/dimiliki oleh Al Masoem antara lain :

  1. Dunia Migas/SPBU Pertamina
  2. SPPBE / Elpigi
  3. Air Minum dalam Kemasan (Air Minum Al Masoem)
  4. Bank Syariah / BPRS Al Masoem
  5. Apotek Al Masoem
  6. Bengkel / Otomotif (Kios Mesran Al Masoem)

Namun seiring berjalannya waktu, kampus ini semakin diminati masyarakat sehingga para lulusannya tidak hanya ditempatkan di perusahaan Masoem Group, tetapi juga di perusahaan lain baik regional, maupun nasional. Kampus Masoem University berlokasi di daerah Bandung Timur yang berbatasan langsung dengan kawasan pendidikan Jatinangor. Dengan Lokasi yang sangat strategis, yaitu hanya sekitar 4 menit dari gerbang tol cileunyi, dan sekitar 35 menit dari kawasan Nagreg dan perbatasan kota daerah Priangan Timur sekaligus termasuk kawasan pendidikan Jatinangor, Masoem University menjadi salah satu kampus swasta favorit bagi calon mahasiswa baik di Jawa Barat maupun daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, lokasi kampus yang sangat dekat dengan kawasan industri, seperti salah satu Pabrik Terbesar di Indonesia yaitu PT Kahatex dan pabrik-pabrik lain, membuat Kampus Masoem University menjadi salah satu pilihan favorit bagi Mahasiswa yang mengambil kelas sore/karyawan. Kampus Masoem University juga memiliki Asrama khusus untuk mahasiswa yang berdomisili cukup jauh dari lokasi kuliah dengan biaya sangat terjangkau namun disertai fasilitas yang memadai. Dengan konsep "Pesantren Mahasiswa", pengelola asrama akan membuat sebuah kebijakan yang "Bebas Bertanggung Jawab Sesuai Norma Islami". 

Kelebihan Universitas Ma'soem Daripada Universitas Lainnya

Hal pertama dan yang menjadi pembeda serta keunggulan dari Ma'soem University adalah kurikulum islamnya. Selain itu, berkat dukungan dari beberapa unit usaha milik keluarga H Ma'soem, lulusan dari Ma'soem University dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah setelah lulus dari University Ma'soem.'

Selain itu, pilihan prodi di University Ma'soem sebagian besar adalah prodi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat industri serta memiliki prospek cerah terhadap perkembangan zaman. Seperti yang sudah kita bahas diawal contohnya.

Sebagai salah satu Universitas Swasta yang cukup menjanjikan, Prodi Teknologi Pangan University Ma'soem adalah salah satu prodi Teknologi Pangan di Bandung yang patut dipertimbangkan.  

Tertarik dengan Ma'soem University? Silahkan hubungi nomer dam ala,at email berikut untuk lebih jelasnya ya!

Masoem University
Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

_____

Sumber tulisan :
https://masoemuniversity.ac.id/tentang-kami.php
Sumber gambar :
https://masoemuniversity.ac.id
https://unsplash.com/



Tidak ada komentar:

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.

Diberdayakan oleh Blogger.